bozerwin | Sightseeing
Garut, Jawa Barat, Indonesia | halal
28 Jan 2019


Nasi Liwet Asep Stroberi: Restoran Keluarga Bernuansa Sunda
Nasi Liwet Asep Stroberi, menu andalan dari restoran ini masih yaitu nasi liwetnya yang gurih dan pastinya lezat!!!

Hai guys, udah lama ngga share kuliner nih! Akhir tahun lalu, gue sempet jalan-jalan ke Tebing Hawu di Padalarang dan ngga sempet mampir ke Garut. Nah, Minggu lalu kebetulan salah satu sodara gue nikah, jadi gue harus pulang ke Garut sekalian ngumpul bareng keluarga. Karena udah lumayan lama ngga ngumpul bareng keluarga, gue pun mutusin buat ngajakin mereka buat makan di luar, yah sekalian ngumpul mumpung gue pulang kampung kan dan akhirnya kakak gue nyaranin buat makan di Nasi Liwet Pak Asep Stroberi.

nasi liwet asep stroberi

Udah lama juga sih gue ngga makan disini, terakhir makan itu pas kumpul-kumpul lebaran dua tahun lalu. Lokasi Asep Stroberi ini ada di Nagreg, tapi sekarang udah punya banyak cabang, bahkan sampe di Bandung juga udah ada. Kebetulan kemaren gue dateng ke Asep Stroberi 2 yang lokasinya ada di Kadung Kanora no 245. 

nasi liwet asep stroberi

Dulunya, konsep Asep Stroberi ini adalah semacam kebun strawberry yang luas dan ada restorannya. Restorannya bernuansa Sunda, diamana sekelilingnya ada area persawahan dan danau kecil. Sekarang tempat ini lebih dikenal sebagai Liwet Pak Asep Stroberi atau biasa disingkat Asstro.

Video by makanan KU

Dari dulu sampe sekarang menu andalan dari restoran ini masih sama, yaitu nasi liwetnya. Gue pun langsung pesen nasi liwet ini karena memang rasanya enak banget. Nasi liwet ini disajikan di dalam kastrol dengan teri dan cabe diatasnya, kemudian ada nampan yang berisi lauk pendamping yang bisa dipilih sesuai selera, kemudian ada lalapan, ikan asin, tahu goreng, tempe mendoan dan ngga lupa sambal. Menu khas Sunda banget kan?

nasi liwet asep stroberi
Lauk utamanya bisa kalian pilih sesuai selera kalian, pilihannya ada ayam, daging, ikan hingga bebek. Paket nasi liwetnya pun bisa kalian pilih untuk dua hingga lima orang. Kalo kalian ngga terlalu suka nasi liwet, kalian bisa pilih menu nasi lainnya seperti nasi jeruk, nasi merah, nasi bakar, nasi tutug oncom dan lainnya. Sayurannya pun beragam, seperti tumis kangkung, keciwis dan masih banyak lagi lainnya. 

Kalo menu minumannya juga ada banyak pilihannya, sesuai namanya, tempat ini juga ada jus stroberinya. Selain jus stroberi, ada juga beragam pilihan jus buah lainnya, seperti jus jeruk dan jus mangga. Buat kalian yang mau pilihan minuman lainnya juga bisa, mulai dari minuman yang panas dan dingin ada juga.

Rasa nasi liwetnya menurut aku enak banget. Nasinya pulen dan bener-bener diliwet, apalagi penyajiannya yang menggunakan ketel, seketika aroma daun pandannya langsung menyeruak. Perpaduan yang pas banget pake ikan teri dan cabe diatasnya. Rasanya gue makan nasi liwet doank tanpa nasi juga doyan ini mah!

nasi liwet asep stroberi

Lauknya kemaren gue juga pesen Gurame bakar. Ikan gurame ini dibakar dengan bumbu kecap yang kemudian dimakan dengan sambal kecap pedes ditambah dengan lalapannya. Rasanya mantap lah pokoknya! Kalian harus kesini dan cobain sendiri.

Lauk lainnya yang gue cobain adalah ayam serundeng yang dipesen sama kakak gue. Ayam ini diberi parutan kelapa berbumbu atau serundeng. Ngga cuma ayam dan ikannya yang lezat, tempe tahu yang disajikan dalam nampan tadi pun juga enak banget rasanya. Apalagi kalo dimakan pake sambel khas Asep Stroberi ini.

Lalu, buat minumannya, gue rekomendasiin kalian buat cobain jus stroberinya. Jus stroberi ini terbuat dari buah stroberi segar dan gula, rasanya udah pasti seger dan enak banget. Cocok banget diminum setelah makan makanan Sunda yang pedes ini.

nasi liwet asep stroberi

Ohya, selain jus stroberi, kalian juga harus cobain olahan stroberi lainnya dalam bentuk sop buah. Stroberi ini dicampur dengan nanas, semangka, melon dan buah lainnya yang kemudian ditambah sirup dan es serut. Rasanya ngga kalah bikin seger.

Setelah kenyang, jangan langsung pulang ya guys. Gue saranin kalian buat bersantai dulu disini sambil mendengarkan lagu-lagu khas Sunda yang diperdengarkan disini. Atau, kalian juga bisa jalan-jalan menikmati udara di sekitar area persawahan sambil bermain di danau. 

nasi liwet asep stroberi
Overall, makan di Nasi Liwet Pak Asep Stroberi ini bener-bener memanjakan. Selain makanannya yang enak, harganya juga bisa dibilang cukup terjangkau, yaitu kisaran Rp 5.000 - Rp 75.000 atau kalian bisa pilih menu paketan dengan harga kisaran Rp 50.000 - Rp 250.000. Pelayanan disini juga ramah banget dan cepet. Plus, tempatnya yang keren dan bisa buat bersantai bareng keluarga atau kerabat. 

Opening Hours
07.00 - 22.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY