Penasaran Sama Uniknya Nasi Pindang Sapi Khas Semarang? Cobain di Nasi Pindang Sapi Gajahmada!

kuliner enak di semarang

nur | Sightseeing
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia | halal
02 Jul 2019


Penasaran Sama Uniknya Nasi Pindang Sapi Khas Semarang? Cobain di Nasi Pindang Sapi Gajahmada!
Yang khas dan nggak boleh dilewatkan dari Semarang

Beberapa lalu aku barusan ada acara di Semarang. Dan kalau lagi di Semarang gini aku punya salah satu langganan makanan yang enak yaitu nasi pindang sapi. Mungkin buat kalian yang nggak pernah dengar atau makan makanan satu ini bakalan bingung. Pindang sapi gimana ya rasanya? So baca terus review aku sampai habis!

kuliner enak di semarang
Sebenernya di Semarang sendiri ada banyak penjual pindang sapi, nggak hanya satu atau dua melainkan ada beberapa. Karena emang makan satu ini ramai disini. Meskipun awalnya makanan ini berasal dari kudus entah mengapa juga populer di Semarang ini. Yang menjadi langganan aku ini adalah Pindang Sapi Gajahmada.

kuliner enak di semarang
Sesuai dengan namanya, lokasi dari tempat makan ini berada di tengah kota tepatnya di Jl. Gajahmada No. 98B, Semarang. Begitu sampai kalian akan melihat kalau tempatnya sederahana saja mirip depot simple gitu. Ditengahnya atau tepat di pintu masuknya kalian akan melihat kuwali lengkap dengan pikulannya yang mengeluarkan asap mengepul. Tenang, tapi penjual ini jualannya stay kok dia nggak keliling meskipun ada pikulannya hehehe. Tapi dulu katanya kakek dari penjual nasi pindang sapi yang sekarang ini sudah memulai jualannya sejak tahun 1987 dengan cara dipikul berkeliling. Wah sudah cukup lama juga ya, pasti resep yang digunakan turun temurun!

nasi pindang sapi
Buat kalian yang masih mengira-ngira apa itu pindang sapi, jadi ini salah satu makanan berkuah yang tentu saja menggunakan campuran daging sapi didalamnya. Untuk kuahnya ini warnanya sedikit hitam keruh karena menggunakan kluwek seperti rawon namun takarannya tidak sebanyak dalam rawon. Kalau bumbu dasarnya tetap sama menggunakan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, dan bumbu-bumbu lainnya. Oiya kuah ini dimasak menggunakan santan dan didalamnya ada daun so atau daun melinjonya. Emang kalau belum pernah makan terdengar sedikit aneh karena nasi pindang sapi ini mirip rawon dan mirip nasi gandul.

nasi pindang sapi
Pindang Sapi Gajahmada ini setiap harinya selalu ramai pengunjung jadi kalau mau datang jangan pas jam-jam makan siang ya guys biar bisa dapet duduk. Begitu sampai kalian bisa langsung duduk dan memesan makanan. Selain menjual pindang sapi disini juga menjual sop sapi, jadi kalian juga bisa mencoba menu sopnya. Kalau aku pasi pesen pindang sapinya. Yang bikin seneng disini piringnya diberi alas daun pisang mirip nasi gandul.

nasi pindang sapi
Untuk satu porsi nasi pindang sapi disini tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit, bisa dibilang pas. Kalian bisa tambah lauk lain seperti paru, babat, usus, telor, perkedel, dan lain-lain. Kalau aku paling suka tambah telur dan paru. Pertama incipi kuahnya kalian akan merasakna rempahnya yang nikmat dan santannya yang tidak terlalu kental. Daun so-nya menambah tekstur tersendiri saat dikunyah. Daging sapinya lembut dan nggak alot sama sekali. Paling enak ditambah dengan sedikit kecap sama sambel biar rasanya makin mantab! Selanjutnya baru deh ditambah paru dan telor yang tadi, rasanya makin nikmaatt banget!

nasi pindang sapi
Untuk harga makanan disini bisa dibilang murah per orang < 50.000 saja. Tempatnya meskipun kecil tapi nyaman. Dan rasa makannya enak dan cocok banget di lidah aku! Jadi buat kalian yang di Semarang dan mau nyobain makanan enak dan murah khas Semarang aku sarananin kalian datang ke Pindang Sapi Gajahmada karena pasti bikin kalian kangen! *kayak aku*

Opening Hours
06:00 - 22:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY