olive | Sightseeing
Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia | halal
13 Nov 2018


Coto Nusantara, Kuliner Legendaris Makassar Kaya Rempah
Coto Nusantara yang meiliki rasa rempah khas Makassar ini memang memanjakan lidah!

Masih seputaran kunjungan saya ke Makassar bulan lalu, selama disana bisa dibilang saya hampir selalu makan Coto. Beberapa waktu yang lalu, saya sempat mengulas tentang kelezatan Coto Paraikatte yang cukup terkenal di Makassar, kali ini saya mau mengulas tentang Coto Makassar. Mungkin di Makassar kalian bisa banyak nemuin penjual Coto di sekitaran kotanya, namun diantara banyaknya penjual coto tersebut, hanya ada beberapa saja yang paling recommended untuk dicoba.

Berdasarkan rekomendasi salah satu sodara saya, saya pun pergi menuju ke salah satu warung coto Makassar yang cukup legendaris di kota ini, yaitu Coto Nusantara. Sesuai namanya, Coto Nusantara ini beralamatkan di Jalan Nusantara no 32, Makassar atau tepatnya didepan terminal peti kemas Pelabuhan Sekarno - Hatta Makassar. Tapi ternyata rumah makan ini juga udah buka cabang di Jalan Merpati Ruko 2 dan 3 tepatnya di belakang Bank Sulsel. Kalian bisa pilih salah satu saja mau dateng ke cabang yang mana. 

coto nusantara makassar

Mungkin kalian masih bingung apa bedanya Coto Makassar dengan Coto Paraikatte, saya sudah sempat membahasnya di review yang lalu. Dan setelah mencoba keduanya, menurut saya sih kedua kuliner ini wajib kalian coba kalo lagi traveling ke Makassar karena dua-duanya sama-sama enak. Ohya, sedikit info nih guys, Coto ini ternyata makanan khas Makassar yang merupakan perpaduan budaya sejumlah daerah, yaitu budaya China, Arab dan Indonesia Bagian Timur lho. 

coto nusantara makassar

Anyway, warung ini cukup legendari karena sudah buka sejak tahun 70an dan masih eksis hingga saat ini. Tak heran kalau rumah makan ini menjadi langganan para pejabat dan menteri yang sedang berkunjung ke Makassar. Kuliner ini menjadi favorit semua kalangan dan semua usia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Rumah Makan ini menjadi favorit karena dagingnya terkenal sangat empuk dan kuahnya kaya akan rempah. Coto ini bisa dibilang berbeda dengan coto lainnya karena bahan yang digunakan merupakan bahan lokal dengan berbagai macam rempah sehingga aroma dan rasa dari coto ini sangat khas dan otentik. Kuah coto ini kental banget dan potongan dagingnya cukup besar, nikmatnya lagi disini kalian bisa menambahkan extra daun bawang dan bawang goreng yang disajikan di piring terpisah. 

coto nusantara makassar

Untuk menikmati kelezatan Coto Nusantara ini, kalian ngga perlu khawatir untuk masalah harga. Bisa dibilang harga dari coto ini cukup ekonomis, yaitu sekitar Rp 20.000 aja per porsinya. Agar lebih kenyang, jangan lupa buat nambahin ketupat dengan harga Rp 1000 per ketupatnya. Cukup keluarin uang sekitar Rp 25.000an aja kalian udah bisa ningkmati kelezatan Coto Nusantara ini plus minumnya.

coto nusantara makassar

Rumah makan Coto Nusantara ini buka setiap hari mulai pukul 06.30 - 18.00 WITA. Saran saya, kalo kalian pengen cobain coto disini jangan dateng setelah makan siang, karena biasanya udah habis sebelum jam tutupnya. Rumah makan ini kerap diserbu oleh pengunjung saat makan siang sehingga selepas makan siang biasanya cotonya udah abis. Jadi, mending kalian dateng pas pagi hari biar ngga kehabisan. Jadi lumayan sarapan coto di pagi hari bikin semangat buat beraktivitas seharian. 

coto nusantara makassar

Buat kalian yang mager banget buat jalan kesini, saya saranin buat kalian pesen coto ini di Go-Food karena udah tersedia disana. Jadi ngga perlu ribet antri, kalian bisa nikmati lezatnya Coto Nusantara ini deh. Gimana? Penasaran kan sama lezatnya Coto Nusantara ini? Buruan yuk dateng ke Jalan Nusantara no 32, Makassar :)

Video by Vandy August Life

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY