gizeline
gizeline | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
4.87 K3

Soto Abas: Soto Lezat Paling Murah Sedunia Akhirat!

soto abas surabaya

Suka makan soto penuh koya? Cobain mampir di warung soto termurah dan terlezat ini..
Post Content

Jumat lalu, aku dan salah satu temen kantor iseng buat cari makan siang di sekitaran kantor tepatnya di kawasan Rungkut Surabaya. Setelah muter-muter lumayan lama, ketemulah sama salah satu warung soto yang tulisannya cukup menarik perhatian “Soto Abas” dan disitu tertulis harganya yang bisa dibilang sangat terjangkau yaitu Rp 6,500 aja. Apa iya? Karena penasaran akhirnya aku dan temenku pun langsung masuk ke warungnya.

soto abas surabaya

Warungnya sederhana sekali guys, ngga terlalu besar. Lokasinya pun ada di pinggir jalan, tepatnya di Jalan Rungkut Madya no 245, Surabaya. Kalian bisa mengenalinya dengan adanya spanduk berwana kuning dan ada tulisannya “Soto Abas, Rajanya Soto Lamongan”.  Warungnya terdiri dari beberapa meja kursi kayu yang mungkin muat untuk 30 orang. Lalu ada gerobak soto yang khas.

soto abas surabaya

Setelah duduk, salah seorang pegawai datang menghampiri kami untuk memberikan daftar menu. Ya namanya juga warung soto guys, menu yang disajikan pun soto. Ngga ada menu lainnya. Kalo udah ngomongin soal Soto Lamongan, yang bikin khas adalah koyanya guys. Kalian tahu kan koya? Yap, koya adalah bubuk pelengkap pada soto Lamongan yang terbuat dari campuran kerupuk udang dan bawang putih. Nah, koya ini selalu jadi favorit guys, rasanya kalo makan soto tapi ngga pake koya itu rasanya gimana gitu ya..

So, setelah aku lihat daftar menu Soto Abas ini emang beneran harga sotonya Rp 6,500 guys. Gilak, murah banget kan? Untuk soto yang harga Rp 6,500 itu untuk yang ukuran unyil. Tapi kalo kalian tipikal porsi makannya gede, kalian bisa pesen Soto Jumbo atau Soto Istimewa. Harganya juga ngga kalah terjangkau kok guys. Isian sotonya pun beragam, ada sayap, kulit, paha, dada, telur, ati ampela, uritan, usus dan ceker. List harganya bisa kalian cek di bawah ini ya guys!

soto abas surabaya

Awalnya, aku dan temenku kira kalo porsi unyil ini bakal kecil dan bakal kurang banget buat kita. Akhirnya kita pun memesan 3 porsi soto unyil dengan isian, sayap & kulit, ati ampela dan uritan. Ngga lupa kita pesen 2 gelas minumannya.

soto abas surabayaEs jeruk nipis Rp 5.000,- & Es Teh Rp 3.000,-

Setelah sotonya dateng, kita pun cukup kaget karena porsinya ngga seunyil katanya alias ngga dikit-dikit banget guys. Seporsi soto unyil ini kita dapet nasi dengan porsi yang cukup banget buatku, bihun, irisan telur dan beberapa irisan ayam sesuai request lalu disiram dengan kuah soto yang segar. Ngga lupa mereka tambahkan potongan jeruk nipis diatasnya biar rasa kuahnya makin seger.

soto abas surabaya

Satu hal yang aku suka dari warung soto ini adalah, aku bisa mengambil koya sebanyak yang aku mau, karena koyanya udah disediakan diatas meja masing-masing bersamaan dengan sambal, kecap manis dan kecap asin. 

Soto Unyil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 6,500 hingga Rp 7,500 aja per porsinya. Porsi nasinya  cukup bikin kenyang, kuahnya pun segar, ya meskipun potongan lauknya ngga terlalu banyak. Sesuai lah dengan harganya dan worth it dengan rasanya.

soto abas surabaya
soto abas surabaya
soto abas surabaya

Setelah selesai makan, kami pun berniat membayar pesanan kami. Anehnya, pegawainya hanya menyebutkan menu yang kami pesan aja tanpa menyebutkan harganya. Lalu, pegawai tersebut bilang kalo hari itu adalah Jumat Berkah, dimana setiap hari Jumat mulai jam 1 siang hingga jam 6 sore, pengunjung bisa membayar soto mereka dengan harga seikhlasnya dan langsung dimasukkan ke dalam kota infaq. Aku pun speechless dan memasukkan uang yang aku pegang kedalam kotak. Mulia sekali pemilik warung soto ini. Pantes aja mereka menyebutkan kalo harga soto mereka adalah yang termurah sedunia akhirat.

soto abas surabaya

Baru setelah aku tahu kalo warung Soto Abas ini adalah franchise yang ada banyak cabangnya. Nah guys, kalo kalian suka makan soto dan pengen makan soto sambil beramal, kalian bisa dateng langsung ke Warung Soto Abas ini ya. Warungnya buka setiap hari selama 24 jam! 

Video by Gotravelly

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data