Terang Bulan Pak Muchtar Rasa Melegenda Sejak 1974

terang bulan pak muchtar

Zulfa | Traveler
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
26 Jan 2020


Terang Bulan Pak Muchtar Rasa Melegenda Sejak 1974
Adonan terang bulan Pak Muchtar ini empuk dan lembut, yang paling bikin nggak kuat apalagi kalau bukan aromanya yang menggelitik perut.

Siapa yang nggak kenal terang bulan paling enak dan legendaris di Gresik? Siapa lagi kalau bukan terang bulan pak Muchtar yang sudah mulai menjual terang bulan sejak tahun 1974. Bahkan saya belum lahir.

Hingga saat ini, di Kota Gresik terang bulan Pak Muchtar memiliki 4 cabang. Masing masing berada di Jl Kapten Dulasim, Jl, Dr. Wahidin sudiro Husodo, di Pasar Senggol dan ditempat saya beli saat ini di kawasan GKB Gresik.

Setelah jalan jalan jalan beli martabak Tegal yang rasanya ugal ugalan. Saya mampir juga ke terang Bulan Pak Mucktar. Kebetulan letak keduanya tiak terlalu jauh, sekitar 500 meter.

terang bulan pak muchtar


terang bulan pak muchtar


Dulu ketika saya masih kecil, terang bulan pak Muchtar sajikan satu rasa saja, yakni rasa original yang memadukan kacang dan coklat kismis. Kemudian bertambah dengan rasa Keju. Yang di cabang Jl. Kapten Dulasim masih menawarkan rasa original dan keju saja.  

Sedangkan untuk cabang cabang lain sudah ada rasa tambahan yang kekinian. ada yang isian oreo, ada matcha, berbagai macam coklat. Kita bisa kombinasikan rasanya sesuai permintaan.

Untuk adonan juga ada berbagai macam pilihan. Ada rasa original, red velvet dan pandan. Saya sendiri lebih suka memilih rasa original, berwarna coklat tulang.

terang bulan pak muchtar


Saya pesan terang bulan dobel yang rasa original dengan isian original yakni kacang, coklat dan tambahan keju. Yang dobel ini terdiri atas dua Loyang terang bulan yang kemudian dijadikan satu.

Satu loyang adonan ditaburi gula, kemudian kacang, parutan keju yang melimpah, coklat kismis dan terahir dihujani dengan susu kental manis. Sedangkan loyang satunya ditaburi gula, kacang, dan keju melimpah. Keduanya kemudian dijadikan satu. Yang ada coklatnya bagian bawah.

Setelah menjadi satu, terang bulan diolesi dengan mentega. Saya yang sejak tadi menunggu di depan loyang, sudah klamut klamut. Aroma gurih adonan dan mentega melayang layang menggelitik hidung. Pingin comot aja!

terang bulan pak muchtar

terang bulan pak muchtar






Terang bulan ini paling enak dinikmati selagi hangat. Aroma mentega yang dioles bikin nasfu makan bertambah. Kalau sudah kulineran gini, lupakan kalau lagi diet.

Yang saya suka dari terang bulan Pak Muchtar ini adonannya. Tebal, rasanya empuk dan lembut. Teksturnya juga bersih, nggak kasar. Aroma gurihnya terasa kencang banget.

terang bulan pak muchtar


Rasanya manis legit, kalau terlalu banyak malah terasa neg sih. Kalau beli dobel gini, saya lebih suka menikmati yang bagian atas saja, yang terdiri atas campuran kacang dan keju saja. Rasa gurih dan manisnya pas. Rasa kejunyanya juga lebih dominan. Maklum saya pecinta keju. Makan banyak pun nggak neg. Untuk yang manis coklat anak saya paling suka.

Yang saya suka dengan terang bulan pak Muchtar ini masih tetap enak meski sudah dingin. Tekstur adonan juga nggak berubah. Masih tetap enak. Tapi memang sih, makan hangat tetap lebih yahuuuud.

terang bulan pak muchtar


Untuk yang dobel harganya Rp. 34.000. Sudah kenyang banget kalau dimakan berdua. Yang double ini lebih enak dimakan bareng bareng dengan teman atau keluarga. Dijamin semua dapat banyak.

Selain terang bulan, juga ada menu lainnya yang juga nggak kalah enak. Seperti pukis dan martabak Telur. Untuk pukis ada rasa coklat dan keju. Sama dengan terang bulan, pukisnya juga empuk, enak!. Untuk kamu yang lagi dolan ke Gresik, jangan lupa cobain terang Bulan Pak Muchtar, tapi jangan salahkan saya kalau nanti ketagihan.

 

Opening Hours
Jam 17.00 - habis (sekitar jam 22.00)
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY