Makanan Khas Kalimantan Tengah

kuliner kalimantan tengah

ranisubagio | Traveler
Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia | halal
06 Sep 2016


Makanan Khas Kalimantan Tengah
Rasanya belum sempurna jika anda berkunjung ke Kalimantan Tengah tidak mencoba makanan-makanan khas Kalimantan Tengah yang unik dan lezat, Berikut beberapa informasi mengenai makanan Khas Kalimantan Tengah yang wajib anda nikmati saat berkunjung ke Kalima

  1. Juhu Ubut Rotan 

    Umbut Rotan merupakan kuliner yang di miliki Suku Dayak, atau dikenal dengan “uwut nang'e”. Makanan yang berbahan dasar rotan muda di buat dengan cara rotan muda dibersihkan kulitnya dibuang lalu dipotong dalam ukuran kecil, lalu umbut rotan dimasak bersama dengan ikan baung, bumbu dan terong asam.

    Kuliner yang satu ini mempunyai rasa gurih, asam, dan kepahit-pahitan yang terpadu dengan rasa manis dari daging ikan, yang menjadikan kuliner ini khas rasanya.

  2. Juhu Umbut Sawit 

    Juhu Umbut Sawit adalah makanan yang sering di cari orang pelancong yang sering ke tanah Dayak. dan bagi suku Dayak, juhu umbut kelapa ini merupakan kuliner favorit yang wajib dihidangkan di setiap diadakan acara-acara seperti syukuran.

    Rasa nya Gurih, nikmat, sedap, lezat dan maknyuzzz!!!!!

  3. Kalumpe / karuang 

    Kalumpe / karuang  adalah sayuran yang dibuat dari daun singkong yang ditumbuk halus. Kalumpe sebenarnya adalah bahasa Dayak Maanyan dan karuang sebutan sayur ini dalam bahasa Dayak “Ngaju”. dalam pengolahan kalumpe ini daun singkong ditumbuk halus dan dicampur dengan terong kecil atau terong pipit. dengan tambahan bumbu bawang merah, bawang putih, serai dan lengkuas yang dihaluskan. Apabila anda suka pedas maka anda boleh menambahkan cabe.biasanya kuliner ini di sajikan dengan sambal terasi.

  4. Wadi 

    Wadi merupakan makanan berbahan dasar ikan kadang juga memakai daging babi, Pengolahanya yaitu ikan atau daging yang hendak diolah dibersihkan terlebih dahulu, selanjutnya direndam selama 5-10 jam dalam air garam. Kemudian daging atau ikan diangkat dan dibiarkan mengering. Setelah cukup kering ikan atau daging dicampur dengan Sa'mu sampai merata. Kemudian daging disimpan dalam kotak kaca, stoples, atau plastik kedap udara yang ditutup rapat-rapat. Simpan kurang lebih selama 3-5 hari. Untuk daging disarankan simpan lebih dari 1 minggu, Setelah selesai, wadi harus diolah kembali antara lain dengan cara digoreng atau dimasak.

  5. Bangamat / Paing (Kalong) 

    Bangamat merupakan kuliner yang dibuat dari kelelawar besar / kalong. Cara pemasakannya yaitu paing yang akan dimasak dibersihkan dengan membuang kuku, bulu kasar ditekuk dan punggung, serta ususnya, selanjutnya sayap, bulu dan dagingnya dimasak, Biasanya untuk orang Dayak Ngaju paing dimasak dengan bumbu yang lebih banyak kalau untuk Dayak Maanyan, paing dimasak dengan bumbu yaitu serai dan daun pikauk. Biasanya Paing dimasak bersama sayur hati batang pisang yang dipotong-potong, pisang yang di gunakan adalah pisang kipas. Ataupun bisa juga dimasak dengan dengan sulur keladi.

  6. Ayo coba makanan Kalimantan Tengah enak-enak loh, Bagi yang belum mencoba ayo coba makanan khas Kalimantan pasti ketagihan dan anda yang sudah mencoba ayo bagikan pengalaman anda yang sudah pernah merasakan makanan di atas bisa komentar di bawa ya.

    Demikian dulu mengenai kuliner khas kalimantan Tengah semoga berguna bagi anda yang mencari makanan khas Kalimantan tengah.

     

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY