Soto Seger Hj Fatimah: Sarapan Dengan Menu Khas Boyolali Yang Legendaris

soto seger hj fatimah

jimmy | Sightseeing
Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia | halal
14 Jun 2019


Soto Seger Hj Fatimah: Sarapan Dengan Menu Khas Boyolali Yang Legendaris
Sesuai dengan namanya, beneran seger!

Kalo kemarennya aku share kuliner Surabaya favorit aku, yaitu Rujak Cingur, kali ini aku mau share Kuliner yang ngga kalah lezat dari Rujak Cingur yaitu Soto Segeer Khas Boyolali. Jadi ceritanya setelah dari Surabaya, aku nyusulin keluargaku yang udah pada mudik ke Boyolali. Udah lumayan lama juga aku ngga main ke Boyolali, meskipun sebenernya jaraknya ngga jauh-jauh banget dari Semarang. Makanan yang paling aku kangenin di Boyolali salah satunya adalah Soto Seger khas Boyolali di Warung Hj Fatimah.

Warung Soto Segeer ini punya 3 lokasi. Lokasi pertama dan kedua ada di Kabupaten Boyolali tepatnya di Jalan Garuda dan Jalan Pandanaran 257. lalu lokasi ketiganya ada di Solo, tepatnya di Jalan Bhayangkara Tipes. Sebenernya di jalanan masuk Kota Boyolali di sepanjang Jalan Pandanaran ini banyak berjajar soto seger khas Boyolali, tapi yang paling terkenal adalah Soto Segeer Hj Fatimah ini.

soto seger hj fatimah

Soto Segeer Hj Fatimah ini dulunya adalah Warung Soto Mbok Giyem yang udah terkenal sejak dulu, bisa dibilang ini udah legend gitu guys. Pantesan sih, semakin siang semakin banyak aja pembelinya. Kemaren pun aku kudu cepet-cepet biar kebagian tempat duduk. Saat pertama kali masuk, aroma kaldu langsung menyambut ditambah lagi ada alunan lagu keroncong. Setelah dapet tempat duduk, aku langsung memesan menu pada pelayan yang sibuk melayani pembeli.

soto seger hj fatimah

Di warung ini kamu bisa pesen soto ayam atau pun soto daging. Kalo kamu pas lagi ngga terlalu laper, kamu juga bisa pesen setengah porsi aja. Tapi karena aku lagi laper plus pengen banget makan ini soto, rasanya setengah porsi bakal kurang deh guys. Hahaha..

soto seger hj fatimah

Kalo dilihat sekilas, soto ini mirip sama Soto Semarang dan Soto Kudus yang kuahnya bening. Kesamaan lainnya adalah soto ini disajikan dalam mangkok kecil yang berisi nasi, tauge, seledri dan bawang goreng. Bedanya adalah penggunaan daging sapi pada soto Boyolali ini. 

soto seger hj fatimah

Di meja, udah disediakan kecap, sambal dan jeruk nipis. Biasanya kalo aku makan soto ngga terlalu suka nambahin banyak kecap ataupun sambal, soalnya takut ngerubah cita rasa asli dari kuah sotonya. Ohya, meskipun kuah soto ini terlihat bening, tapi kaldu dagingnya terasa banget. Seger banget pokoknya, sesuai dengan namanya. Senengnya lagi tuh potongan dagingnya lumayan banyak dan teksturnya empuk banget. Ngga alot gitu pas dikunyah.

soto seger hj fatimah

Sebagai pelengkap untuk menikmati soto ini, disediakan juga sate dan gorengan. Ini nih yang bikin soto ini makin berasa nikmat, kalian bisa menikmati beragam lauk dengan ukuran jumbo. Kalian bisa pilih sate telur puyuh, paru, kerang, usus hingga gorengan dan jajanan pasar yang cukup lengkap.

soto seger hj fatimah

Meskipun seporsi soto ini penyajiannya di mangkok kecil tapi bener-bener bikin kenyang guys, soalnya aku ngambil lauk sate dan gorengan lebih dari satu. Hahaha..

soto seger hj fatimah

Soto ini bisa jadi pilihan kuliner kalian kalo lagi jalan-jalan ke Boyolali. Untuk masalah harga, kalian ngga usah takut bakal menguras kantong karena harga seporsi soto Boyolali ini cukup terjangkau guys, yaitu 9 ribu aja. Kalo kalian mau nambah sate harga per tusuknya 6 ribu dan gorengannya 3 ribu. Kalo untuk harga minumannya kisaran di harga 2 ribu sampe 4 ribu aja. Murah banget kan guys? Yuk buruan cobain langsung ke Boyolali. Dijamin kalian bakal ketagihan.

Video by MrDanstudio

Opening Hours
06.00 - 20.30
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY