4 star (from 1 people)
150 views | 1 Likes
Goong Ten, Sensasi Melahap Udang Menari Diatas Piring
Bangkok, Bangkok, Thailand
Category: non_halal


Posted on 27 December 2018, 13:15:08
hennysusanti
Sightseeing
Location on Google Maps
Bangkok
Bangkok, Thailand
Culinary Detail

Masih seputaran soal liburan aku ke Thailand nih guys. Kemarennya aku udah sempet bahas perjalananku ke Ladang Bunga Matahari di Lopburi yang indah. Dari Lopburi, aku kembali ke Bangkok buat berwisata kuliner. Kalian pasti udah pada tau donk ya kalo Thailand ini terkenal dengan kuliner ekstrimnya, nah karena aku kesini pengennya liburan yang anti mainstream pula akhirnya aku pun memutuskan untuk cobain salah satu kuliner ekstrim di Bangkok. Di Bangkok memang banyak banget kuliner ekstrim, mulai dari belalang goreng, steak mentah hingga kalajengking. Karena aku anaknya pengen nyobain kuliner ekstrim tapi yang ngga terlalu ekstrim banget, akhirnya aku mutusin buat nyobain Goong Ten aja. Goong Ten sering juga disebut sebagai udang yang melompat-lompat atau menari-nari karena pas disajikan udang ini masih bergerak-gerak gitu di piring saji kalian. Nah lho, gimana mau makannya kalo udang ini udah lompat duluan?

Video by Mark Wiens

Di Bangkok, banyak sekali penjual Goong Ten yang bisa kalian temui di pinggir jalan. Meskipun makanan ini disebut sebagai salah satu kuliner ekstrimnya Thailand, tapi nyatanya Goong Ten adalah kuliner tradisional khas daerah Sungai Mekong, Thailand. Penduduk di daerah Sungai Mekong udah terbiasa makan makanan yang masih mentah, seperti udang, ikan, daging sapi atau lainnya. Meskipun udang tersebut disajikan mentah, tapi sebelum disajikan di piring, udang tersebut udah diracik dengan tambahan bumbu-bumbu khas Thailand. Jadi rasanya ngga hambar-hambar banget guys.

Goong Ten biasanya menggunakan bahan baku Udang Rebon segar yang masih hidup yang kemudian diberi bumbu dapur seperti bawang merah, cabai, lada dan tak lupa perasan jeruk lemon. Setelah diberi bumbu, kemudian Goong Ten siap disajikan. Karena masih hidup, saat disajikan diatas meja pun udang ini akan melompat-lompat atau menari-nari. Pantes aja kalo makanan ini diberi nama udang yang melompat-lompat. Biasanya, udang-udang ini disajikan diatas piring bersamaan dengan daun mint yang segar. Baru kali ini juga aku ngerasain makanan yang dicampur dengan daun mint. 

Tapi kalian yang mau cobain, harus berhati-hati ya pas mau makannya, soalnya makanan ini diberi perasan air lemon dan garam yang membuat udang-udang tersebut melompat-lompat dan bisa kena mata kalo ngga hati-hati.

Rasanya? Pastinya berair karena emang udangnya masih mentah. Jujur aja, awalnya sih ngeri, karena pas masukin ke mulut udang-udang tersebut masih menggeliat dan butuh beberapa kali kunyahan agar bisa menelannya. Bumbu-bumbu yang digunakan pada udang ini juga memberikan sensasi gurih yang sedap dan renyah. 

Meskipun kuliner ini terbilang ekstrim, tapi banyak juga wisatawan yang datang ke Bangkok untuk mencicipinya. Kebanyakan dari mereka memang penyuka kuliner ekstrim atau hanya penasaran dengan rasa dari Goong Ten ini. Ngga heran kalo kalian bakal menemui wisatawan yang rela antri demi mencicipi kuliner ini di Bangkok. Harga yang dipatok untuk seporsi Goong Ten ini cukup terjangkau juga guys, mulai dari 30 Bath aja per porsinya. 

Overall, aku sih suka sama kuliner ini dan pastinya bakal cobain lagi kalo jalan-jalan ke Bangkok lagi. Soalnya, Goong Ten cuma bisa kalian nikmati di Bangkok, jadi kalo traveling ke Bangkok sayang sekali kalo melewatkan sensasi mencicipi udang menari-nari ini.

So, buat kalian yang berencana liburan ke Thailand, aku saranin buat kalian nyobain Goong Ten ini. Berani? 




Gallery (4)
Comments (1)