Effida | Explorer
Jombang, Jawa Timur, Indonesia | halal
18 Dec 2020

40115

Pecel Sepeda : Salah Satu Kuliner Legendaris Khas Jombang!

Pas bingung cari sarapan pagi di Jombang, pecel sepeda bisa jadi tujuan tepat yang bisa kalian pilih!

Post Content Pecel Sepeda jombang

Pernah mendengar sebutan kuliner pecel sepeda? Yap, di Jombang Jawa Timur, kalian bisa mencoba lezatnya kuliner khas pecel sepeda.

Mmm, pada bingung ga si kenapa disebut pecel sepeda? Di Jombang, kalian akan dengan mudah menemukan penjual pecel yang menggunakan kendaraan sepeda gitu. Pas jalan aku kecil sih penjual pecel tersebut masih menggunakan kendaraan sepeda angin, tetapi sekarang rata-rata pakai sepeda motor semua.

Pecel Sepeda : Salah Satu Kuliner Legendaris Khas Jombang!

deretan penjual pecel di Kebon Rojo Jombang

Kuliner pecel sepeda ini bisa dengan mudah kalian jumpai di area Alun-alun Jombang dan juga Kebon Rojo. Biasanya, penjual pecel sepeda mulai berdatangan pada pukul 5 pagi dan biasa habis pukul 10 pagi. 

Karena udah lama nggak kulineran pecel sepeda di pagi hari, akhirnya kemaren aku nyoba di daerah Kebon Rojo. Kebetulan bertemu dengan ibu penjual pecel yang ramah, Bu Indah namanya. Karena udah lumayan siang dan lauk tinggal sedikit, kami segera memesan 2 porsi pecel. Meskipun pilihan lauknya tinggal dikit, tetapi sayang banget kalau ga jadi nyobain pecel legendaris ini! 

Pecel Sepeda : Salah Satu Kuliner Legendaris Khas Jombang!

Kalau dulu, pecel sepeda biasa dijual keliling dan dibandrol dengan harga yang sangat murah satu porsinya. Nah saat ini, pecel sepeda bisa makan di tempat dengan alas tikar di atas trotoar. Sekilas memang tampilan pecel yang satu ini nggak jauh berbeda dengan pecel pada umumnya, tetapi yang jelas membedakan adalah sensasinya.

kuliner jombang

rekomendasi kuliner di Jombang

kuliner enak di Jombang

Satu porsi pecel terdiri dari nasi, sayuran, bumbu pecel, dan juga rempeyek yang melimpah. Terdapat berbagai pilihan lauk yang bisa dipilih seperti ayam, telur dadar, sate telur puyuh, perkedel, bakwan, dan masih banyak lagi. Karena kebetulan lama nggak makan sate telur puyuh, jadi itulah yang kupilih sebagai lauk pelengkap pecel.

Satu porsi pecel sepeda ini sangat mengenyangkan. Buat kalian yang nggak bisa makan dengan porsi banyak, bisa kok request porsi ½ kayak aku ini. Menikmati pagi di Jombang sambil sarapan pecel sepeda emang paling top deh. Untuk minumnya, si ibu menyediakan pilihan air mineral gelas dan juga teh hangat. Nah berhubung kami datangnya kesiangan, jadi udah kehabisan minum deh. Tetapi tenang, masih banyak penjual minuman lainnya yang bisa kalian temui.

Terakhir makan pecel sepeda pas jaman kecil, harganya masih dibandrol sekitar Rp 4000,- per porsi. Nah pas kemaren nyobain, harga satu porsinya adalah Rp 10.000,- dengan 1 lauk yang bebas dipilih. Masih terbilang murah harganya. Dengan porsi yang melimpah serta rasa yang lezat, kuliner yang satu ini sayang buat kalian lewatkan!

Pecel Sepeda : Salah Satu Kuliner Legendaris Khas Jombang!

nasi pecel + sate telur puyuh Rp 10.000,-

Pecel sepeda Bu Indah ini enak banget menurutku. Kalian juga akan dimanjakan dengan peyeknya yang melimpah. Mana nih pecinta peyek? Nggak cuma banyak, tetapi juga renyah dan gurih. Ibunya yang ramah dan ngga berhenti ngajak bercanda bikin kami cocok dan pengen balik, hahaha. Kalau penasaran, kalian bisa datang ke Kebon Rojo, tepat berada di depan bimbel Ganesha Operation. Bu Indah biasa berjualan bersama dengan anak perempuannya dan memiliki gerobak warna merah.

pecel enak di Jombang

Kalau kalian berkunjung ke Jombang dan bingung cari kuliner yang cocok untuk sarapan, pecel sepeda bisa menjadi pilihan tepat yang bisa kalian coba! Kalian bisa makan sekaligus menikmati suasana pagi di Kebon Rojo atau Alun-alun Jombang. Setelah olahraga atau lari pagi, makan pecel kenapa tidak? Hahaha. 

Opening Hours Pecel Sepeda jombang
Buka pukul 5.15 sampai habis
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.