Warung Babeh Medan, Temukan Keistimewaan Dibalik Kesederhanaan

warung babeh medan

marthagaul | Sightseeing
Medan, Sumatera Utara, Indonesia | halal
28 May 2019


Warung Babeh Medan, Temukan Keistimewaan Dibalik Kesederhanaan
Tempat boleh sederhana, tapi rasa dijamin mantapp

Kelar jalan-jalan ke Museum Uang Sumatera yang unik itu, gue pun akhirnya muter-muter ngabuburit sambil cari tempat makan yang enak. Nah, kebetulan salah satu temen rekomendasiin gue buat makan di sebuah warung tersembunyi di Medan. Literally tersembunyi ya guys, soalnya emang susah banget nemuinnya kalo belum pernah kesini sebelumnya dan gue berbekal Google Maps plus ancer-ancer dari temen gue akhirnya sampe juga di Warung Babeh ini.

Warung Babeh lokasinya ada di Jalan Emas, simpang Jalan Sabaruddin. Gampangnya nih, kalian jalan dari Sabaruddin aja guys. Kalo dari Jalan Asia belok ke Jalan Emas yang mengarah ke Jalan Sabaruddin, setelah persimpangan Jalan Sabaruddin lurus aja dikit. Nah Warung Babeh adalah gedung ketiga di sebelah kiri.

Warungnya sederhana sekali dan ditutupi tenda-tenda bekas spanduk. Meskipun begitu, ternyata warung ini udah cukup legend di Medan. Warung ini punya dua area makan, yaitu indoor dan outdoor tapi juga sama-sama ngga ada AC nya sih guys. Makannya di meja dan bangku kayu khas warung dan share sama pengunjung-pengunjung lainnya. Sederhana banget kan guys?

warung babeh medan

Kenapa warung ini legend banget? Ceritanya nih guys, warung ini jualannya di Jalan Waja atau yang biasa disebut Angsapura selama 21 tahun. Kemudian pindah ke Jalan Emas soalnya tempat yang digunakan mau dipake sama pemilik tanah dan ternyata dulunya warung ini bukan bernama Warung Babeh.

Diberi julukan Warung Babeh karena yang makan di warung ini dulunya kebanyakan orang Jakarta yang merupakan pemain basket luar kota lawan dari tim basket Angsapura dulu. Lalu banyak yang memanggil pemilik warung ini dengan sebutan Babeh. Katanya sih sampe sekarang pun banyak tamu dari Babeh dari Jakarta dan Australia yang dulunya pelanggan Babeh saat masih di Jalan Waja.

Well, menu pesenan gue pas makan di Warung Babeh kemaren adalah nasi dengan sambal cumi. Berbarengan dengan itu tersaji pula daun ubi rebus, kuah kari dan kuah sambal. Diatas nasi tadi ditaburi serundeng kelapa plus potongan tempe, ikan asin dan sambal cabe merah. 

warung babeh medan

Cuminya empuk dan ngga alot sama sekali guys, menurut gue rasanya cukup blend in sama sambelnya. Kalo rasa dari sambelnya sendiri sih rasanya lebih asam daripada asin. Dimakan sendirian aja udah enak banget sambal ini, apalagi kalo dicampur nasi serundeng tadi menghasilkan rasa yang makin mantap guys. Sumpah ini enak banget, menu sederhana sih tapi rasanya kok nagihin banget.

warung babeh medan

Ohya, ngga lupa buat nyobain makan pake daun ubi rebusnya. Menurut aku sih rasanya gurih ya guys, cocok banget kalo dipaduin pake nasi plus sambal cuminya. Biar makin mantap sih, jangan lupa buat siram nasi pake kuah kari dan kuah sambalnya. Rasa pedas gurihnya bener-bener bikin lidahmu makin bergoyang.

warung babeh medan
warung babeh medan
warung babeh medan

Harga menu makanan di Warung Babeh ini juga ngga mahal-mahal banget guys, kemaren seporsi makanan gue ini aja ngga ada 20 ribuan. Semua tergantung dari lauk pilihan kalian juga sih, biasanya semakin enak bakal semakin mahal. Hehehe.. tapi worth banget guys!

So guys, Warung Babeh ini bisa kalian jadikan jujugan saat kalian merasa lapar dan pengen makan makanan dengan harga terjangkau tapi rasanya tetep enak dan porsinya mengenyangkan. Cuss buruan dateng ke Warung Babeh di Jalan Emas Medan. Warung ini buka mulai hari Senin sampe Sabtu mulai jam 10 pagi sampe 5 sore.

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY