Gudeg Bu Atmo ; Menikmati Gudeg Kaki Lima di Daerah Malioboro

gudeng bu atmo

aldilasalma | Traveler
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
16 Jan 2020


Gudeg Bu Atmo ; Menikmati Gudeg Kaki Lima di Daerah Malioboro
Liburan di Jogja kurang lengkap kalau belum mencicipi kuliner khasnya yaitu gudeg. Terdiri dari sayur nangka, krecek, dan opor ayam, satu porsi gudeg komplit ini siap memanjakan lidahmu!

Oke seperti yang udah aku tulis di review sebelumnya di Malam Mingguan di Jl. Malioboro. Berburu Kuliner Lezat hingga Souvenir! aku bakalan review tentang kuliner yang aku cicipi saat di Malioboro yaitu gudeg. Sebenernya ada banyak banget kuliner di area Malioboro ini selain gudeg seperti lalapan, pecel, sate, dan masih banyak lagi. Tapi karena disini tempatnya gudeg dan aku pribadi juga penggemar gudeg banget jadi yaaa aku memilih untuk membeli gudeg.

gudeng bu atmo
Ada banyak pedagang gudeg disini tapi karena aku bersama saudara aku yang asli Jogja jadi dia lebih tau dan menyarankan kami untuk makan di Gudeg Bu Atmo. Lokasinya berada di tepi gang Ramayana. Nggak besar. Gudeg Bu Atmo ini berjualan dengan duduk di kursi kecil dengan komponen gudeg yang disusun di dalam etalase yang mini pula.  Buat yang mau makan langsung disana bisa karena di sediakan beberapa kursi. Tapi nggak banyak ya, mungkin hanya muat 7 orang saja.

gudeng bu atmo
Untuk gudegnya termasuk gudeg komplit. Isianya tentu saja ada sayur nangka atau biasa disebut gori, krecek pedas, semur telur, areh (kuah putih khas gudeg yang berasal dari santan kental) dan opor ayam kampung. Melihat komposisi tersebut berjajar semakin membuat perutku lapar. Apalagi baru inget terakhir makan pas pagi tadi dijalan. Langsung aku pesen satu porsi gudeg ini.

gudeng bu atmo
pertama yang ditata dalam piring adalah nasi putih, sayur nangka, krecek, dan terakhir ayam yang dimasukan kedala areh. Kalau dilihat sih porsinya pas buat aku karena nggak terlalu banyak dan nggak terlalu sedikit. Dari penampilannya sangat menggiurkan dan langsung kepengen makan!

gudeng bu atmo
gudeng bu atmo

Pertama aku nyobain sayur nangkanya dulu. Rasanya manis dan legit. Cocok banget dilidah aku karena suka makanan manis begini. Selain itu krecek pedas dan opor ayam semakin membuat cita rasa gudeg ini jadi bertambah. Apalagi pakai ayam kampung jadi rasanya lebih sedap!

Pas ditengah makan aku baru inget kok nggak ada telurnya ya? Ternyata kalau mau telur kita harus bilang lagi kepada penjualnya. Jadi aku tambah satu butir semur telur yang aku bagi dua sama mamaku.

gudeng bu atmo
Nggak butuh waktu lama satu porsi gudeg ini sudah habis bersih. Enak banget dan porsinya pas. Bahkan orang lain banyak yang nambah lagi saat makan ditempat. Sebelum membayar aku memutuskan untuk membungkus lagi gudeg untuk dibawa ke hotel.

gudeng bu atmo
Nah harga yang aku bayar untuk 3 porsi gudeg + teh hangat adalah Rp 117.000,-. Oke jujur aku nggak bilang murah ya bahkan aku kaget, karena aku biasa makan gudeg juga kalau di Malioboro dan harganya rata-rata per porsi Cuma 20k – 30k saja itupun sudah gudeg komplit pakai telur. Entah mungkin harganya dinaikin karena pelancong atau emang harga aslinya aku nggak tau. Saran aku sebelum memesan lebih baik tanya dulu harga per porsinya biar ngga kaget pas bayar. Tapi untung saja rasa Gudeg Bu Atmo ini enak dan cocok dilidah aku, jadi aku nggak terlalu kecewa dan juga tetap merekomendasikan gudeg ini kepada kalian saat jalan-jalan ke Malioboro.

Untuk jam bukanya aku kurang tahu ya, mungkin sore karena kebanyakan penjual gudeg di daerah Malioboro ini bukanya sore sampai malam. Oke gais itu dulu review aku tentang Gudeg Bu Atmo, silahkan dicoba buat kalian yang lagi cari makan enak di daerah Malioboro!

Opening Hours
-
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY