Zulfa | Traveler
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
03 Feb 2020


Sego Menir Khas Gresik
Nasi punel berukuran kecil kecil diguyur dengan sayur bening dipadukan dengan sambal pencit yang pedas dan masam, rasanya?

Selain sego karak, lontong romo dan nasi krawu, ada satu lagi kuliner khas Gresik yang asyik dinikmati untuk sarapan pagi yakni sego menir. Berbeda dengan nasi krawu yang banyak dijumpai penjualnya di kota Gresik, untuk nasi menir hanya beberapa yang jual, Salah satunya adalah nasi menir mbuk Marjani.

Nasi menir mbuk Marjani letaknya di daerah kemuteran, Pekelingan, Gresik. Dekat dengan pelabuhan Gresik dan juga dekat dengan pasar Gresik. Saya pernah share tentang kota tua Gresik, nah dari sini tinggal jalan kaki saja. Lumayan kan, setelah jelajah kota tua sekalian kulineran.

Saya datang ke mbuk Marjani pagi hari, sekitar jam 7 WIB untuk sarapan. Selain sajian nasi menir, mbuk Marjani juga menjual nasi krawu. Dan saya memesan keduanya. Untuk minumnya memesan teh hangat.

sego menir khas gresik


Nasi menir sendiri adalah nasi yang diguyur dengan nasi bening. Nasinya spesial mengunakan menir, yakni beras kecil kecil, patahan padi saat digiling. Nasinya punel.  Kalau biasanya sayur bening menggunakan sayur bayam, nasi menir menggunakan sayur kangkung. Satu lagi yang khas dalah sambal pencit (sambal mangga muda).

sego menir khas gresik


Untuk lauknya banyak pilihan. Ada aneka gorengan seperti udang goreng, dadar jagung, telur dadar, tahu dan tempe goreng. Aneka pepes ikan, termasuk pepes telur ikan khas Gresik. Ada bali tahu telur. Yang sering dijadikan pasangan nasi menir disini adalah lauk bali belut. Saya sendiri memesan lauk bali belut, peyek udang dan dadar jagung.

sego menir khas gresik


Perpaduan antara sayur bening dan sambal pencit menghadirkan rasa yang segar, pedas dan sedikit masam. Kalau untuk sayurnya sendiri rasanya segar, tidak terlalu berbumbu. Cocok dimakan untuk orang dewasa dan anak anak. Yang unik dari sayur bening dalam sego menir ini adalah bumbunya menggunakan beras menir. Jadi beras menir ini dihaluskaan bersama bumbu dan dicampur dalam sayur bening. Ada cipratan rasa gurih dalam sayur.

sego menir khas gresik

sego menir khas gresik



Lauk balinya gurih, bumbu balinya terasa dan tidak terlalu pedas. Jangan tertipu dengan warnanya, ya. Meski warna bumbu balinya merah banget tapi ngggak pedas kok. Yang pedas banget itu sambal pencitnya. Pedes masem gitu, cocok dengan sayur bening sego menir

 Peyek udangnya enak. Renyahnya terasa. Ukuran udangnya tidak terlalu besar, sedang saja. Suka banget dengan peyek udangannya, bikin nggak berehnti ngunyah. Bukan hanya saya, beberapa pembeli yang dibungkus juga banyak yang memborong rempeyek udangnya.

sego menir khas gresik


nasi krawu bu Marjani juga nggak kalah terkenal dengan nasi menernya. Nasi krawu disini kita bisa milih, mau yang kering atau yang basah dengan siraman semur. Kuah semurnya ini berisi usus sapi, gede gede ukuranya. Mantap. Rasanya sangat gurih dan terasa berlemak banget. Kalau nggak ada masalah dengan kolesterol, enak bangat dicobain.

Untuk semurnya kita bisa pesan terpisah. Jadi kuah semurnya nggak harus disiram langsung di atas nasi krawu. Saya sendiri lebih suka nasi krawu dengan semur tapi kuahnya dipisah. Jadi bisa naruh sedikit atau banyak, terserah kita.

Nasi krawunya enak, suwiran dagingnya lumayan gede gede. Irisan bawang putih gorengnya juga loyal. Sambalnya sadis. Pedes banget. Rasa petis dalam sambalnya juga terasa. Porsi nasinya juga banyak.

sego menir khas gresik

sego menir khas gresik



Untuk sepiring nasi krawu harganya Rp. 18.000. Lumayan dengan harga segitu. Sudah dapat sepiring nasi krawu dengan suwiran daging dan semur usus. Dijamin kenyang.

 Untuk nasi mener dengan lauk bali belut harganya sama Rp. 18.000. Masing masing untuk gorengan dadar jagung dan rempeyek udang Rp. 2.000 saja. Murah kan? Sudah murah , enak lagi.

Nah, untuk kamu yang cari makanan khas Gresik yakni nasi mener dan nasi krawu enak di satu tempat, datang saja ke mbuk Marjani.

Opening Hours
Jam 06.00 S/d malam
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY