435 views | 3 Likes

Soto Padang H. St. Mangkuto, Nikmati Sensasi Autentik Soto Padang di Jakarta!

4 star (from 3 people)
Jakarta Pusat, Dki Jakarta, Indonesia
Category: halal

Posted on 10 January 2019, 14:32:38
Melanie
Tourist

Jadi seminggu ini lagi ada urusan di Jakarta lagi. Dan kebetulan banget kemarin pas jam makan siang lagi di daerah pasar baru Jakarta, kata salah...

Culinary Detail

Jadi seminggu ini lagi ada urusan di Jakarta lagi. Dan kebetulan banget kemarin pas jam makan siang lagi di daerah pasar baru Jakarta, kata salah satu temen aku katanya ada resto soto padang yang enaknya gak karuan. Lahh jadi semakin penasaran lah diri ini yang emang anaknya demen banget makan soto padang. Langsung lah kami jalan kaki saja karena ternyata udah deket banget (soalnya kami di parkiran) hahaha.

Ternyata tempanya unik banget masih kuno tapi yang makan banyak bangett, di depannya udah banyak mobil-mobil parkir. Ternyata pas masuk beneran rame banget deh, untung masih ada sisa 4 bangku kosong, langsung serbu dahh. Nama restonya adalah Soto Padang H. St. Mangkuto. Atau biar singkat tinggal sebut aja Soto Padang Mangkuto deh.


Soto Padang H. St. Mangkuto ini sudah buka sejak 1987 dan sekarang di Jakarta ini sudah memiliki 3 cabang. Tempatnya bisa dibilang standar lah, resto keluarga able. Kata temenku yang sering makan disini sih, soto padang ini enak banget karena nggak ada bedanya sama soto padang yang asli dari padang. Oke sebagai asli orang Sumatra aku akan menilai apakah seenak itu soto padangnya?




Yang membuat soto ini sangat digemari banyak orang karena kuahnya yang khas banget. Dan pengolahan dagingnya juga benar, jadi daging nggak alot dan kriuk-kriuk garing. Yang membuat dagingnya enak karena setelah daging direbus, daging tersebut selanjutnya digoreng biar makin mantab. Selain menjual soto padang, di Soto Padang H. St. Mangkuto ini juga ada menu lain seperti nasi goreng rendang, sate padang, es bubur kampiun, dan lontong sayur. Untuk minumannya seperti resto pada umunya, ada juga aneka jus buah segar.


Kemarin aku pesan soto padang dan sate padang. Karena rame banget ya harus sabar ngantri ya. Setelah menunggu kurang lebih 15 menit makanan kami sudah siap diatas meja. Terlihat satu mangkok penuh isian dengan asap yang mengepul harum mulai tercium. Dari kuahnya aku udah bisa lihat kalau rasanya bakalan kaya rempah banget. Soto padang disini diasjikan terpisah dengan nasi putihnya ya. Kalau dilihat dari ukuran mangkoknya standar banget sedengan. Nah di dalam mangkok ini terdapat isian bihun, irisan daging sapi, perkedel halus, lalu kuahnya diberi taburan seledri dan irisan daun bawang.


Pertama cukup kaget sih sama rasa kauahnya ternyata emang beneran miripppp sama yang di Padang! Oke sekarang aku tau kenapa resto ini nggak pernah sepi pengunjung. Dagingnya nggak banyak-banyak banget sih tapi ya cukup lah. Selanjutnya aku cobain dagingnya, rasanya enakk banget dan garing gitu tapi nggak alot sama sekali. Yang paling seneg kalau makan tersu dicampur semuanya pakai sedikit potongan perkedel kentang itu, enakkk deh juaaraa! Jangan lupa pakai kerupuk warna pink nya. Karena soto padang sangat khas disajikan dengan kerupuk warna merah muda itu.


Yang kedua nyobain sate padangnya. Setiap tusuknya potongan dagingnya cukup gede sih jadi manteb banget digigitnya. Tingkat kekentalan kuahnya juga pas, rasanya gurih dan rempahnya juga kerasa. Apalagi ditambah taburan bawang goreng diatasnya jadi lebih sedepp banget gitu. Emang ya makanan apapun kalau ditambah bawang goreng pasti lebih mantaabbs.


Oke overall aku suka sih sama Soto Padang H. St. Mangkuto, rasanya bener-bener otentik soto padang. Pantas saja ini resto nggak pernah sepi. Jadi buat kalian yang di Jakarta lagi pengen banget makan soto padang, atau kalian anak minang yang lagi merantau bisa banget nih nyobain makan disini, dijamin pas di lidah!!

Opening Hours

08:00 - 21:00

Gallery (6)

Comments (3)