409 views | 2 Likes

Pallubasa Serigala: Kuliner Khas Makassar yang Pake Daging Serigala?

4 star (from 2 people)
Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Category: halal

Posted on 06 December 2018, 15:37:50
olive
Tourist

Pallubasa Serigala ini apakah menggunakan daging serigala????

Culinary Detail

Makassar adalah salah satu kota di Indonesia yang tak hanya terkenal dnegan wisatanya yang cantik, tapi juga kulinernya yang lezat. Beberapa waktu yang lalu, saya sempat mengulas beberapa kuliner khasnya seperti Coto Nusantara dan Coto Paraikatte. Pada kunjungan saya kali ini ke Makassar, saya mau mencoba kuliner lainnya yang ngga kalah legendaris yaitu Pallubasa. Meskipun ini hanya kunjungan singkat aja ke Makassar, tapi saya tidak mau melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khas Makassar yang lezat ini. Sebelum saya bahas lebih lanjut, silahkan nonton video ini dulu ya :)

Video by Gerry Girianza

Menurut rekomendasi beberapa saudara yang tinggal di Makassar, salah satu penjual Pallubasa yang enak adalah Pallubasa Serigala. Eitss, jangan mikir yang aneh-aneh dulu guys, bukan berarti Pallubassa ini terbuat dari daging serigala ya. Melainkan, lokasi tempat makannya ada di Jalan Serigala XIV. Tempat makan ini cukup terkenal di Makassar karena kelezatannya, pantas saja kalau selalu ramai dikunjungi orang untuk menikmati seporsi Pallubasa ini. Pelanggannya pun berasal dari semua kalangan, mulai dari warga biasa hingga pejabat. Katanya sih, Pak Sandiaga Uno suka sekali makan Pallubasa disini.

kuliner di makassar

Sebenernya tidak ada yang spesial dari tempat makan pallubasa ini, tempatnya cukup sederhana dan tidak terlalu luas. Meskipun begitu, pengunjung tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat duduk, karena biasanya setelah makan pengunjung akan langsung meninggalkan tempat. Kemarin kebetulan saya kesana pas malam hari selepas isya, karena besok sudah harus kembali lagi ke Kendari, saya pun ingin mencoba kuliner yang katanya tidak kalah dari coto Makassar ini. Kondisi tempat makannya sih ramai tapi saya masih dapat tempat duduk dan langsung pesen satu porsi pallubasa. 

Tidak perlu menunggu terlalu lama, pallubasa pesanan saya pun langsung tersaji didepan meja. Pallubasa sekilas memang terlihat seperti Coto, tapi tekstur kuahnya lebih kental dan ada tambahan serbuk kelapa yang sudah disangrai yang ada didalam kuahnya. Isi dari pallubasa ini adalah daging sapi dan juga jeroan. Katanya sih sapi yang digunakan adalah daging sapi lokal sini. Uniknya lagi, kalian akan ditawari untuk menambahkan telur setengah matang yang disajikan diatas pallubasa. Kalo diaduk bersamaan dengan kuahnya, rasanya jadi semakin nikmat. Kalau biasanya coto disajikan bersama dengan ketupat, maka pallubasa disajikan bersama dengan nasi. Penyajiannya pallubasa ini di mangkok kecil tapi cukup untuk membuat kenyang.

kuliner di makassar

Aroma rempahnya sangat tercium, membuat siapapun yang menciumnya langsung lapar dan pada sendok pertama saya bisa merasakan perpaduan asam jawa, pala, gula merah, ketumbar dan jinten menjadi satu. Potongan daging sapinya juga bisa dibilang besar, teksturnya juga lembut. Ditambah lagi sama telur setengah matangnya yang yummy ini. Kuahnya apalagi, super lezaatt! 

kuliner di makassar

Harga yang dipatok untuk seporsi pallubasa ini juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 20.000 per porsinya. Sayangnya, kalau makan disini tidak bisa lama-lama ya guys karena harus gantian dengan pengunjung lain yang sudah mengekor untuk mencicipi pallubasa super lezat ini. Next time, kalau main ke Makassar lagi saya pasti akan mampir kesini lagi dan makan pallubasa super enak ini. Pallubasa memang bikin ketagihan dan rindu.

kuliner di makassar

Jadi, kalau kalian berencana akan liburan ke Makassar, selain mencicipi kuliner coto Makassar dan es pisang ijonya, jangan lupa juga buat cicipi Pallubasa Serigala yang ada di Jalan Serigala ini. Tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi sampai pukul 11 malam. 

kuliner di makassar

Gallery (5)

Comments (4)