138 views | 0 Likes

Bakso Jemblong, Bakso Melimpah Yang Nggak Bikin Kantong Bolong

0 star (from 0 people)
Gresik, Jawa Timur, Indonesia
Category: halal

Posted on 04 November 2019, 11:00:00
Zulfa
Tourist

Bakso dengan aneka varian isi seperti keju mozarela, telur asin hingga bakso cabe rawit ditawarkan dengan harga bersahabat

Culinary Detail

 

Ceritanya kemarin saya pulang kantor lebih awal karena lagi ngurusin ijazah anak di sekolahnya. Setelah selesai, kami putuskan menikmati makan siang dekat sekolahnya. laper dan panas, kami pingin menikmati makan yang nggak terlalu berat. Kami berdua sepakat makan bakso.

Pilihan kami jatuh pada bakso Jemblong. Sering saya melewati kedai bakso yang berada di Jl. Arif Rahman Hakim, Gresik ini. Nggak jauh dari tempat sekolah anak saya, sekitar 5 menit saja. Setiap kali lewat bakso Jemblong, saya perhatikan kadang rame, kadang sepi.

Untuk kamu yang mencari letak kedai bakso jemblong mudah saja. Berada di tepi jalan. Berderet dengan pusat kuliner malam pasar senggol. Jika kesini dari arah SMA Negeri 1 Gresik, kedai bakso jemblong berada di sebelah kiri jalan.

Kedainya mungil. Lumayan bersih. Tidak ada AC, hanya kipas angin di beberapa sudut. Dindingya di design menarik dengan gantungan foto foto enterpeneur sukses dari berbagai negara, ada Bill gate, Bob Sadino dan juga Jack Ma.

bakso jemblong gresik

bakso jemblong gresik



Saya memesan menu favourite di sini, keju mozzarela untuk anak. Saya tahu dia suka keju. Dan saya sendiri memesan menu paling baru, bakso kentung (atau telor). Dan menemani siang yang panas banget, saya pesan es buah segar.

Selain kedua menu tersebut, juga terdapat menu lain, seperti bakso super rawit, bakso telur asin, bakso super urat dan bakso halus. Juga ada menu Indomie dengan pilihan varian yang sama dengan bakso. Dan semua dijual dengan harga yang sama Rp. 15.000 saja.

bakso jemblong gresik


Pelayanannya cepat. Tak perlu waktu lama, pesanan kami datang. Hanya saja yang kurang disini adalah pelayan yang kurang senyum. Jadi terkesan hmmm gimana ya. Kayak kurang welcome gitu.

Untuk semangkok bakso keju mozzarella, berisi bakso dengan ukuran besar, bakso halus kecil, tahu dan siomay goreng. Untuk semangkok bakso kentung isinya sama. Bedanya bakso kentung ini lebih gede dengan bentuk seperti tumpeng atau kerucut.

Sebelum membelah dan melahap bakso, kami sruput kuahnya terlebih dahulu. Slruppp rasanya gurih asin. Menurut lidah saya sih agak sedikit asin. Tidak terlalu berbumbu. Kalau menurut anak saya, ini biasa saja. Saran saya, agar rasanya lebih enak dan seimbang, tambahkan saos tomat, kecap dan juga cabe. Karena saya kebiasaan makan bakso tanpa saos dan kecap, jadi saya skip. Untuk cabe, saya tambah sedikit saja karena lagi menghindari pedas.

bakso jemblong gresik


 Waktu belah bakso mozzarella, kejunya lumer. Meski nggak molor molor kayak di foto atau yang di iklan iklan itu, hehehe. Rasanya mantap. Karena keju mozarela rasanya sudah gurih asin kalau dicampur dengan kuah jadi lebih asin. Keasinan. Anak saya makan baksonya tanpa dicampur kuah. Padahal dia kalau makan bakso biasanya suka banget sama kuahnya.

bakso jemblong gresik


Saya belah bakso kentung dengan bentuk yang tak biasa ini. Isinya telur ayam utuh. Jadinya terlihat besar baksonya. Sama dengan bakso mozzarella, rasa baksonya biasa saja. Tidak terlalu berserat. Tidak terlalu banyak dagingnya. Komposisi bakso lebih banyak tepungnya. Dengan harga hanya 15.000 saja, semangkok penuh dan sudah bikin kenyang, saya rasa lumayan lah. Sesuai, ada uang, ada kualitas.

bakso jemblong gresik

bakso jemblong gresik


Untuk es buahnya nampak menggoda warna pink merah. Apalagi saat itu panasnya, Ya Allah nyengat banget. Es buahnya ada campuran susunya tapi rasanya tidak terlalu manis. Isinya ada buah melon di potong kecil kecil, buah papaya bulat bulat dan irisan buah naga. Coba ada buah nanasnya, pasti ranya lebih segar. Es buah dengan ukuran gelas sedang hanya Rp. 5.000 saja.

bakso jemblong gresik


Nah, jika kamu suka bakso dengan rasa daging lebih banyak dan berserat, saya kurang rekomendasikan bakso jemblong. Tapi jika kamu suka bakso yang lebih ringan dengan varian isi yang kekinian, dengan harga ramah di kantong bakso Jemblong bisa menjadi pilihan.  

 

Opening Hours

11.30 - 21.00

Gallery (8)

Comments (0)