Habis Dalam 2 Jam! Sate Ayam Pak Amat Tulangan, Sate Ayam Legendaris Jogja

sate ayam pak amat tulangan

nur | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
16 Jul 2019


Habis Dalam 2 Jam! Sate Ayam Pak Amat Tulangan, Sate Ayam Legendaris Jogja
Sate recomended di Yogyakarta nih, wajib cobaa!

Mumpung masih liburan kuliah, jalan-jalan sambil kulineran lah. Di Jogja, banyak banget kuliner favorit aku guys, misalnya aja seperti Tongseng, Lotek, Pecel dan Wedang Bajigur. Selain makanan dan minuman yang aku sebutin tadi, ada lagi kuliner mainstream favorit aku di Jogja yaitu Sate Ayam Tukangan.

Kalian yang udah lama di Jogja pasti ngga asing lagi ya sama kuliner yang satu ini, soalnya emang udah legendaris banget guys. Aku pribadi udah sering banget makan disini, tapi baru kali ini nih aku pengen mereview dan merekomendasiin ke kalian, jadi biar kalian cobain juga lezatnya sate ini.

Dikenal sebagai Sate Ayam Tukangan karena lokasinya ada di Jalan Tukangan, Danurejan, Kota Jogja. Sebenernya ngga susah kok guys buat nyari lokasi sate ini, meskipun lokasinya ada di emperan toko dan hanya ada gerobak sate. Pembeli yang rela ngantri buat menikmati seporsi sate ayam inilah yang bikin dengan sangat mudahnya kalian menemukan penjual satenya. Rame banget guys pokoknya, pembelinya pun pada rela buat mengular di sepanjang trotoar ini.

lokasi sate ayam pak amat tulangan

Adalah Cak Amat yang menjual sate ini dan menu yang dijual cuma satu, yaitu sate ayam khas Madura. Udah pada tahu dong ya kalo Sate Madura itu bumbunya terkenal enak banget. Untuk itu, sate ini akan ludes hanya dalam hitungan 2 jam aja. Nah, agar ngga kehabisan aku biasanya udah nungguin dari sebelum penjual sate ini menjual lapaknya. Jadi penjualnya mulai menjajakan jualannya sekitar jam 5 sore, jadi jam setengah 5 sore aku udah nungguin disana guys, kalo ngga gitu bakal kehabisan.

sate ayam pak amat tulangan

Ngga kehabisan gimana guys soalnya kadang udah ada beberapa orang yang memesannya terlebih dahulu, jadi yang tersisa untuk penjual cuma tinggal beberapa yang kayaknya ngga bakal cukup juga buat orang-orang yang udah ngantri segini banyak.

sate ayam pak amat tulangan

Oke, aku langsung mereview satenya aja ya guys! Seporsi sate ayam ini harganya sekitar 20 ribuan dan terdiri dari 10 tusuk sate dengan bumbu yang melimpah. Kalian bisa nambahin potongan lontong lagi kalo suka, aku sih biasanya suka tambah pake lontong biar makin kenyang. Penyajian sate ini pun pake daun pisang yang dilapisi dengan kertas nasi yang dimodel pincuk.

sate ayam pak amat tulangan

 Menurut aku, sate ayam ini dimasak dengan tingkat kematangan yang pas jadi tekstur daging ayamnya pun ngga terasa alot ataupun lembek. Tekstur luarnya belum terlalu gosong dan masih lembut banget, berpadu dengan dagingnya yang terasa juicy. Pokoknya masih gampang dikunyahlah meskipun oleh orang tua ataupun anak kecil. 

sate ayam pak amat tulangan

Sate ayam yang lezat ini makin nikmat lagi kalo dipadukan dengan bumbu kacangnya yang menurutku super mantap. Bumbu kacang ini rasanya ngga terlalu manis dan cenderung gurih. Ngga lupa mereka juga menambahkan potongan bawang merah segar dan sambal kalo suka. Biasanya, kalo satenya udah abis dan bumbunya masih bersisa, aku suka nambahin pake lontong aja buat menghabiskan bumbu kacangnya. Enak banget soalnya guys. 

Gimana nih guys? Pengen banget kan cobain lezatnya Sate Tukangan ini? Kalian kalo main ke Jogja, wajib banget buat mampir dan cobain langsung lezatnya sate ini. Jangan lupa, kalo mau makan disini, jangan dateng kesorean biar ngga kehabisan dan kalian harus ekstra sabar buat mengantri. Tapi itu semua worth it kok guys! Oke, selamat mencoba..

Video by BuleKulineran

Opening Hours
17.00 - habis
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY