236 views | 2 Likes

Bubur Ayam Bintoro, Menu Sarapan Paling Rekomended Di Surabaya

4 star (from 2 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: halal

Posted on 25 February 2019, 14:46:11
gizeline
Tourist

bubur ayam bintoro ini wajib kalian coba saat berada di Surabaya!

Culinary Detail

Bubur Ayam adalah salah satu menu sarapan yang menjadi favorit banyak orang. Termasuk aku. Selain praktis dan mengenyangkan, bubur ayam juga mudah sekali ditemui dimana-mana. Kebetulan, Minggu pagi kemaren aku dan sahabatku pergi Car Free Day (CFD) di Kawasan Taman Bungkul Surabaya. Setiap Minggu pagi, kawasan ini memang selalu ramai orang untuk berolahraga, bersepeda dan pastinya juga banyak penjual yang menjajakan jualannya yang beragam, seperti minuman, makanan hingga aneka barang-barang. Karena udah mulai capek jalan kaki, aku pun memutuskan untuk sekalian sarapan bubur di gerobak bubur langganan aku yang ada di Jalan Bintoro. 

Bubur ayam langgananku ini adalah bubur ayam Jakarta. Lokasi persisnya ada di Jalan Bintoro, biasanya abangnya mangkal di bawah pohon di depan Hotel Swiss Bell-inn yang baru dibangun, dulunya sih bangunan ini dikenal sebagai Sinar Supermarket sebelum dirubah menjadi hotel. Gerobaknya warna hijau dan ada tulisannya bubur ayam Jakarta. Saat aku sampe disana, pembelinya lumayan rame, mulai dari pengunjung yang abis olahraga ataupun pengunjung yang kebetulan lewat disitu. Jadi, meskipun ini bubur ayam gerobakan, tapi rasanya enak banget. Ngga heran kalo banyak pelanggannya. Aku aja langganan udah 5 tahunan dan ngga pernah bosen makan disini. Ohya, Bubur Ayam Bintoro ini buka setiap hari mulai jam 5 pagi sampe jam 9 atau 10 pagi, tergantung kalo udah abis juga ngga sampe jam segitu abangnya udah pulang.

kuliner di surabaya

Setelah menunggu ngga terlalu lama, akhirnya bubur pesenan kami dianter juga sama abangnya. Bubur ayam ini tersaji dalam sebuah nampan. Bubur ayam ini sama sih seperti bubur ayam pada umumnya, porsinya juga lumayan besar menurut aku. Semangkok bubur ayam terdiri dari bubur yang dipadukan dengan potongan cakue, kacang kedelai goreng, potongan ayam, irisan seledri dan daun bawang. Tak lupa abangnya menyajikan kerupuk udang dan melinjo di piring kecil yang terpisah. Lalu juga ada tambahan kecap manis, kecap asin dan sambal kalo kalian pengen nambah. Abangnya juga selalu menyajikan teh tawar sebagai minumannya. Penyajian teh tawar ini gratis lho guys dan kalian boleh minta nambah. Jadi keinget pas ke Bandung dimana setiap makan entah di pinggir jalan ataupun di rumah makan selalu disajikan teh tawar secara gratis. Lumayan lah ya jadi ngga usah beli minum. Hehehe..

kuliner di surabaya

Back to Bubur Ayam, bubur ayam ini rasanya gurih banget. Kaldu ayamnya ngga terlalu pekat tapi masih terasa ayamnya. Potongan ayamnya juga banyak, apalagi potongan cakuenya. Semuanya berpadu menjadi satu menciptakan rasa yang lezat. Aku sih lebih suka makan bubur ayam di tambah kecap asin dan kecap manis, perpaduan rasanya jadi makin mantap. Porsinya juga lumayan mengenyangkan, atau bisa dibilang porsi yang besar menurut aku. Atau buat kalian yang porsi makannya ngga terlalu banyak, pasti kekenyangan kalo makan ini. Tapi kalo porsi makannya besar, porsi segini sih standard.

bubur ayam bintoro

Anyway, seporsi bubur ayam Jakarta ini harganya cukup terjangkau, cuma Rp 12.000 aja kalian udah bisa makan bubur ayam sampe kenyang plus segelas teh tawar buat minumannya. Murah banget kan? 

bubur ayam bintoro

So, kalian yang ada di Surabaya atau kebetulan lagi jalan-jalan ke Surabaya dan bingung pengen sarapan apa, cus deh buruan cobain Bubur Ayam Bintoro ini. Dijamin ketagihan, tapi datengnya pagi-pagi ya biar ngga kehabisan!

Gallery (4)

Comments (2)