Nasi Telur Ayong 999: Nasi Putih Pake Telur yang Rasanya Enak Banget!

nasi telur ayong 999

renitanaka | Sightseeing
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia | halal
18 Jul 2019


Nasi Telur Ayong 999: Nasi Putih Pake Telur yang Rasanya Enak Banget!
nasi putih pake telur aja udah jadi kenikmatan yang hqq

Kalo ngomongin soal kuliner kota Pontianak emang ngga akan pernah ada habisnya ya guys. Apalagi Pontianak dikenal dengan kulinernya yang unik-unik. Beberapa yang udah pernah aku ulas antara lain, Bubur Pedas Pa Ngah, Sate Melayu, Choi Pan dan Pengkang. Nah, kali ini aku mau mengulas kuliner yang sebenernya biasa aja tapi belakangan jadi viral banget, yaitu Nasi Telur Ayong 999.

Video by Nex Carlos

Bisa dibilang Nasi Telur Ayong ini salah satu street food Pontianak yang rame banget pengunjungnya. Lokasinya ada di Jalan Gajahmada, tepatnya di gang Hajah Mada no 15.  atau kalo pengen gampang carinya, kalian tinggal cari aja gang di sebelah Hotel Gajah Mada atau Supermarket Ligo Mitra. Tempatnya sih cukup sempit, ngga terlalu besar plus pembelinya rame banget. Bisa dibayangin dong gimana rasanya, pasti enak banget soalnya sampe banyak orang rela ngantri.

Sebelum aku bahas soal makanannya, aku mau bahas restorannya dulu nih. Restoran Ayong 999 ini ternyata cukup legendaris lho guys soalnya udah buka sejak pertengahan tahun 1995. Dulu lokasinya ada di depan gang, tepatnya di tempat yang menjadi Ligo Mitra Bakery sekarang. 

lokasi nasi telur ayong 999

Penamaan 999 ini juga cukup unik ternyata guys. Jadi, dulunya restoran ini ngga ada namanya, pengunjung yang datang hanya ingat tempat dan juru masaknya aja guys. Nama 999 ini mulai diperkenalkan pada pengunjung pada tahun 2007 saat penjual nasi telur ini mulai pindah ke dalam gang. 

999 sendiri dipilih oleh pemilik tempat makan ini diambil dari merek obat maag 999 yang saat itu cukup terkenal dan sering diiklankan di channel Parabola. Kalo kalian generasi 90an, pasti ngga asing dengan parabola dong ya. Alat pemancar dan penerima channel siaran TV ini beken banget dulu karena internet masih belum seperti sekarang. Sementara nama Ayong diambil dari nama anak pertama pemilik warung ini. Jadilah Nasi Ayong 999.

Oke, lalu aku langsung pesen nasi telurnya yang viral itu guys. Nasi Telur ini literally nasi putih pake telur mata sapi diatasnya. Kok bisa rame banget? Nah itu juga yang aku ngga ngerti. Tapi emang cita rasanya beda banget sama bikinan aku di rumah. Ngga tau kenapa ya. Mungkin karena juru masaknya udah handal banget, makanya kalo masak telur ceplok aja udah bisa enak banget.

nasi telur ayong 999

Nasi telur yang disajikan ini aromanya wangi banget guys dikarenakan nasinya udah digoreng dulu menggunakan minyak bawang yang cukup banyak sehingga nasi telurnya sedikit basah. Untuk telurnya, kalian bisa request sesuai selera mau yang digoreng matang ataupun setengah matang. Kalo favorit aku sih telur yang setengah matang dong pastinya.

nasi telur ayong 999

Rasanya? Ngga usah ditanya lagi guys, rasa asin, gurih, aroma minyak bawang semuanya bercampur menjadi satu dimulut. Apalagi kuning telur setengah matangnya guys, mantap banget emang!

Selain nasi telur, menu lain yang bisa kalian pesen, seperti nasi goreng, kwetiaw goreng, cah tauge sawi atau cah sayuran. Jadi kalo dirasa nasi telur aja masih kurang, kalian bisa tambahin pake cah sayuran yang rasanya juga ngga kalah enak.

menu nasi telur ayong 999

Untuk menikmati lezatnya nasi telur ceplok ini kalian ngga perlu merogoh kocek dalam-dalam guys, seporsi nasi telur ini harganya Rp 8.000 aja dan kalo kalian mau nambah pake telur lagi, kalian cukup nambah Rp 4.000. Trus kalo kalian pengen nambah pake sayuran harganya juga cuma Rp 8.000 per porsinya. Murah banget kan? Makanya, kalo main ke Pontianak jangan lupa mampir ya guys.

Opening Hours
Buka setiap hari mulai jam 16.00 - 23.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY