Lezatnya Mie Koba Iskandar, Mie dengan Kaldu Ikan dari Pangkal Pinang

mie koba iskandar

icha123 | Sightseeing
Pangkal Pinang, Kep. Bangka Belitung, Indonesia | halal
28 May 2019


Lezatnya Mie Koba Iskandar, Mie dengan Kaldu Ikan dari Pangkal Pinang
Ada yang udah pernah coba?

Bulan kemarin aku ada urusan ke Bangka, dan baru inget waktu bersih-bersih hp nemu foto salah satu kuliner yang ada di Bangka. Namanya adalah Mie Koba Iskandar. Jadi mie koba ini adalah mie khas Pangkal Pinang yang rasanya unik banget.

mie koba iskandar
Jadi yang aku coba kemarin adaalah Mie Koba Iskandar yang lokasinya berada di daerah Gedung Nasional, Taman Sari, Pangkal Pinang. Tempatnya sendiri bukan resto mewah yang menggunakan ac melainkan tempat makan sederhana yang tersedia cukup banyak meja dan kursi yang memanjang. Mie Koba Iskandar ini katanya udah berjualan sekitar 20 tahun. Wah cukup lanma juga ya kalau di hitung.

mie koba iskandar
Nah yang membuat Mie Koba Iskandar ini beda dari mie yang biasa kita makan adalah terletak pada kuahnya. Kalau di Pangkal Pinang ini mienya menggunakan kuah dengan kaldu ikan. Ikan yang digunakan untuk membuat kuah kaldu ini adalah ikan tenggiri. Jadi pertama ikan tenggiri ini direbus dan dihancurkan hinggal halus, baru deh setelah itu dimasak dan dimasukan kedalam kuah. Agar tidak barbau amis kaldu ini juga ditambah rempah-rempah seperti cengkeh, ketumbar, dan rempah yang lain.

mie koba iskandar
Untuk mienya mereka juga nggak asal beli di pasar. Merka membuat sendiri mienya tentu saja menggunakan bahan dasar terigu dan bahan mie yang lain. Jadi bisa dibilang semuanya homade nih. Kalau aku lihat mienya teksturnya yang kecil dan keriting, bukan mie yang tebel gendut kayak mie aceh itu.

Kemarin aku pesen satu porsi mie koba tentu saja lengkap dengan telur rebus biar rasanya makin nikmat. Untuk proses penyajiannya bisa dibilang cepet nggak sampai 5 menit menu yang kami pesen datang. Dalam satu porsi mie koba ini tentu saja pertama ada mienya, dibawah mie ada rebusan tauge, baru deh diatasnya diberi taburan bawang goreng dan seledri. Kuahnya sendiri bewarna coklat dan kayaknya rasanya terlihat light banget karena kuahnya nggak kental sama sekali.

mie koba iskandar
Pertama nyobain kuahnya dulu. Rasanya gurih dan ada sedikit asam, rasanya seger banget. Emang paling enak kalau ditambah sedikit sambal dan perasan jeruk limau biar makin seger! Mienya teksturnya pas, kenyal dan nggak terlalu lembek atau terlalu keras. Emang sayangnya sih nggak ada toping apa-apa. Kalau diatasnya ada toping ikan fillet atau ayam cincang pasti mantab banget nih kayak mie pangsit :D

Kalau menurutku ini porsinya pas buat aku. Tapi kalau kata temenku yang satunya porsinya sedikit. Hmmm emang ya perut kita ukurannya beda-beda hahaha. Tapi aku cocok banget sih sama mie koba ini, apalagi kalau udah kena sambal dan telur rebusnya jadi kenyaangg! Dan menurut aku mie koba ini salah satu mie khas Indonesia yang unik dan patut banget dicoba.

mie koba iskandar
Untuk harganya sendiri satu porsi mie di Mie Koba Iskandar ini dipatok hanya dengan harga 12.000 saja! Wah murah banget nggak tuhhh dengan rasa yang unik dan lezat ini. Saran aku sih kalau kalian sedang berada di Pangkal Pinang harus banget nyobain kuliner yang satu ini karena beneran enak dan unik banget. Jarang ditemui diluar sini apalagi di Jakarta aku juga belum pernah nemu penjual mie koba sih.

Oke guys sekian review dari aku tentang Mie Koba Iskandar jangan lupa mampir dan dicoba ya!

Opening Hours
08:00 - 22:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY