Cobain Makan di Warung Luna Maya (Waluma): Kuliner Kekinian dengan Sentuhan Kearifan Lokal

warung luna maya

Victoria | Sightseeing
Jakarta Selatan, Dki Jakarta, Indonesia | halal
01 Aug 2019


Cobain Makan di Warung Luna Maya (Waluma): Kuliner Kekinian dengan Sentuhan Kearifan Lokal
Nyobain makanan artis, siapa takut?

Setelah sekian lama ngga kulineran, akhirnya kemarin aku sempetin buat nulis review kuliner lagi dan posting hari ini. Maklum guys, kerjaan lagi padat banget setelah masuk ajaran baru. Anyway, disela-sela kesibukan, aku sempetin buat mengulas salah satu kuliner punya artis yang baru-baru ini aku coba, yaitu Waluma atau Warung Luna Maya.

Yes, sesuai dengan namanya, Waluma ini dimiliki oleh artis cantik Luna Maya. Sepertinya Luna Maya ikutan arti-artis lainnya yang mulai merambah ke dunia bisnis kuliner. Sebenernya kuliner ini udah ada sejak tahun 2018 lalu, tapi aku nyobain baru-baru ini aja. Semoga ngga kehilangan hype nya ya guys. Hehehe..

Anyway, lokasi Warung Luna Maya ini ada di Jalan Warga no 7, Pejaten, Jakarta Selatan. Tempatnya sih enak dan cozy banget. Meskipun namanya warung, tapi sama sekali ngga terlihat seperti warung. Waluma menggunakan interior dengan gaya yang homey dengan sentuhan furnitur kayu sehingga kesannya elegan. Warung Luna Maya punya dua area, yaitu indoor dan outdoor. Pokoknya tempatnya nyaman banget guys, apalagi kalo buat makan rame-rame bareng temen. 

warung luna maya

Untuk menu makanannya ada beragam guys, campuran antara menu Western, Asia dan Indonesia. Misalnya seperti Char Kwe Tiao Goreng Chicken, Hainan Chicken Rice, Blackpaper Beef Steak dan Chicken Kung Pao. Ngga cuma ada makanan berat aja lho guys, disini juga ada beberapa menu makanan ringan dan cocktail. Untuk harganya sendiri sih cukup terjangkau, kisaran Rp 30.000 sampe Rp 60.000 per porsinya.

Kemaren karena lagi ngga pengen makanan yang ribet, akupun pesen rice bowl nya guys. Rice bowl ini katanya cukup best seller juga, aku pun sempet liat beberapa food vlogger yang mereview menu ini dan katanya enak banget. Lalu, akupun penasaran..

Video by Ken & Grat

Rice Bowl atau nasi putih dengan aneka lauk pauk sebagai topping ini jadi pilihan menu yang cocok banget buat dinikmati saat makan siang. Rice Bowl di Waluma ini menghadirkan aneka sajian ayam dengan berbagai pilihan sambal. Jadi meskipun rice bowl adalah hidangan modern tapi juga tetep ada sensasi kearifan lokalnya.

Kemarin aku nyobain menu rice bowl andalannya, yaitu Rice Bowl Ayam Sambal Matah. Rice bowl Ayam Sambal Matah ini harganya sekitar 30 ribuan. Mangkoknya pake mangkok kertas dengan warna merah terang, ukurannya sih cukup besar dan ada tulisan brand Waluma. 

menu waluma

Seporsi Rice Bowl Ayam Sambal Matah ini terdiri dari nasi putih dengan topping berupa potongan daging ayam yang melimpah, sambal matahnya dicampurkan bersama suwiran ayam yang berwarna merah menggoda. Porsinya lumayan gede, apalagi potongan daging ayamnya cukup besar.

Secara tampilan aja udah cukup menggoda guys, aroma rempahnya yang segar langsung tercium. Pada suapan pertama, rasa sambalnya langsung terasa sangat kuat. Tingkat kepedesannya sih sedang, ngga terlalu pedes tapi lama-lama rasa pedesnya mendominasi dan bikin lidah kebakaran saking pedesnya.

menu warung luna maya

Selain rasa pedes, rice bowl ini juga dominan rasa gurihnya dan bawang merah yang digunakan kayaknya dikit banget. Kalo menurutku sih, rasa matahnya kurang berasa dan sambalnya cenderung mirip sambal bawang. Soalnya beda sama sambal matah pada umumnya yang hanya berupa campuran dari potongan bawang merah, cabe rawit, serai, daun jeruk dan minyak goreng, sambal matah ala Waluma ini diulek jadi semua bahannya tercampur rata.

Meskipun begitu, bumbu dan sambalnya meresap sempurna ke dalam serat daging ayam dan aku masih bisa ngerasain sedikit wangi dari campuran daun jeruk. Cocok banget kalo dipadukan dengan nasi putih.

Nah, buat kalian yang suka makan rice bowl atau pengen nongkrong bareng temen-temen di kawasan Jakarta Selatan, ngga ada salahnya buat mampir ke Warung Luna Maya ini. Rekomended guys!

Opening Hours
Buka setiap hari mulai jam 09.00 - 21.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY