Jajan Malam di Blok M? Mampir ke Gulai Tikungan yuk!

kuliner jakarta

Farah | Sightseeing
Jakarta Selatan, Dki Jakarta, Indonesia | halal
06 Aug 2019


Jajan Malam di Blok M? Mampir ke Gulai Tikungan yuk!
Siapa sih yang nggak tau gulai yang satu ini?

Menjelang Hari Raya Idhul Adha begini, kuliner yang berbau daging sapi ataupun kambing memang selalu menjadi incaran. Emang sih, kalo lebaran qurban begini aku biasa kumpul bareng keluarga sambil menyantap makanan khas Idul Adha, seperti gulai misalnya. Nah, karena aku ngga sabaran banget pengen makan gulai, udah lama banget ngga makan gulai soalnya, akhirnya kemarin aku putusin buat makan gulai di warung kesukaan aku yaitu GulTik atau Gulai Tikungan di kawasan Blok M Jakarta Selatan.

Kalian yang doyan banget jajan malem-malem, wajib banget cobain makan di kedai yang satu ini. Lokasinya ada Jalan Mahakam no 28, Jakarta Selatan, ngga jauh dari Blok M Plaza kok guys. 

gulai tikungan blok m

Disebut sebagai gulai tikungan karena emang lokasinya ada di tikungan jalan dan disepanjang jalan itu banyak sekali penjual gulainya. Menu yang disajikan emang cuma gulai guys tapi tempat ini ngga pernah sepi pengunjung lho. Bahkan semakin malam akan semakin rame. Lalu, apa istimewanya?

gulai tikungan blok m

Jujur aja, pertama kali nyoba karena diajakin temen sampe akhirnya keterusan dan aku pengen rekomendasiin ini sama kalian. Ternyata kuliner ini udah ada sejak jaman dulu kala dan bisa dibilang termasuk salah satu kuliner legendaris di Jakarta. Meskipun tempat makannya di pinggiran jalan, tapi penggemarnya cukup banyak. Hal ini menandakan kalo emang rasa gulai ini ngga perlu diragukan lagi.

Yang dijual adalah gulai khas Solo dan udah dijajakan sejak tahun 1983. Gulai ini punya cita rasa daging sapi yang khas karena berbalur dengan wangi rempah-rempah yang menggugah selera. Padahal awalnya aku ngira kalo gulai ini bakalan menggunakan daging kambing, tapi ternyata ngga lho guys. Jadi kalo kalian ngga suka gulai kambing tapi pengen makan gulai, bisa lah makan di Gulai Tikungan ini.

gulai tikungan blok m

Gulai ini terlihat biasa aja guys, mirip lah dengan gulai pada umumnya. Isinya ada nasi putih, kuah gulai, irisan daging sapi dan jeroan serta taburan bawang merah dan kecap. Sederhana sih, tapi siapa sangka kalo cuma seporsi rasanya kurang banget? Disamping itu emang porsinya ngga terlalu banyak. Bahkan menurut aku pun porsinya kurang, apa karena akunya yang terlalu doyan? Wkwkwk..

gulai tikungan blok m

Untuk rasa gulainya enak banget guys, bumbunya pas banget. Aroma daun jeruk, serai dan daun salamnya bener-bener sedap. Daging sapinya juga empuk banget guys. Kombinasi sempurna kalo dimakan barengan sama nasi putih yang hangat.

gulai tikungan blok m

Sebagai pendampingnya kalo dirasa kurang makan daging sapi aja, kalian bisa tambahin sate telur puyuh, sate usus, sate jeroan dan kerupuk biar makannya makin rame.

gulai tikungan blok m

Untuk menikmati seporsi Gulai Tikungan ini kalian cukup merogoh kocek sebesar 10 ribuan aja, kalo mau ditambah pake sate harganya mulai dari 3 ribu per tusuknya. Murah banget kan? Cocok banget Gulai Tikungan ini kalo dijadikan santapan ketika tanggal tua. Hahaha..

Overall, makan disini emang seru banget guys. Selain karena rasa gulainya yang enak, harganya terjangkau dan kita bisa makan sambil melihat lalu lalang kendaraan yang lewat di kawasan ini. Ngga ketinggalan, kalian juga bisa melihat ondel-ondel lewat disini. Cuma kalo berkunjung saat weekend, aku saranin kalian bawa uang receh yang banyak soalnya banyak banget pengamen yang bakal menghampiri. Wajar sih guys, namanya juga lagi kulineran di kaki lima udah pasti bakal banyak pengamen. But it’s okay, it’s all worth!

Youtube by EnjoyAja

Opening Hours
17.00 - 05.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY