Belut Khas Surabaya (BKS) Yummy!!!

Belut Khas Surabaya

dino | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
15 Oct 2016


Belut Khas Surabaya (BKS) Yummy!!!
Anda pecinta Kuliner Belut? tetapi bingung ingin mencoba Belut yang wuenakk di Surabaya diamana? nahh di sini saya ada tempat dengan cita rasa belut yang tidak usah di ragukan lagi rasanya di jamin dehh setelah anda mengincipi belut ini akan mengatakan "W

Hayo apa kah anda pernah makan belut?? Hmmm... Kalo di lihat dari bentuk belut ini, gak bakalan nyangka dehh kalo belut itu bisa jadi makanan yang rasanya lezat dan bergizi lohh, tentunya Rasa enak Belut itu harus dibumbui dengan bumbu yang pas dan ditemani sambel yang mantap.

Saat berkunjung ke Surabaya biasanya yang jadi primadona adalah Bebek Goreng, tapi ternyata tidak ketinggalan hewan licin mirip ular berjuluk MOA ini juga kerap diburu oleh pecinta kuliner lho selain rasanya yang gurih dan  belut ini memiliki manfaat yang sangat bagus loh untuk tubuh manusia. 

 

Waktu malam itu saya iseng-iseng jalan-jalan malam dari perumahan saya lalu menuju Warung Belut yang Ramai dengan pengunjung tepatnya di, Jalan Raya Ngagel Jaya Selatan, dan pas saya memperhatikan jalan sebelah kiri, ada warung Belut yang ramai dan antrinya tuhh panjang banget, saya pikir-pikir masa ya enak? Yasudahh ahh coba aja laughing namanya juga iseng coba saja dulu sapa tau enak hehhe. Balik lagi ke Belut Ngagel Jaya Selatan, bangunan dengan plakat gede berwarna kuning dan berlampu bertuliskan “Belut Khas Surabaya”, terlihat meyakinkan sekali rasa yang ditawarkan di sana, mana yang beli juga banyak. Dan akhirnya masuklah saya ke warung belut pada malam itu.

Waktu itu saya membaca menu di BKS ini, saya cukup amaze juga karena saya pikir Cuma ada satu jenis masakan aja seperti pecel belut alias belut penyet. Tapi ternyata di sini terdapat berbagai jenis sajian bermenu belut seperti belut asam manis, belut goreng saos inggris, belut kering, belut basah, belut elek, dan beberapa menu ‘ikan-ikanan’ lain seperti lele, udang dll juga ada. Hmmmmyummy... tapi tetap saja, pilihan saya jatuh pada nasi belut goreng basah dan sambel setengah pedas.

Cukup lama sih saya menunggu pesanan saya itu, ada 20 menitan kayaknya, padahal nih perut udah krucuk-krucuk gak karuan, untungnya minumannya dateng duluan, es teh manis yang cukup bisa membohongi auman lambung saya yang kerucuk-kerucuk itu yell .

Dan saat itu datanglah si belut hasil penantian saya. Belut tersebut tertata rapi di atas sebuah cobek mini beserta sambelnya, dan ini nih yang mungkin berbeda dari penyetan pada umumnya, di atas si belut ada beberapa geprek bawang putih yang masih ada kulitnya yang sudah digoreng, sehingga aroma bawang putih ini menambah rasa gurih pada belut dan sambalnya. Di tambah lagi dengan lalapannya juga seperti kubis, mentimun, kacang panjang, selada dan the master of lalapan yaitu KEMANGI. Hmmmm.... setelah mengincip segigit belut, 20 menit menunggu pun tergantikan dengan rasa belut yang ueenaaakkk banget-nget-ngeeettt, dan ini bener-bener cocok sama lidah saya, 10 jempol dehh untuk pemasak belut!

 

 

kenapa sihh penyajiannya cukup lama?? Iyalah, wong ternyata belut yang dimasak adalah belut fresh, jadi harus nangkap dulu di bak mereka, di bunuh, di bersihkan, lalu di potong. Hmm.. pantesan sih lumayan lama, tapi gak papa deh kalo rasanya enak kaya gini rasa menunggu 20 menit pun terbayar oleh klezatan belut ini.

Trus waktu itu saya iseng-iseng liat dinding warung makan belut ini, tergantung beberapa foto yang cukup menarik untuk dilihat, ternyata banyak juga loh artis-artis yang pernah datang ke sini. Sebut saja Ananda Mikola dan adiknya Moreno Suprapto, vocalistnya band seventeen Ivan, Viky Nitinegoro, dan ada beberapa artis lagi yang saya lupa namanya, hehehe.

BKS (singkatan dari Belut Khas Surabaya) ini ternyata adalah milik dari H. Poer juga, salah satu dari 3 anaknya adalah pengelola tetap cabang Utama Surabaya ini. Kalau ada yang belum tahu H. Poer, beliau adalah usahawan warung Belut yang cukup terkenal di Surabaya dengan warung belut yang sudah buka lebih dari 7 cabang di Surabaya bernama Spesial Belut Surabaya (SBS).

Setelah saya menikmati kelezatan belut ini saya bakalan datang lagi ke sana nyoba jenis masakan lain dari bahan dasar belut, meskipun seporsi penyetan belut tanpa nasi dibandrol seharga 15 ribu rupiah (belum termasuk pajak), tapi untuk rasa boleh lah kalau memang harus dibandingkan dengan harga yang tergolong tidak murah ini. Ini nih yang bener, ada harga, ada rasa!

Anda penasaran dengan rasa belut yang wuenakk ini datang lah ke alamat di bawah ini. Selamat mecoba!!!

Alamat : Jalan. Ngagel Jaya Selatam No. 104, kota Surabaya, Jawa Timur.

Jam Buka : 11.00 – 22.30.

No Tlpn : (031) 5015560

 

 

*Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

 

SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.