85 views | 2 Likes

Tahu Kupat Sido Mampir: Kuliner Legendaris Solo Sejak 1977

4 star (from 4 people)
Solo, Jawa Tengah, Indonesia
Category: halal

Posted on 11 June 2019, 15:54:05
mummyz
Tourist

Legend banget di Solo, mampir atuh kalo lewat!

Culinary Detail

Menghabiskan waktu libur lebaran di Kota Solo emang selalu jadi pilihan yang pas. Selain penduduknya yang ramah dan kotanya yang bersih, kuliner di kota yang terkenal dengan batiknya ini juga terkenal enak-enak lho guys. Beberapa waktu lalu, aku sempet share kuliner favorit Presiden Jokowi yaitu Sate Buntel Kambing Bu Hj Bejo yang legendaris, kali ini aku kembali mengulas salah satu kuliner legendaris Solo yaitu Tahu Kupat Sido Mampir. Tahu kupat ini udah ada sejak tahun 1977 lho. Solo emang juaranya kuliner legendaris ya guys!

Berawal dari kerinduan pada kuliner ini, akhirnya aku ngajak beberapa sodara yang kebetulan pada mudik ke Solo buat makan di warung legendaris itu. Soalnya ada beberapa sodara juga yang belum pernah cobain enaknya tahu kupat ini.

Warung Tahu Kupat Sido Mampir ini lokasinya ada di Jalan Gajah Mada no 95, Kota Solo. Lokasinya pas ada di selatan Masjid Solikhin atau ngga jauh dari Stasiun Solo Balapan, sekitar 800 meter aja guys. Warung ini bisa dibilang sederhana sekali bahkan ngga terlalu besar, hanya cukup menampung beberapa orang saja. Di dalamnya ada meja dan kursi kayu yang panjang untuk pengunjung menikmati tahu kupat ini. Tempat ini sengaja ditata dengan semi permanen, ada kain tenda di bagian luarnya dan ada gerobak penjual di depannya yang berfungsi sebagai dapur. Sederhana banget pokoknya!

tahu kupat sido mampir

Menu yang disajikan di warung ini pastinya tahu kupat dong guys, tapi ada dua pilihan yaitu tahu kupat biasa dan tahu kupat telur. Favorit aku sih tahu kupat telur pastinya. Seporsi tahu kupat ini isinya ada potongan ketupat, kol, mie, tauge, tahu goreng yang dipotong bentuk dadu, mie kuning dan potongan bakwan. 

tahu kupat sido mampir

Yang bikin makin nikmat adalah ada tambahan topping seledri, kacang goreng dan telur dadar. Kemudian ada kuah dari kecap dan minyak bawang. Kombinasi dari bahan-bahan itu tadi menghasilkan cita rasa yang gurih, enak dan sempurna di lidah. Ohya, kita juga bisa request seuai selera kita lho untuk tingkat kepedesannya. Meskipun bukan menu nasi, tapi seporsi tahu kupat ini cukup mengenyangkan lho guys. 

tahu kupat sido mampir

Kenapa tahu kupat ini dikenal sangat istimewa? Hal ini dikarenakan proses pengolahannya yang masih tradisional guys. Mereka masih menggunakan anglo dan arang yang membuat cita rasa tahu kupat ini semakin sedap. Ngga heran kalo warung ini masih tetep eksis sampe sekarang meskipun udah berdiri sejak tahun 1970an. 

tahu kupat sido mampir

Istimewanya lagi, sambil menikmati seporsi tahu kupat di warung ini, ada musisi yang live dengan gitarnya dan siap menghibur pengunjung yang datang. Mantap banget kan sambil makan ada live musicnya. Hehehe..

Untuk masalah harga, kalian ngga usah khawatir bakal di patok mahal banget soalnya seporsi tahu kupat plus telor cukup merogoh kocek sebesar Rp 10.000 aja. Murah banget kan? Dengan segitu udah bisa bikin kita kenyang banget guys!

tahu kupat sido mampir

So, ngga usah panjang lebar jelasin lagi deh, pokoknya Tahu Kupat Sido Mampir ini enak banget. Kalian wajib cobain kalo lagi liburan ke Solo. Buat kalian yang pengen cobain, warung ini bukanya dari pagi sampe sore hari, jadi kalian yang pengen sarapan disini atau makan siang, bisa banget langsung dateng. Soalnya kadang ngga sampe sore aja udah pada habis, kalian ngga mau kan kehabisan? Saranku, dateng aja pas pagi-pagi. Selamat mencoba ya guys..

Video by jony rahardja

Opening Hours

07.00 - 16.00 / habis

Gallery (5)

Comments (6)