Nasi Bebek Mropol: Kuliner Istimewa Ngga Harus Mahal

nasi bebek mropol

zero | Sightseeing
Solo, Jawa Tengah, Indonesia | halal
07 Aug 2019


Nasi Bebek Mropol: Kuliner Istimewa Ngga Harus Mahal
Udah lama nggak makan bebek, yang satu ini bikin pengen nambah teruss!

Setelah puas jalan-jalan di Sukoharjo dan mengunjungi Gunung Sepikul, rasanya belum afdol kalo ngga sekalian main ke Solo. Padahal tadinya temenku ngajakin buat ke Jogja sekalian, tapi kejauhan, mending ke Solo aja. Setelah muter-muter kota Solo dan sempet berfoto di beberapa landmark khas Solo, akhirnya kami mutusin buat makan. Kata temenku ini di Solo ada nasi bebek yang enak banget, wah sebagai penggemar bebek aku merasa harus banget nyobainnya. Warung bebek ini bernama Bebek Mropol.

Saat pertama kali dengan namanya, cukup unik dan udah penasaran banget bakal seperti apa tampilan dan rasanya. Langsung aja kami meluncur ke Jalan Yosodipuro, Mangkubumen, Kota Surakarta. Lokasi warung bebek ini ada di tengah kota Solo guys, jadi gampang banget buat dijangkau. 

Video by jony rahardja

Jadi lokasi warung bebek ini ada di dekat SMA Muhammadiyah 2 Surakarta, jaraknya mungkin sekitar 85 meter ke timur dari sekolah tersebut. Selain itu, warung ini juga deket sama Hotel Red Planet Solo, sekitar 200 meteran aja dan bisa ditempuh dengan jalan kaki. Warung ini juga deket sama Solo Paragon Mall yang jaraknya sekitar 650 meteran.

Warung Bebek Mropol ini sederhana sekali dan bisa dibilang warung kaki lima. Lokasinya di pinggir jalan dan menempati trotoar didepan toko. Suasana saat itu cukup ramai guys, tapi katanya sih emang warung ini ngga pernah sepi pengunjung. Saat pertama kali datang, kami langsung pilih dan pesen menu yang diinginkan, membayar dan pilih tempat duduk. Tempat makannya ada area meja dan kursi ada juga yang lesehan, udah disediakan tikarnya lho. 

nasi bebek mropol

Warung Bebek Mropol ini punya banyak menu masakan bebek dan ayam. Mulai dari Nasi Bebek Mropol, Nasi Ayam Mropol, Nasi Bebek Blondo, Nasi Bebek Kremes dimana semua menu itu adalah pakeran yang termasuk minuman dan nasi. Selain itu juga ada pilihan bebek goreng dan ayam goreng biasa yang ngga paketan. Ngga cuma ada makanan berat, mereka juga menyajikan camilan atau lauk pendamping seperti tahu, tempe, terong dan pete.

Aku dan temenku sepakat buat pesen Nasi Bebek Mropol dengan harga Rp 15.000 per porsinya. Dengan harga segini, kita udah dapet bebek, nasi dan es teh sebagai minumannya. Murah banget kan?

Seporsi Nasi Bebek Mropol ini disajikan dengan sederhana dan khas, cukup menggunakan kertas minyak dan ada alas daun pisang diatasnya. Nama ‘Mropol’ sendiri berarti potongan, maksudnya adalah daging bebeknya ini disajikan dalam potongan-potongan kecil. Jadi seporsi Nasi Bebek Mropol ini ada nasi putih, potongan daging bebek, lalapan yang berupa timun dan daun kemangi, lalu sambal dan taburan bawang goreng.

nasi bebek mropol

Overall, rasanya enak banget dan ngga mengecewakan. Daging bebeknya empuk dan gurih banget. Hal yang bikin makin istimewa adalah adanya blondo yang dibuat dari parutan kelapa. Khas dengan teksturnya yang lembut dan basah sehingga punya warna lebih pekat karena dicampur dengan bumbu bebek yang cita rasanya nikmat sekali. Blondo ini punya rasa asin gurih yang kuat, sehingga mantap banget kalo dipadukan dengan sambal dan nasi yang udah ditaburi bawang goreng.

nasi bebek mropol

Nah, kalian yang berencana libura ke Solo, wajib banget cobain kuliner yang satu ini. Kalo kalian males jalan, kalian bisa pesen Nasi Bebek Mropol ini via Go-Food ataupun Grab-Food. Mudah banget kan? Selamat mencoba yaa..

Opening Hours
Buka setiap hari mulai jam 17.00 - 23.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY