Colok Gembrung, Sajian Khas Ciamis Dengan Cita Rasa Gurih Manis

kuliner enak di ciamis

bozerwin | Sightseeing
Ciamis, Jawa Barat, Indonesia | halal
18 Jun 2019


Colok Gembrung, Sajian Khas Ciamis Dengan Cita Rasa Gurih Manis
Apa sih colok gembrung? Simak sampe habis yaa kalo penasaran

Hai guys? Gimana nih libur lebarannya? Menyenangkan? Pastinya menyenangkan dong kalo hari libur bisa kumpul-kumpul bareng keluarga besar. Gue mau sedikit share cerita libur lebaran gue nih guys. Jadi, selain mudik ke Garut, gue juga pergi ke Ciamis dimana keluarga besar nyokap gue tinggal. Disana ngga banyak wisata yang bisa gue explore karena keterbatasan waktu juga sih, kebanyakan acara keluarga gitu. Hahaha, so gue putusin buat cicipin kulinernya nih. Berhubung gue udah lama ngga maen ke Ciamis, salah satu sodara gue pun ngajakin buat berwisata kuliner dan salah satu kuliner yang paling gue demen adalah Colok Gembrung.

Sebenernya ngga susah buat nemuin Colok Gembrung ini guys, tapi ngga semua tempat di Ciamis ada. Kalian bisa menemukannya di pedagang kaki lima, di pasar, penjual sayur, warung-warung kecil hingga kantin sekolah. Kalo kalian perginya ke restoran besar, kuliner ini cukup susah ditemukan. 

Untungnya, sodara gue paham betul dimana harus menemukan kuliner khas ini. Jadilah gue diajak ke sekitaran Alun-alun Ciamis dimana setiap Minggunya ada pasar dadakan di parkiran sirkuit BMX Ciamis.

kuliner enak di ciamis

Buat kalian yang mungkin belom familiar dengan kuliner yang satu ini, gue bakal jelasin sedikit. Colok Gembrung adalah kulit sapi yang dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dengan lidi seperti sate gitu guys. Kalo menurut pedagangnya sih ‘colok’ adalah bahasa Sunda yang punya arti tusuk. Sedangkan ‘gembrung’ artinya bunyi atau yang keluar dari alat musik berbahan kulit seperti beduk. Ada juga yang mengartikan ‘gembrung’ atau ‘gembrong’ ini berkumpul, hal ini dikarenakan kulit sapi itu penuh dilumuri oleh bumbu olahan galendo. 

kuliner enak di ciamis
Selain disebeut sebagai Colok Gembrung, makanan ini juga disebut sebagai Sate Jepret atau Sate Kikil. Nah, kalo gini pasti udah pada familiar kan sama kuliner yang satu ini?

kuliner enak di ciamis

Proses pengolahan colok gembrong ini hampir sama dengan sate kikil pada umumnya. Kulit sapi sebagai bahan utamanya direbus kemudian dipotong-potong kemudian ditusuk dengan lidi kelapa seperti sate. Setelah itu kulit sapi ini dilumuri bumbu khas Ciamis yaitu galendo. Galendo ini adalah ampas kelapa yang didapat dari proses pembuatan minyak kelapa. Ampasnya berwarna cokelat dan rasanya gurih dengan aroma khas wangi kelapa. Biasanya kalo di Jawa Tengah ini dinamai Blondo.

colok gembrung

Colok Gembrung ini punya cita rasa yang gurih dan manis guys, hal ini berasal dari gumbu galendonya tadi. Pas dimakan, teksturnya sedikit kenyal tapi rasanya nikmat banget. Biasanya Colok Gembrung ini dinikmati sebagai camilan atau bisa juga dimakan dengan ketupat lebaran dan nasi putih. Pas banget, karena ini suasana lebaran gue pun cobainnya pake ketupat lebaran biar makin kenyang.

colok gembrung

Harga yang dipatok juga murah banget kok guys, seporsi sih biasanya berisi 10 tusuk colo gembrung dengan harga kisaran Rp 5.000 sampa Rp 10.000 aja. Kalo musim lebaran gini, biasanya pembeli banyak banget yang cari Colok Gembrong ini guys, ngga heran kalo penjualnya bisa menghabiskan 1000 hingga 2000 tusuk per harinya.

colok gembrung

Overall, gue suka banget sama makanan ini. Rasanya bikin gue kangen sama Ciamis. Pastinya kalo gue main ke Ciamis lagi gue pasti cobain kuliner ini lagi. Nah, kalo kalian main ke Ciamis jangan lupa buat jalan-jalan ke Alun-alunnya dan cobain langsung lezatnya Colok Gembrong ini ya guys.

colok gembrung


SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY