Pentol Cak Poponk, Pentol Dengan Isian Terlengkap Se Indonesia Raya

kuliner di gresik

Zulfa | Traveler
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
15 Dec 2019


Pentol Cak Poponk, Pentol Dengan Isian Terlengkap Se Indonesia Raya
Pentol dengan isian paling lengkap ini dijamin nggak bikin kamu bosen ngunyah, mulai isi keju, daging, gajih, hati, aneka seafood seperti gurita, cumi cumi, ikan kakap hingga ikan bader, telur punyu

Pentol cak Poponk yang berada daerah suling, dekat polres Gresik ini memang sudah menjadi buah bibir dikalangan pecinta pentol. Murah, enak dan tawarkan sejuta rasa pentol menjadi andalannya. Buka mulai jam 5 Sore hingga malam hari. Selalu ramai dikunjungi pembeli. Kadang dengan hitungan jam sudah ludes.

Nah, kemarin ketika main kerumah kakak, ternyata pentol cak Poponk buka cabang dekat dengan rumahnya. Bukanya jam 11 siang. Tepatnya di depan pom Bensir Sukomulyo, Manyar, Gresik. Wah, saya yang datang siang itu langsung melipir ke Cak Poponk.

kuliner di gresik


Waktu saya datang kemari, varian pentolnya masih lengkap. Karena memang saya datang siang hari. Mumpung lengkap, saya memesan semua pentol dengan isian berbeda. Saya pilih makan dirumah kaka, karena panas banget tempatnya.

Beberapa pembeli sudah mengantri memilih pentol. Ada yang datang bersama teman, ada ada pula yang datang bersama keluarga. Semua terlihat menikmati pentol.

Berbeda dengan penjual bakso yang disajikan bersama mie dan kuah. Pentol cak Poponk ini hanya menjual pentol saja. Tanpa mie dan kuah. Pentol dicocol dengan saos tomat, kecap dan sambal. Karena saya nggak suka saos , jadi saya skip. Begitu pula dengan sambal, masih nggak boleh makan terlalu pedas.

kuliner di gresik


Masing masing pentol dijual dengan harga berbeda. Mulai Rp. 1000 sampai dengan Rp. 6000. Tergantung dengan isian.

Varian isian yang lengkap banget ini menjadikannya Idola. Ada isi keju, daging, gajih, hati, tahu, ada juga isian dengan aneka seafood seperti gurita, cumi cumi, ikan kakap hingga ikan bader, mulai telur puyuh hingga telur ikan. Lengkap banget kan?

Sampai dirumah kakak, saya makan satu persatu pentol dengan aneka varian. Tekstur pentol kenyal dengan balutan daging yang nggak terlalu pelit.  Pentolnya sedikit asin di lidah saya. Mungkin kalau dimakan bersama saos dan sambal jadi pas.

kuliner di gresik

kuliner di gresik



Untuk rasa keju yang memiliki rasa asin, jadinya pentolnya terasa lebih asin. Tapi asinnya masih akrab lidah. Kejunya juga nggak pelit, lumayan. Matching rasanya, antara keju dan pentol.

Untuk tahu, ukurannya lumayan besar dibandingkan dengan yang pentol isian lainnya. Tahu yang digunakan tahu goreng. Rasanyanya mirip dengan tahu bakso Semarang. Hanya saja, pentol tahu cak poponk teksturnya tidak terlalu keras. Enak.

kuliner di gresik


Nah, untuk pentol dengan isian telur ikan bader ini menjadi yang pertama kali buat saya. ketika digigit, letupan letupan telur ikan masih terasa. Ikan telur bader ini dibumbu pedas. Seperti ikan bader yang biasa saya beli di pasar Gresik. Ada sensai pedas dalam setiap gigitan.

kuliner di gresik


Untuk cumi cumi, di isi dengan cumi cumi utuh. Ukurannya lumayan. Dan cuminya dimasak bumbu hitam. Jadi ketika digit terasa bumbu dan tinta hitamnya. Gurih. Rasa cumi ngeblend dengan pentol. Cumi ini menjadi favorite saya diantara semua. Harganya paling tinggi sih, Rp. 6.000 tapi menurut saya murah ya, apalagi diisi dengan cumi utuh.

kuliner di gresik


Semua varian, rasanya enak semua. Seafoodnya juga tidak terlalu asin. Dan yang aku suka, isian ini dikasih bumbu terlebih dahulu, jadi kaya rasa pentolnya. Enak semua dan patut dicoba.

kuliner di gresik

kuliner di gresik



Untuk minumnya, saya kemarin nggak pesan ya karena, saya makan dirumha. Tapi yang saya perhatikan ada beberapa munimna pilihan. Ada es blewah, ada es cao, ada es susu dan masih banyal lagi.

Opening Hours
Jam 11 Sampai habis (sore)
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY