Nikmatnya Makan Besar di Tengkleng Gajah

tengkleng gajah jogja

Emily | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
18 May 2017


Nikmatnya Makan Besar di Tengkleng Gajah
Eits.. jangan heran dulu, kuliner ini ga dibuat pake daging gajah kok guys, lihat dibawah ini penjelasannya ya....

Sehabis Puas berselfie ria di De Mata Trick Eye Museum, saya langsung meluncur kedaerah kaliurang untuk mencari Tengkleng Gajah ini. Beralamatkan di Dusun Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Cukup mudah untuk menemukan tempat kuliner yang satu ini, hanya sekitar 10km dari pusat kota Jogja, yah kira2 setengah jam berkendara guys.

Buat pemula atau yang belum pernah kesini sama sekali, kalian bisa menggunakan bantuan dari google yakni google maps untuk membantu perjalanan kalian menuju ke Tengkleng Gajah yang hits ini. 

Sesampai ditempat saya sudah bisa mencium bau tengkleng dan sate yang menggugah selera, udah nggak sabar banget dan rindu dama masakan Tengkleng Gajah yang satu ini, lama nggak ke Sleman sih hehe. 

Sekedar info guys, bagi yang ga tau apa itu tengkleng, kuliner yang satu ini adalah masakan sejenis sup berbahan dasar daging, tulang, dan jeroan kambing. makanan ini diolah dengan bumbu bumbu khas Solo dan disajikan panas dengan ditaburi bawang goreng, harum bumbunya saja sudah sangat mengoda. Selalu nagih sih kalau makan disini. 

Tengkleng Gajah bukanlah tengkleng daging gajah yaa, melainkan tengkleng kambing. Istilah tengkleng gajah muncul akibat potongan tulang kambing yang diolah menjadi tengkleng berukuran besar. Begitu juga dengan porsi hidangannya adalah porsi jumbo, alias porsi gajah. Berawal dari hal tersebut maka orang orang lebih mengenal tempat ini dengan sebutan Warung Tengkleng Gajah. Jadi gitu guys ceritanya hehehe. 

Tengkleng Gajah sepintas menyerupai gulai kambing, hanya saja citarasanya berbeda dengan kuah yang lebih encer. Tengkleng Gajah disajikan dalam kondisi panas, dengan daging yang masih menempel di tulang. Aroma dan tampilannya begitu menggiurkan. Rasanyapun mantap dan menyegarkan.

Pengunjung biasanya akan memakai sedotan untuk menikmati sumsum yang tersembunyi di balik tulang. Soal citarasa, tengkleng gajah dijamin istimewa karena untuk memasak irisan tulang kambing ini diperlukan waktu yang lama. Selain empuk, aneka rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu pun bisa merasuk ke dalam daging. 

Sruputtttt... Mantap!

Konon katanya Tengkleng Gajah ini untuk memasaknya dibutuhkan waktu 3 jam agar daging dan tulang-tulang kambing yang dimasukkan menjadi empuk, bahkan anda bisa mensruput sumsum dari tulangnya. Selain tengkleng warung ini juga menyajikan 11 menu olahan kambing lainnya dengan harga mulai 12rb-30ban, Tapi disini saya cuman pesen tengklengnya saja guys, karena porsinya super besar dan sangat mengenyangkan.

Video Youtube by Dyodoran

Menikmati tengkleng yang masih panas ditutup dengan es teh yang segar sungguh membuat hidup terasa damai.. hahaha. Harga dan porsi sesuai banget seporsi tengkleng gajah hanya 29 ribu rupiah dan es teh 4 ribu rupiah saja. Yap, rasanya yang lezat dan harganya yang bersahabat dengan kantong bikin saya selalu pengen balik kesini. 

Whoops, tak hanya rasanya yang lezat dan harganya yang murah, warung ini juga menyediakan tempat yang luas dan tentunya nyaman banget. Warung ini rekomended banget buat yang lagi kelaparan !! haha.  Masakannya enak, murah, porsinya banyak, tempatnya nyaman, pokoknya harus mampir nih guys klo lagi di Jogja !

Tengkleng Gajah merupakan salah satu kuliner yang wajib anda coba. Enak banget guys makan disini bareng keluarga maupun pasangan. Apalagi sama sama suka sum sum. Sruput aja mantabbb wkwk. 

Kadang kalo pas rame gitu, saya lebih memilih makan tengkleng gajah ini dengan dibungkus. Saking enaknya, Warung ini selalu dipadati pembeli.

Nah, penasaran? cobain yuk! 

Opening Hours
Buka tiap hari pukul 09.00-21.00 WIB
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY