pritagizela | Explorer
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
25 Mar 2021

508018

Paviljoen Koffie Huis & Restoran, Cafe Unik Nan Klasik di Tengah Kota Surabaya

Paviljoen Koffie Huis & Restoran tawarkan suasana nongkrong yang seru dan klasik sambil menikmati ragam sajian khas Nusantara

Post Content Paviljoen Koffie Huis & Restoran, Cafe Unik Nan Klasik di Tengah Kota Surabaya

Minggu lalu kebetulan lagi diajak salah satu temen buat ketemuan. Udah lama banget ngga ngumpul guys, tapi ketemunya ngga rame-rame juga sih. Akhirnya aku pun searching tempat nongkrong di Surabaya yang nyaman, ngga terlalu rame tapi tetep ada protokol kesehatannya. Setelah searching, aku pun keinget ada salah satu café di Surabaya yang udah lama banget pengen aku kunjungi karena konsepnya yang unik, yaitu Paviljoen Koffie Huis & Restoran.

Paviljoen Koffie Huis & Restoran ini lokasinya berada di Jalan Dinoyo No 130, Surabaya. Konsepnya klasik banget dan ala ala tempo dulu gitu guys. Lokasinya sih luas banget, ada area parkir yang luas juga, jadi kalo kalian bawa mobil atau motor ngga perlu bingung soal lahan parkir. Café ini menempati rumah tua dengan area taman yang lumayan luas. Di dalamnya juga berasa nyaman banget dengan ragam printilan yang membuat café ini seolah rumah nenek. Tempatnya homeybanget dan adem.

Paviljoen Koffie Huis & Restoran, Cafe Unik Nan Klasik di Tengah Kota SurabayaBagian Depan

cafe kekinian di Surabaya
Bagian Teras Depan yang Ngga Kalah Cozy

Di bagian belakangnya kalian akan menemukan sebuah taman yang lumayan luas dengan bangku-bangku taman yang bisa digunakan untuk duduk kalo kalian pengen menikmati sajian di area outdoor. Ngga Cuma itu, area taman ini juga adem dan instagramable banget. Selain ada pepohonan hijau, ada juga deretan barang-barang tua yang membuat taman ini terlihat klasik namun tetap apik. Cocok banget buat kalian yang cuka foto-foto.

Bagian Taman Belakang

cafe terkenak di Surabaya
Taman Samping

Cafe terdekat
Salah Satu Spot Instagenic

Well, karena waktu itu mendung banget. Akupun putusin buat duduk di area dalem aja tapi di pinggir jendela biar sekalian bisa menikmati rintik hujan dari balik jendela tua. Tsahhh..

Paviljoen Koffie Huis & Restoran, Cafe Unik Nan Klasik di Tengah Kota SurabayaJendela Area Indoor

Cafe terkenal di Surabaya
Area Makan Indoor

Kebetulan area indoor yang aku tempati ini tempatnya ngga terlalu rame. Café ini juga udah menerapkan protocol kesehatan yang baik, mulai dari cek suhu saat awal masuk dan cuci tangan sebelum masuk. Ohya, di bagian belakang café juga ada tempat cuci tangan lagi guys, tapi westafelnya unik dan terkesan jadul, jadi semakin menambah kesan klasik pada café ini.

Cafe hits di Surabaya
Salah Satu Spot Jadul

Anyway, aku mau bahas menu dari Paviljoen ini guys. Sesuai dengan konsep dari café ini yang klasik, maka menu-menu yang ditawarkan juga ngga kalah klasik. Menu yang ditawarkan oleh café ini adalah masakan khas Nusantara yang ditulis dalam ejaan lama. Menunya juga beragam guys, mulai dari makanan ringan, makanan berat dan minuman. Untuk harganya sendiri sih, masih masuk akal ya guys. Standart café Surabaya gitu pokoknya.

Paviljoen Koffie Huis & Restoran, Cafe Unik Nan Klasik di Tengah Kota SurabayaDaftar Menu Makanan

cafe di Surabaya
Daftar Menu Minuman

Kemarin aku memesan berbagai macam menu, yaitu Iwak Joged, Sop Merah, Tahoe Krioek Daging dan Tahu Telur. Untuk minumannya sendiri aku cobain Ijs Cappuccino. Ohya, pelayanan ini gercep banget guys, jadi ngga butuh waktu lama untuk menyiapkan semua pesananku tadi.

Tempat nongkrong Asyik di SurabayaAkhirnya Datang Juga, Jangan Lupa Pesen Nasi wkwkwk..

Menu pertama yang aku cobain adalah makanan ringannya guys, yaitu Tahoe Krioek Daging. Meskipun termasuk dalam kategori makanan ringan, tapi menu ini sama sekali ngga ringan menurut aku. Seporsi Tahoe Krioek Daging ini berisi 6 potong tahu yang ukurannya lumayan gede. Tahu ini diberi sambal petis yang agak pedas sebagai cocolannya.

Tempat nongkrong Di SurabayaTahoe Krioek Daging Rp 24.000,- Excl tax

Tahoe Krioek Daging ini punya tekstur yang krispi di bagian luarnya, namun lembut di bagian dalamnya. Pas dibelah, tahu ini berisikan daging sapi yang tebel banget. Aku pun langsung cocol pake sambal petis yang udah disediakan. Enak banget, meskipun sambalnya agak pedes buat aku. Tapi porsinya beneran bikin kenyang.

Cafe hits Di Surabaya

Cafe Terkenal di SurabayaKriuk Diluar Lembut Di Dalam

Menu selanjutnya yang aku coba adalah menu berat, yaitu Iwak Joged. Iwak Joged ini merupakan ikan lele tanpa tulang yang diberi bumbu. Bumbunya sendiri ada dua pilihannya, yaitu Bumbu Bali dan Bumbu Keraton. Karena bumbu Bali punya rasa yang lebih pedes, akhirnya aku pesen Iwak Joged dengan bumbu Keraton.

cafe hits Di SurabayaIwak Joged Rp 48.000,- Excl Tax

Iwak Joged ini disajikan dengan piring panjang dan plating-nya cantik banget. Bumbu keraton ini berwarna hijau dan menyelimuti daging ikan lelenya. Tekstur dari ikan lele ini gurih banget guys dan berpadu sempurna dengan bumbu keraton. Bumbu keraton ini punya rasa yang lebih manis dengan ada sedikit rasa kemangi dan jeruk. Enak banget, meskipun agak manis buat aku tapi bumbunya berpadu sempurna dengan ikan lelenya. Ini olahan lele yang berbeda sih menurut aku, selain dimakan pake sambel dan lalapan.

Paviljoen Koffie Huis & Restoran, Cafe Unik Nan Klasik di Tengah Kota Surabaya

Sebagai menu pendamping, aku juga memesan sop merah. Sejak awal aku liat gambar sop merah ini kayaknya enak banget dan memang begitu. Kuahnya agak kental dan isiannya lumayan banyak guys. Cocok banget dinikmati bareng nasi dan iwak jogged tadi.

Sop Merah Rp 30.000,- Excl tax

Sebagai menu penutup yang juga jadi makanan ringan, aku memesan Tahu Telur. Tahu Telur ini berupa potongan tahu yang kemudian diberi adonan telur sehingga bentuknya bundar seperti telur dadar, namun berisikan tahu di dalamnya. Menariknya, tahu telur ini diberi bumbu kacang yang dipadukan dengan petis, tauge dan potongan slederi sebagai toppingnya. Sehingga punya rasa mirip tahu tek khas Surabaya. Rekomended banget buat kalian pesan.

Cafe SurabayaTahu Telur Rp 25.000,- Excl Tax

Untuk minumannya, aku memesan Ijs Cappuccino. Sebenernya aku pengen cobain kopinya, tapi aku urungkan karena cappuccino-nya lebih menggoda. Es Cappuccino ini super kental dengan tambahan susu cokelat yang manis. Seger banget diminum pas siang-siang.

Cafe kekinian di SurabayaIjs Cappuccino Rp 15.000,- Excl Tax

Overall, Paviljoen ini rekomended banget buat kamu kunjungi untuk sekedar nongkrong bareng temen atau ingin makan bareng keluarga. Selain karena menunya yang unik dan enak, tempatnya juga super cozy dan instagramable banget. Bahkan setiap sudut dari café ini Instagram-worthy.

Ohya, kalo kalian juga berencana untuk pre-wedding, café ini juga bisa dijadikan sebagai spot buat foto pre-wed lho. Selamat berkunjung.

Video by Gotravelly

Opening Hours Paviljoen Koffie Huis & Restoran, Cafe Unik Nan Klasik di Tengah Kota Surabaya
Senin - Jumat 11.00 - 20.00 Sabtu - Minggu 11.00 - 21.00
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.