Martabak Piring Medan, Jajanan Unik yang Legendaris

martabak piring medan

luna | Sightseeing
Medan, Sumatera Utara, Indonesia | halal
24 Jun 2019


Martabak Piring Medan, Jajanan Unik yang Legendaris
Nggak cuma unik, enak juga rasanya!

Siapa nih yang suka banget makan Martabak? Tos dulu dong guys soalnya kita samaan! Martabak adalah salah satu jajanan kaki lima yang banyak banget fansnya di Indonesia. Penjual martabak biasanya mulai menjajakan makanannya mulai sore hingga malam hari. Ngga heran kalo kuliner yang satu ini sering disebut sebagai kuliner malam. Martabak sendiri ada dua jenis, yaitu martabak asin atau martabak telur dan martabak manis atau terang bulan. Kedua jenis martabak ini sama-sama punya porsi yang ngga bisa dihabisin sendirian guys, jadi harus sharing dengan keluarga atau teman-teman. Di Medan sendiri, ada sebuah tempat favorit aku untuk membeli martabak dan aku ngga mau menyimpan sendirian, aku pengen merekomendasiin kuliner ini juga ke kalian. Namanya adalah Martabak Piring.

martabak piring medan

Martabak Piring ini merupakan jenis martabak manis ya guys, jadi dibuatnya menggunakan campuran bahan telur, tepung, mentega, gula dan garam. Sama sih seperti martabak manis pada umumnya. Lalu, istimewanya apa?

Sesuai dengan namanya, martabak piring dibuat dengan menggunakan piring untuk memanggangnya, bukan pake loyang besi seperti martabak manis pada umumnya. Piring yang digunakan untuk memanggang adalah piring enamel atau kaleng yang tahan panas jadi ngga bakal pecah meskipun terpanggang. Kuliner ini emang udah terkenal banget di Medan guys, gimana ngga terkenal karena emang rasanya enak banget.

martabak piring medan

Proses pengolahan Martabak Piring ini hampir sama dengan martabak manis pada umumnya. Adonan tepung tadi dicetak dengan cetakan piring yang berdiameter 20 cm lalu dipanggang diatas arang sehingga aromanya beda dan khas. Apalagi nih guys, penyajiannya menggunakan alas daun pisang. Ngga hanya unsur tradisionalnya yang berasa, tapi aromanya juga wangi.

martabak piring medan

Tempat favorit aku untuk membeli Martabak Piring ini adalah Martabak Piring Murni. Lokasinya ada di Jalan Tjong Yong Hian no 43, Pasar Baru, Medan. Martabak Piring Murni ini bisa dibilang cukup legendaris karena udah dirintis sejak tahun 1974 dan udah dikelola secara turun temurun hingga beberapa generasi. Meskipun begitu, cita rasanya sama sekali ngga berubah lho guys. Cita rasa yang dimiliki adalah martabak manis yang klasik dengan beberapa pilihan topping saja yaitu cokelat, kacang dan keju. 

martabak piring medan

Disini juga kita diberikan dua pilihan tekstur martabaknya, ada tebal dan tipis. Kalo martabak yang tipis rasanya lebih garing, kalo yang tebal rasanya lebih moist.

martabak piring medan

Favorit aku adalah ketiga rasa itu dengan tekstur yang tebal karena aku suka pas digigit akan terasa lebih moist. Bener-bener lembut dimulut guys dan yang paling aku suka adalah aromanya yang khas dan cenderung lebih wangi. Efek dari penggunaan arang dan daun pisangnya sih sepertinya. Tradisional tapi bener-bener lezat!

martabak piring medan

Ohya, untuk harganya sendiri ngga mahal-mahal banget kok guys, mulai dari Rp 4.000 hingga Rp 7.500 per porsinya. Harga yang menurut aku murah banget kalo mengingat cita rasanya yang super lezat dan otentik. Kalo beli disini, aku ngga pernah beli dibawah 10 buah, selalu diatas sepuluh buah guys. 

martabak piring medan

Apalagi pas kumpul lebaran kemaren, setelah jalan-jalan ke Bukit Holbung, kita langsung rame-rame ngantri buat beli Martabak Piring ini guys dan semua keluarga aku suka banget sama martabak ini sata pertama kali mencobanya. Makanya, aku juga mau merekomendasiin kuliner ini ke kalian buat cobain. Kalo main ke Medan, jangan lupa mampir dan cobain langsung lezatnya Martabak Piring Murni ini ya guys!

Youtube by TRANS7 OFFICIAL

Opening Hours
17.30 - 23.30
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.