123 views | 2 Likes

Omah Dhuwur Restaurant, Cobain Sop Buntut Terlezat Disini!

4 star (from 3 people)
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Category: halal

Posted on 05 December 2018, 16:59:16
nur
Sightseeing

Omah Dhuwur Restaurant memiliki Sop Buntut yang lezat dan tempat nya juga nyaman untuk di jadikan tempat nongkrong!

Culinary Detail

Ngomongin soal tempat makan atau jenis makanan di tanah kelahiranku ini emang nggak ada habisnya ya. Weeked kemaren, aku baru aja dateng ke salahsatu resto yang ada di Yogyakarta, tepatnya ada di Jalan Mondorakan No 252, Bodon, Prenggan, Kotagede, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Resto elegan bergaya klasik ini buka pukul 11 siang sampe pukul 10 malam tiap harinya. Baru buka saja, satu persatu pelanggan mulai berdatangan ke Omah Dhuwur Restaurant. Oh iya, nama resto yang aku kunjungi weekend lalu adalah Omah Dhuwur Restaurant, sampe lupa jelasin namanya hehe.

omah dhuwur restaurant

omah dhuwur restaurant

Sesuai dengan namanya yakni dhuwur berarti tinggi, bangunan Omah Dhuwur Restaurant ini memiliki permukaan yang lebih tinggi dari tanah disekitarnya. Tentu pengunjung harus melewati beberapa anak tangga. Bangunan yang ada di Omah Dhuwur Restaurant memiliki kesan megah dan elegan. Pas pertama masuk, kalian akan disajikan dengan indahnya bangunan dengan sentuhan colonial dan tradisional. Ternyata, bangunan Omah Dhuwur Restaurant merupakan bangunan bekas rumah orang kalang. Orang kalang adalah orang kaya yang tinggal di Kotagede. Nggak heran ya jkalau bangunannya mbegitu megah dan mewah.

Omah Dhuwur Restaurant ini menyajikan berbagai menu, yang paling menonjol adalah menu tradisionalnya. Menu menu seperti sop buntul ala omah dhuwur, sate Kotagede, hingga ayam goreng serai dalah menu menu yang sering jadi favorit pengunjung.

omah dhuwur restaurant

omah dhuwur restaurant

omah dhuwur restaurant

Ngomongin soal ayam goreng serai, ini juga merupakan salahsatu menu andalanku di Omah Dhuwur Restaurant. Jadi, ayam oreng serai adalah ayam yang diukep dengan berbagai bumbu rempah dulu sebelum digoreng, jangan tanya soal rasanya, gurih tentu. Ayam goreng serai dibuat dengan daging ayam ditancapi batang serai lalu digoreng dan disajikan. Dagingnya yang empuk bikin susah moveon, bumbunya yang meresap juga enak banget saat dikunyah. Ayam goreng serai disajikan dengan sambal terasi, saus cabai, saus tomat, dan sambal lombok hijau. Uwuuu kurang lengkap apa coba. Coba menu ini deh kalau ke Omah Dhuwur Restaurant, biar ngga penasaran!

Selain ayam goreng serai yang memiliki citarasa yang maknyus di mulut, sate Kotagede juga nggak kalah primadona di Omah Dhuwur Restaurant ini. Sate disajikan denganbahan dasar daging sapi yang udah diolah dengan lezat dan empuk. Disajikan bersama dengan sambal kecap dan sejumlah lalapan bikin sate Kotagede ini makin lengkap. Rasa pedas manis dari sate Kotagede bikin kalian pengen balik lagi untuk nyobain satenya.

Youtube : hariesdesign

Apa lagi sih yang rekomended untuk dicoba? Yak, sop buntut ala Omah Dhuwur Restaurant. Satu porsi sop buntut disajikan dengan beberapa potongan buntut sapi. Mm yang bikin puas adalah potongan dagingnya yang cukup besar. Buntut imasak di kaldu ayam dengan tambahan sayur dan bumbu rempah lainnya. Kuahnya seger dan gurih, cocok banget kalau dimakan bareng daging buntutnya yang besar dan empuk. Slurppppp…. Menyeruput kuah dan sepotong daging buntut rasanya niqmat banget haha.

Nggak hanya makanannya yang unik dan tradisional, minuman yang ditawarkanpun tak kalah unik. Ada wedang lombok. Nahloh? Udah pernah ngerasain belum minuman dengan citarasa pedas? Kalau aku sih takut dan ngga tertarik buat nyobain wkwk. Minuman lain yang tersedia adalah wedang kapulaga, es jambu selarong, dan masih banyak lagi.

Dengan tempat yang cukup apik dan makanan yang enak, kalian nggak perlu takut mahal. Pengunjung dapat menikmati menu makanan mulai dari harga Rp 15.000,-. Cukup standar bukan? Fasilitasnyapun cukup lengkap mulai dari toko saovernir, meeting room, hingga ruangan ber AC. Mampir sini aja kalau bingung cari resto enak di Yogyakarta!

Opening Hours

11 siang - 10 malam

Gallery (5)

Comments (2)