Nasi Gegok Mbah Tumirah: Makanan Khas Trenggalek Yang Wajib Dicoba.

nasi gegok mbah tumirah

albertak | Sightseeing
Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia | halal
24 Jul 2019


Nasi Gegok Mbah Tumirah: Makanan Khas Trenggalek Yang Wajib Dicoba.
Ini nih yang wajib dicoba, tampilannya sih sederhana, tapi rasanya mantuul!

Siapa yang suka banget dengan berbagai olahan makanan Jawa? Kalau ngomongin ragam resep dan masakan, menurutku Jawa punya banyak sekali varian resep ya temen temen. Kalau mau explore sih emang nggak ada habisnya. Seperti aku kali ini. Mumpung lagi ada di Trenggalek, aku mau coba cari kuliner yang khas banget di Trenggalek. Apa ya? 

Setelah tanya temen SMA yang asli sini, akupun nemu satu kuliner yang cukup legendaris katanya. Sederhana sih, tapi nggak tau kalau rasanya, markicob! Kuliner yang aku kunjungi adalah Nasi Gegok Mbah Tumirah. Kalian yang asli trenggalek pasti tahu dong ya sama kuliner yang satu ini. Nasi Gegok Mbah Tumirah berlokasi di Daerah Srabah, Bandungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Bukanya jam 6 pagi sampe jam 6 sore temen temen. Luamayan lah ya, di jam jam sarapan dan makan siang, kalian bisa coba mampir kesini. 

nasi gegok mbah tumirah

nasi gegok mbah tumirah

Karena baru pertama kali mampir dan nggak mau kehabisan, aku dateng sekitar pagi setengah siang. Nasi Gegok Mbah Tumirah ini udah cukup rame waktu itu. Langsung deh sebungkus Nasi Gegok bisa langsung disantap saat itu juga. Oh iya, kalau dilihat dari tepatnya emang masih cukup sederhana banget. Tapi kesederhanaannya itu yang bikin pas kalau sambil menyantap Nasi Gegok. Beda deh suasananya sama makan di resto, lebih nikmat ini nih. 

Satu porsi Nasi Gegok dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Tahu kan kalian gimana aroma khas dari daun pisang jika dimasak? Yang pasti bikin nasi dan lauk yang ada didalemnya jadi makin sedep menurutku. Pensaran nggak sama isian dari satu porsi nasi gegok? 

nasi gegok mbah tumirah

Sangat sederhana, dalam satu porsi nasi yang dibungkus daun pisang, kalian hanya akan mendapatkan isian nasi putih, sambal, dan juga ikan teri. Sesederhana itu broo. Udah lama juga nggak makan beginian, jadi lezat banget. Nasi Gegok Mbah Tumirah juga menyediakan lauk tambahan yang bisa kalian ambil sendiri. Ada tempe tepung dan beberapa gorengan lainnya. 

Kalau kalian beli Nasi Gegok Mbah Tumirah, kalian akan mendapatkan makanan yang panas atau fresh dari dandang besar gitu. Jadi tenang, nggak bakal menyajikan nasi yang dingin dan membosankan kok. Menurut cerita, Nasi Gegok adalah sajian yang dulunya digunakan sebagai bekal orang gunung di jaman dulu. 

Nasi Gegok Mbah Tumirah ini juga udah lama ada. Beliau udah berjualan nasi gegok selama puluhan tahun. Kini, usia Mbah Tumirah udah 70 tahun lebih, tapi masih semangat berjualan dan mampu menyajikan nasi gegok dengan rasa yang lezat. Kalian wajib coba ya kalau ke Trenggalek. 

nasi gegok mbah tumirah

Untuk makan disini, kalian nggak akan mengeluarkan uang lebih dari 20 ribu rupiah kok. Kalau kalian memesan satu porsi nasi gegok, kalian akan dapet 2 bungkus nasi. Mungkin karena ukuran porsinya yang cukup kecil kali ya. Kalau aku kemaren sih dateng pas dalam keadaan laper, jadi pas banget 2 porsi nasi gegok aku santap habis dengan waktu yang nggak lama hihi. kalau ada keluarga di rumah, jangan lupa bungkusin lezatnya Nasi Gegok ini ya.

nasi gegok mbah tumirah

Nasi Gegok Mbah Tumirah ini memiliki tempat yang lumayan luas menurutku. Bisa nampung kurang lebih hingga 20 orang pembeli sekaligus. Makan nasi gegok paling enak kalau makan di tempat sih. Yuk kalian bisa cobain kapan kapan. Kuat ngga sih makan 2 bungkus kayak aku? hehe silahkan coba sendiri yaaa.

Opening Hours
6 pagi - 6 sore
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.