Semanggi Suroboyo Enak dan Melegenda di Kota Gresik

makanan khas surabaya

Zulfa | Traveler
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
16 Aug 2019


Semanggi Suroboyo Enak dan Melegenda di Kota Gresik
Ada banyak penjual semanggi enak di Gresik, tapi semanggi yang sang satu ini tawarkan semanggi dengan rasa melegenda dan sudah berjualan selama 40 tahun lamanya

Tampilan khas ibu penjual semanggi tidak pernah berubah sejak dulu. Sejak saya kecil hingga dewasa, puluhan tahun berjualan keliling kota Gresik menggunakan baju tradisional Jawa Timur berupa Jarit dan Kebaya. Ibu penjual semanggi berjalan perlahan menyusuri perkampungan sambil menggendong bakul besar dengan selendangnya.

Dari bakul berisi daun semanggi dan tumpukan rempeyek ini tersaji makanan legendaris,Semanggi Surabaya. Semanggi yang berbentuk daun waru di maskot permainan kartu remi ini merupakan jenis tumbuhan paku yang biasanya tumbuh disekitar area tambak. Di area Surabaya, Gresik dan sekitarnya, semanggi dapat dengan mudah kita temukan di daerah sekitar Benowo, daerah tambak, perbatasan antara Gresik dan Surabaya.

pecel semanggi
Banyakpenjual semanggibaik di Surabaya maupun di Gresik. Tapi setelah mencoba beberapa diantaranya, lidah saya lebih cocok menikmati semanggi Ibu yang berjualan di depan pasar Sidomoro Gresik. Beliau biasanya berhenti dan berjualan di depan pasar Sidomoro. Menjelang siang beliau mulai menjajakan semanggi ke perkampungan di sekitarnya. Masuk keluar gang. Dan lewat depan rumah saya setiap hari. Kadang beliau berjualan di area GKB (Gresik Kota Baru).

 Ibu penjual semanggi ini sudah berjualan selama 40 tahun, beliau masih ingat saya sejak masih kecil, remaja dan hingga dewasa. Karena saya pelanggan setia, setiap kali melewati rumah beliau akan berteriak “semangiiiiiii” dengan sauara cukup lantang. Setiap kali membeli semanggi darinya, kami selalu sempatkan bercerita tentang keluarga masing masing.Beliau pernah bercerita, pernah diminta untuk datang ke Jakarta oleh seseorang. Rencananya semanggi akan dihidangkan dalam sebuah acara pernikahan. Karena faktor usia dan kesiapan, beliau menolaknya.

pecel semanggi
Semanggi yang sudah dikukus matang ini dihidangkan dalam sepincuk daun pisang. Kemudian disiram dengan adonan bumbu yang terbuat dariteloatau ketela rambat, kacang dan gula merah yang dihaluskan. Ada juga penjual yang mencampur dengan sedikit petis. Sekilas bumbu semanggi ini mirip denganbumbu pecel.Itulah sebabnya banyak orang menyebutnya sebagaipecel Semanggi.

pecel semanggi

pecel semanggi


Ketika memesan semanggi, Ibupenjual semanggiakan membuat adonan bumbu lebih encer dengan menambahkan air dan juga sambal. Pedesnya bisa disesuaikan sesuai dengan selera pembeli. Selain daun semanggi, penjual biasanya juga menambahkan aneka sayuran lainnya seperti kecambah, daun kangkung, daun pepaya dan bunga turi. Dan disantap bersama dengan rempeyek atau krupuk puli. Satu pincuk pecel semanggi yang dijual Rp. 8000 saja. Dan saya biasanya menambah satu lagi rempeyek lagi. Nambah Rp. 2000 untuk rempeyek.

pecel semanggi

Makanan dengan bahan dasar daunsemanggiyang memiliki cita rasa gurih dan manis ini tak hanya memanjakan lidah juga sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama wanita. Dapat menurunkan panas tubuh, didalam semanggi ditemukan Isovlafon mengandung hormone estrogen yang dapat mengurangi gejala klinis sebelum dan sesudah menopause. Semanggi juga membantu meningkatkan kualitas tulang sehingga terhindar dari osteoporosis. Semanggi juga mengandung steroid sebagai antibakteri, anti inflamasi dan pereda sakit.

pecel semanggi

Kalau berkunjung ke Surabaya atau Gresik jangan lupa mencicipikuliner khas Surabayaini. Untuk KawasanSurabaya penjual semanggibisa ditemuai di taman Bungkul, Gerai semanggi Top Suroboyo yang berada di rumah makan antariksa Jl Diponegoro, Galaxy Mall dan juga Hotel Plaza Surabaya.

 

 

 

 

Opening Hours
Di Depan Pasar Sidomoro Jam 06.00 - 09.00 Setelah Jam 09.000 keliling kampung di sekitar pasar Sidomoro
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.