aldilasalma | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
23 Feb 2020


Jiraiya Ramen ; Ramen Kaki Lima yang Punya Cita Rasa Nikmat!
Malem-malem dan musim hujan begini paling enak makan makanan yang berkuah, salah satunya ramen! Kali ini aku nyobain Jiraiya Ramen yang rasanya nikmat meskipun tempatnya sederhana!

Hujan-hujan begini malam hari emang paling enak makan makanan yang berkuah dan bikin ngangetin badan. Kebetulan kemarin malam habis pulang dari dokter jadi bawaannya pengen makan berkuah juga. Iseng muterin daerah Semolowaru akhirnya temen aku inget banget kalau di daerah sini ada ramen murah yang katanya enak. Wahh cocok nih makan ramen!

jiraya ramen
Jadi yang mau aku kunjungi ini adalah Jiraiya Ramen. Lokasinya berada di belakang AW Semolowaru kalau kalian tahu ada jalan belok kiri, lurus aja sampai bertemu perempatan aru deh belok kanan, lokasinya nggak jauh dari perempatan tersebut. Lebih tepatnya berada di Jl. Nginden Intan Utara No. 28. Perlu digaris bawahi kalau Jiraiya Ramen ini bukan seperti restoran atau tempat makan yang diruangan gitu ya. Melainkan Jiraiya Ramen ini lebih ke kedai ramen yang lapaknya berada di halaman Alfamidi. Tapi tenang aja kalian tetep bisa menikmati ramen ini disini karena tersedia beberapa meja dan kursi.

jiraya ramen
Begitu datang kita bakalan dikasih menu dan kertas untuk menuliskannya. Disini cukup banayak pilihan menunya, dan nama menunya Jepang banget jadi kalau nggak baca penjelasannya pasti bingung deh. Yang paling akku ingat pertama ada spicy ramen, seafood ramen, chicken katsu ramen, dan masih ada lagi.

jiraya ramen
Kemarin aku pesen yang chicken katsu ramen, dan seafood ramen. Untuk minumnya aku pesen es coklat dan es teh tarik. Setelah pesen baru deh masnya buatin pesenan kita. Kita bisa langsung melihat proses pembutannya, pertama mie ramen direbus sampai kekenyalannya pas. Oiya ramen disini warnanya hijau entah terbuat dari apa karena aku lupa nanya hehe.

Tak perlu menunggu lama menu ramen yang kami pesen sudah jadi. Dari aromanya udah kelihatan sedep dan kuahnya bakalan gurih deh. Dari menu ramen katsu yang aku pesen ini isianya tentu saja ada ramen, toge, jagung, fish ball, telur, dan tentu saja ada chicken katsunya dong. Kalau untuk yang seafood sama sih Cuma bedanya berada di topingnya yaitu udang.

jiraya ramen
Aku nyobain sedikit kuahnya tanpa campuran chili flakes atau minyak asin dulu udah rich banget. Kaldunya berasa tapi masih light banget, jadi nggak bikin eneg. Baru deh selanjutnya aku tambahin chili flakes dan minyak asin biar kuahnya makin mantab.

jiraya ramen
Untuk tekstur mienya aku suka karena nggak terlalu lembek dan nggak terlalu keras jadi pas banget waktu dimakan. Selain itu toge dan jagung ini membuat rasa ramen jadi lebih enak dan bertekstur garing-garing gitudeh! Untuk fishballnya sendiri rasanya ya sama seperti biasanya yah, kalau si chicken katsunya ini ukurannya cukup besar loh dan garing juga. Tapi karena udah dicelup ke kuah jadi rasanya ada garing dan lembutnya. Mantab deh pokonyaa!

jiraya ramen
Terus aku juga nyobain sedikit udang punya temenku. Rasanya garing dan fresh juga loh ternyata. Rasanya nggak perlu waktu lama dah untuk menghabiskan satu porsi ramen ini, emang bukan karena laper apa gimana karena emang enakk! Kalau untuk minumannya standar sih ya, tapi si teh tarik ini lebih berasa susunya daripada tehnya.

jiraya ramen
Chicken Katsu Ramen

jiraya ramen
Ramen Seafood

Kalau aku sih bakalan balik lagi kesini kalau lagi pengen ramen. Selain enak harganya terjangkau, satu porsi ramen harganya sekitar 19k – 25k saja. Nah buat kalian yang penasaran sama Jiraiya Ramen ini yuk deh buruan nyobain pasti ketagihan!

Opening Hours
12:00 - 00:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY