Nasi Krawu Bu Tiban II, Sajikan Makanan Khas Gresik Buka 24 Jam

nasi krawu bu tiban

Zulfa | Traveler
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
23 Jan 2020


Nasi Krawu Bu Tiban II, Sajikan Makanan Khas Gresik Buka 24 Jam
Nasi Krawu Bu Tiban II tak hanya sajikan nasi krawu yang menjadi kuliner favourit di Gresik tapi juga sajikan kuliner lain dengan bahan dasar daging

 

Sebelumnya saya pernah review nasi Krawu bu Azza, nah kali ini saya akan review nasi Krawu bu Tiban II. Nasi Krawu bu Tiban sendiri sudah terkenal di Gresik juga wisatawan. Seringnya juga dijadikan oleh oleh diluar kota yang tidak terlalu jauh jaraknya dari kota Gresik. Nasi Krawu bu Tiban pertama berada di Jl. Abdul Karim, sedangkan untuk cabang kedua berada di Jl. Veteran Gresik.

nasi krawu bu tiban


Saya sudah beberapa kali ke Nasi Krawu bu Tiban yang pertama (nasi Krawu bu Tiban pusat), tapi belum pernah mencoba cabang yang satunya. Kemarin setelah menjemput anak saya dari sekolah, saya mampir ke Nasi Krawu bu Tiban II. Kebetulan lokasi sekolahnya berdekatan.

Berbeda sekali dengan Bu Tiban pusat yang tempatnya sangat sederhana, nasi krawu bu TIban II ini lebih mirip seperti depot. Ada beberapa meja besar. Dikelilingi dengan kursi yang nyaman. Sayang, untuk kebersihan tempat masih kurang.

Untuk anak, saya memesan nasi Krawu, salah satu makanan kesukaannya. Dan saya sendiri memesan soto Madura balungan.

nasi krawu bu tiban


Dan ini juga menjadi salah dua perbedaannya. Di depot Nasi Krawu Bu Tiban II tak hanya menjual nasi krawu saja, juga menjual menu lainnya dengan bahan dasar daging. Ada Soto, rawon balungan dan juga menu bebek.

Nasi krawu sendiri terdiri atas daging yang disuwir suwir, serundeng dan sambal petis. Sebagian ada yang menyajikannya bersama dengan kuah semur. Kuah ini berasal air rebusan daging untuk krawu.

nasi krawu bu tiban


Nah, ini juga menjadi pembeda yang ketiga. Ketika seporsi nasi krawu terhidang, ada kuah semurnya. Nasi Krawu Bu Tiban pusat tidak menyajikan kuah semur. Sedangkan untuk nasi Krawu bu Tiban II disajikan bersama kuah semur dalam mangkuk kecil.

Saya Incip nasi krawu dan kuah semur, terasa sekali krawunya. Kuahnya tebal dengan lemak daging yang terasa di lidah. Enak, tapi kalau kebanyakan jadinya neg. Tapi kalau diguyurkan diatas nasi jadinya lebih enak.

nasi krawu bu tiban

nasi krawu bu tiban



Untuk suwiran dagingnya besar besar. Saya hanya memesan suwiran daging saja. Jika suka, bisa pesan dengan jerohan seperti babat, usus, paruh dan juga hati. Karena anak saya nggak suka jerohan, jadinya saya hanya memesan krawu dengan suwiran saging saja.

Rasa dagingnya gurih sedikit manis. Pas dilidah. Tapi tekstur agak kering. Biasanya daging krawu ini dijasikan dengan tekstur yang sedikit lembab. Kelembaban ini biasanya dari minyak dan semur. Serundengnya dengan dua macam rasa,standar saja dan sambal petisnya juga lumayan pedas.

nasi krawu bu tiban

nasi krawu bu tiban

nasi krawu bu tiban


Setelah mencicipi nasi krawu, saatnya melahap pesanan saya sendiri, soto madura balungan. Sesaat ketika melihat kuah soto, nampak sekali diatasnya lelehan lemak menari menari. Rasanya kolesterol dalam tubuh langsung bergejolak.

Sebelum menuang soto diatas piring, saya sruput terlebih dahulu. Rasanya enak dan mantap. Bumbunya lebih ringan. Rasanya berbeda dengan soto daging madura biasanya saya coba. Warnanya tidak terlalu kuning dengan aneka bumbu yang lebih terasa. Dan seperti yang saya lihat, lemaknya terasa banget. Gurihnya dobel dobel.

Dagingnya lembut banget, karena dimasak dalam waktu yang lama. Nyunyut dalam istilah Jawa. Saya kemudian menggigit balungan dan dagingnya langsung protol. Berjatuhan karena memang lembut. 

nasi krawu bu tiban

nasi krawu bu tiban

Saya tuang soto diatas piring dengan nasi diatasnya, saya hujani dengan irisan jeruk nipis dan saya campur dengan sedikit sambal. Rasanya lebih segar tidak terlalu neg. Rasa lemak juga sedikit memudar. Tidak terlalu tebal rasanya. Rasa pedasnya menjadi penyeimbang rasa gurih. Enak. Tapi sayang, tidak saya habiskan karena kolesterol yang harus saya jaga. Coba kalau nggak ingat kolesterol, langsung habis tak bersisa. Enak dan gurih.

Untuk seporsi nasi Krawu harganya Rp. 22.000 dan untuk Soto Madura balungan dijual sedikit lebih mahal, Rp. 37.000.Jika kamu berada di Gresik dan mencari nasi krawu yang letaknya strategis dan berada di Jalan raya, nasi krawu Bu Tiban II bisa menjadi pilihan.

 

Opening Hours
24 jam
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.