gizeline | Traveler
Jember, Jawa Timur, Indonesia | halal
21 Jan 2020


Lagi Gabut di Jember? Cicipi Bakso Kabut yuk!
Suka makan bakso tapi bosen sama varian bakso yang gitu-gitu aja? Cobain Bakso Kabut Bu Juhairiyah ini yuk guys! Baksonya yang unik ini membuatnya banyak diburu pecinta bakso lho.

Berawal dari kegabutan saat liburan akhir tahun, akhirnya aku mutusin buat jalan-jalan ke Jember. Sebuah kota kecil di sisi timur Pulau Jawa ini emang belakangan terkenal dengan festival carnivalnya yang mendunia. Tapi buatku, Jember adalah sebuah kota penuh kenangan. Eaaa baper.. wkwkwk! Anyway, kunjunganku ke Jember kali ini tentu saja untuk menjelajah wisatanya yang menarik dan mencicipi kulinernya yang lezat. Salah satu kuliner Jember yang paling melekat di hati adalah Bakso Kabut Ibu Juhairiyah. Pernah denger?

bakso kabut jember

Buat kalian yang mungkin belum pernah denger soal Bakso Kabut ini, aku bakal cerita sedikit nih. Bakso Kabut merupakan salah satu kuliner bakso unik khas Jember. Bakso ini terbilang unik karena diselimuti oleh telur diluar baksonya, dimana bakso pada umumnya telurnya ada didalam baksonya. Nah, pelopor Bakso Kabut ini adalah Ibu Juhairiyah yang sudah menyajikan menu Bakso Kabut sejak tahun 2007. 

Warung Bakso Kabut Ibu Juhairiyah ini berlokasi di Jalan Rasamala II, Kemuning Lor, Arjasa, Jember. Cukup mudah untuk menuju ke warung ini guys karena lokasinya berada di jalanan menuju Wisata Rembangan Hill. Kalian bisa cek di Gmap juga bakal nemu kok!

bakso kabut jemberIni dia warungnya

bakso kabut jember
Area makan Bakso Kabut

bakso kabut jember

Menu yang disajikan di warung bakso Ibu Juhairiyah ini cukup beragam, tapi yang paling favorit adalah Bakso Kabutnya guys. Karena sudah rindu, akupun memesan 2 porsi Bakso Kabut dengan varian berbeda, yaitu Bakso Kabut Jumbo dan Bakso Kabut Rudal. Bedanya apa? Let’s take a look!

bakso kabut jember

bakso kabut jemberDaftar menu minumannya

bakso kabut jemberIni daftar menu makanannya

Bakso Kabut Jumbo ini seporsinya terdiri dari bakso berukuran besar, bihun dan beberapa gorengan krispi yang kemudian disiram denga kuah hangat yang gurih. Saat dibelah, bakso kabut jumbo ini berisi daging sapi. Lapisan telur pada bakso ini sangat tebal dan teksturnya sangat lembut. Rasanya? Ngga perlu diragukan lagi, mantap banget guys!

bakso kabut jemberBakso Kabut Jumbo Rp 10.000,-

bakso kabut jember

Menu kedua yaitu Bakso Kabut Rudal. Berbeda dengan menu pertama tadi, Bakso Kabut Rudal ini jika dibelah berisi telur. Jadi unik sih guys, karena terdapat telur di lapisan luar dan dalam bakso ini. Rasanya juga ngga kalah enak pokoknya!

bakso kabut jemberBakso Kabut Rudal Rp 10.000,-

bakso kabut jember

Sebagai menu tambahannya, aku memesan gorengan yang ukurannya lumayan gede tapi ngga berasa krispinya menurut aku. Cuma isiannya lumayan enak sih guys!

bakso kabut jember3 buah gorengan Rp 5.000,-

Additional menu lainnya yang bisa kalian pesan adalah tahu, bakso kasar dan bakso iga. Semua bisa disesuaikan dengan selera kalian.

bakso kabut jember

Nah, buat kalian yang doyan makan bakso tapi bosen dengan varian bakso yang itu-itu aja? Cobain yuk Bakso Kabut di Jember ini. Ohya guys, kalo kalian pengen cobain Bakso Kabut yang original hanya di Warung Ibu Juhairiyah ini aja ya dan ngga ada cabang lainnya. Soalnya ada sih beberapa penjual bakso kabut di Jember, tapi aku tetep merekomendasikan untuk mampir ke Warung Ibu Juhairiyah ini. Selamat mencoba guys!

Opening Hours
Buka setiap hari mulai jam 10.00 - 21.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY