Warung Kopi Phoenam, Coffee Shop Legendaris Paling Laris Manis

warung kopi phoenam

olive | Sightseeing
Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia | halal
17 Jun 2019


Warung Kopi Phoenam, Coffee Shop Legendaris Paling Laris Manis
Legendaris banget, cocok buat kalian yang pengen nongkrong tenang!

Glad to be back in Makassar! Liburan kemaren saya mudik nih ke Makassar buat ngunjungin beberapa saudara disana. Sekitar dua bulan lalu saya udah sempet mudik kesana sih, tapi kali ini mudiknya bisa lebih lama. Anyway, saya sempat mencoba nongkrong seru ala anak muda Makassar di Cafe Urbanistbox. Kemaren, saudara saya ngajak nongkrong lagi tapi bukan di tempat asyik ala anak muda melainkan di cafe legendaris. Meskipun begitu, bukan berarti tempat ini ngga seru ya guys. Cafe ini bernama Phoenam, gimana? Anak Makassar pasti udah tau kan?

Sebenernya tempat ini lebih tepat kalo disebut sebagai coffee shop alias warung kopi guys. Warung kopi ini dibilang legend karena udah berdiri sejak tahun 1946 atau setahun setelah kemerdekaan Indonesia. Saat pertama kali didirikan, lokasi coffee shop ini ada di Jalan Nusantara namun pada tahun 1994 pindah ke Jalan Ampea no 5E hingga saat ini. Warung kopi ini memang terlihat sederhana, tapi pengunjungnya ngga kalah banyak sama warung kopi kekinian.

warung kopi phoenam

Pendiri warung kopi ini adalah Liong Thay Hiong yang didampingi oleh dua orang kerabat dekat dan seorang pamannya yang bernama Prof Dr Tae Pen Liong. Penerusnya yang juga generasi kedua kini masih tetap konsisten terhadap cara meracik kopi dengan cara tradisional.

Nama Phoenam berasal dari bahasa Mandarin yang artinya terminal atau tempat transit di selatan. Nama ini sudah dipatenkan sejak tahun 2006 jadi kalo kalian menemukan warung kopi yang menggunakan nama ini, pasti ada kaitannya dengan Warung Kopi Phoenam yang berpusat di Jalan Jampea ini.

Karena namanya warung kopi, menu yang disajikan udah pasti kopi dong guys. Tapi seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kopi yang disajikan disini penyajiannya masih menggunakan teknik yang tradisional. Jadi ini yang membuatnya semakin menarik dimata pengunjung. Selain kopi, ada menu makanan seperti beragam varian Roti Bakar dengan kaya Phoenam, mentega, telur, keju, kornet, cokelat, kacang, tuna, nanas dan strawberry. Selain roti disini juga ada roti goreng mie goreng, mie rebus dan pisang goreng.

Saat kunjungan saya kemaren, saya memesan beberapa menu antara lain Kopi Susu (it’s a must), pisang goreng dan roti bakar strawberry. Untuk harga, cukup terjangkau sih guys kisaran Rp 15.000 - Rp 20.000. Harga ini akan beda kalo kalian memilih untuk menikmatinya di ruangan berAC.

Oiya, kopi susu yang saya pesan kemarin disajikan dengan permukaan frothy alias berbuih. Hal ini wajar aja guys karena memang jadi ciri khas kopi tarik. Rasa kopinya enak, ngga terlalu manis tapi juga ngga terlalu pahit. 

warung kopi phoenam

Untuk pisang gorengnya sih sama seperti pisang Makassar biasanya yang pisangnya digoreng tanpa tepung terus dipakein susu. Jadi rasanya manis gurih.

warung kopi phoenam

Lalu terakhir ada roti bakar strawberry. Sebenernya saya sudah cukup kenyang dengan makan pisang gorengnya tadi, tapi saya tetap berusaha menghabiskannya. Porsi roti bakar ini lumayan besar menurut saya, tapi tekstur rotinya cukup fluffy dan selai strawberrynya cukup enak.

warung kopi phoenam

Menurut saya, kedua menu makanan yang saya pesan ini cocok sekali sebagai pendamping kopi susu tarik tadi. Apalagi kalo ngopinya bareng sama orang terdekat, rasanya makin seru deh. Satu hal yang paling bikin saya kagum soal warung kopi ini adalah mereka masih mempertahankan sejarah, hal ini sangat terasa ketika memasuki warung kopi ini yang katanya sama sekali ngga berubah sejak dulu, terlebih lagi proses pembuatan kopinya yang dilakukan secara manual sehingga membuat rasa kopi ini sama sekali tidak berubah. 

Buat kalian yang ada agenda berkunjung ke Makassar, jangan lupa buat mampir ke Warung Kopi Phoenam ini ya guys. Warungnya buka setiap hari mulai jam 05.30 pagi sampe jam 19.00 malam. Selamat mencoba..

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY