313 views | 1 Likes

Pondok Kopi Umbul Sidomukti, Cafe Unik nan Romantis di Kaki Gunung Ungaran

4 star (from 2 people)
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Category: halal

Posted on 03 January 2019, 14:25:37
gizeline
Tourist

Semarang memang terkenal sebagai kota Metropolitan di Jawa Tengah. Kota ini juga dikenal punya beragam wisata dan kuliner yang lezat. Beberapa waktu...

Culinary Detail

Semarang memang terkenal sebagai kota Metropolitan di Jawa Tengah. Kota ini juga dikenal punya beragam wisata dan kuliner yang lezat. Beberapa waktu yang lalu, aku sempet jalan-jalan kesana dan mengunjungi salah satu pantai yang keren, yaitu Pantai Marina dan kuliner lezatnya yaitu Mie Kopyok. Nah, beranjak sebentar dari hiruk pikuknya kota Semarang, aku pun pergi ke Kabupaten Bandungan dan pergi ke salah satu tempat nongkrong yang hits disana, yaitu Pondok Kopi Umbul Sidomukti.

Video by Dwi Ahart Channel

Kalo kalian tahu tempat wisata Umbul Sidomukti, nah Pondok Kopi ini juga masih sama pengelolanya dengan wisata Umbul Sidomukti. Lokasinya pun berdekatan yaitu di Desa Sidomukti, Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Untuk menuju kesini, aku kemarin sewa motor dari kota Semarang dan memulai perjalanan dari pusat kota Semarang menuju Ungaran. Setelah melewati kantor Samsat Ungaran, masuk gapura kampung Sambang yang ada di sebelah kanan yang merupakan jalur alternatif menuju Jimbaran.

Terus ikuti jalan ini sampe di Pasar Jimbaran, lalu belok kiri ke arah Bandungan. Sekitar 100, kalian akan ketemu gang di sebelah kanan dimana rute ini merupakan jalan menuju basecamp Gunung Ungaran. Dari sini, ada sebuah papan patunjuk menuju ke daerah wisata Umbul Sidomukti. Kalian ikuti terus petunjuk jalan tersebut hingga tiba di Pondok Kopi Umbul Sidomukti. Kebetulan perjalanan kemaren pas malam hari, jadi aku bisa menikmati keindahan lampu kota dari ketinggian. Romantis banget!

Karena lokasinya ada satu wilayah sama Wisata Umbul Sidomukti, maka kalian dikenakan tiket masuk karena lewat dua portal. Tapi tenang aja karena harga tiket masuknya murah banget guys, kalo bawa motor cuma kena Rp 5000 aja, tapi kalo kalian bawa mobil harga tiket masuknya Rp 8000 aja.

Sesuai dengan namanya, Pondok Kopi Umbul Sidomukti ini menyajikan Kopi sebagai menu utamanya. Ngga heran sih, soalnya kawasan Sidomukti ini memang terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia. Cafe ini pun konsepnya keren banget guys, interiornya didominasi dengan kayu dan batu-batuan. Selain itu, Pondok Kopi ini juga punya dua area untuk nongkrong, yaitu indoor dan outdoor. Karena cafe ini terkenal dengan pemandangannya yang keren, aku pun memilih untuk duduk di area outdoor.


Ngomongin soal view, karena berada di ketinggian maka pemandangan dari atas sini keren banget guys. Meskipun aku datengnya pas malam hari, pemandangan yang bisa aku nikmati adalah kelap kelip lampu kota Semarang dari kejauhan yang sangat romantis. Area outdoor cafe ini juga dilengkapi dengan lampu-lampu taman yang ngga kalah romantis. Wajib banget guys ngajakin pacar atau gebetan kesini!

Untuk menunya, kemarin aku pesen kopi pastinya karena memang cafe ini terkenal dengan kopinya yang lezat. Aku kemarin cobain Arabika Sidomukti yang pake metode Vietnam Drip. Kata pegawainya sih, kopi ini yang paling banya dipesan disini. Menu lainnya, aku pesen makanan ringan Roti Bakar Selai Kopi, Tahu Serasi Bandungan dan Mix Fried. Buat kalian yang ngga terlalu doyan kopi, kalian juga bisa pesen menu lainnya seperti Jus Buah, Teh atau susu. Harganya pun bisa dibilang masih cukup masuk akal, yaitu kisaran Rp 5000 - Rp 30.000 per prosinya. Nah, sambil nungguin pesenan, aku santai sambil menikmati pemandangan sekitar. Fyi, kalo kesini pas malam hari, jangan lupa pake baju hangat ya soalnya anginnya emang dingin banget.


Ngga terlalu lama, akhirnya pesenanku pun datang. Pertama kalinya, aku langsung cobain kopinya donk. Rasanya emang khas banget, apalagi ditambah sama susu yang bikin rasa kopi ini semakin kaya. Tapi pahitnya tetep ngga hilang donk ya.

Untuk Roti Bakar Selai Kopinya pun juga enak banget. Rotinya tebel dan kombinasi dengan selai kopinya ini pas. Unik aja sih menurut aku, mungkin karena aku belum pernah nyobain selai kopi sebelumnya. 


Kemudian untuk Mix friednya ini terdiri dari beragam gorengan, seperti sosis goreng, nugget goreng dan juga kentang goreng. Porsinya lumayan bikin kenyang, meskipun makanan ini tergolong makanan ringan. Apalagi sosisnya guys, enak banget dan tebel.

Kalo tahu gorenganya juga ngga kalah enak guys. Tahunya lembut banget, seperti tahu susu dan potongannya juga lumayan. rasanya gurih banget apalagi kalo dimakan pake sambal kecap yang dikasih cabai. Mantap!

Overall, Pondok Kopi Umbul Sidomukti ini recommended banget buat dicobain. Selain karena pemandangannya yang romantis dan keren banget, menu makanannya pun ngga kalah lezat. Harganya pun cukup masuk akal dengan rasa, pelayanan dan apalagi pemandangannya guys. Rasanya betah banget berlama-lama ada disini. Sampe saking betahnya, aku kemaren lupa waktu dan nongkrong disana sampe tengah malam. Hahaha... Next time, pastinya bakal balik lagi ke tempat ini. 

Opening Hours

08.00 - 24.00

Gallery (11)

Comments (4)