Sego Tempong Mbok Wah : Makanan Khas Banyuwangi yang Sambelnya Berlimpah!

sego tempong banyuwangi

meliana | Sightseeing
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia | halal
27 May 2019


Sego Tempong Mbok Wah : Makanan Khas Banyuwangi yang Sambelnya Berlimpah!
Jangan lewatkan kalau ke Banyuwangi!

Sedikit cerita jadi kemarin kebetulan aku lagi nggak puasa. Yaa biasalah cewek. Dan kalau begini rasanya pengen makan yang banyak gitu deh (maaf orangnya suka kalap). Nah kali ini aku akan review salah satu makanan kesukaan aku yang ada di Banyuwangi ini. Namanya adalah Sego Tempong Mbok Wah. Sebenernya ada beberapa penjual sego tempong di Banyuwangi tapi yang jadi langganan aku ya si Mbok Wah ini karena enak dan lebih deket aja dari rumah hahaha.

sego tempong banyuwangi
Untuk lokasinya, Sego Tempong Mbok Wah ini berada di Jl. Gembrung No. 220, Glagah, Banyuwangi. Oke tempatnya sendiri emang agak susah dicari karena masuk ke desa, tapi tenang aja nggak desa banget kok. Atau kalian tinggal pakai maps aja bakalan sampai, disana reviewnya juga bagus-bagus pasti buat kalian yang pertama mau nyobain ini jadi makin tambah semangat.

sego tempong banyuwangi
Aku mau jelasin dulu kenapa namanya sego tempong. Tempon kalau dalam bahasa Banyuwangi adalah tampar. Nah maksudnya nih sambel disini pedes jadi rasanya kayak habis ditampar gitu deh. Kalau sambelnya sendiri sih sebenernya adalah sambel tomat, tapi tomat yang digunakan jenisnya berbeda, yaitu tomat ranti yang bentuknya kayak mekar gitu.

sego tempong banyuwangi
Begitu masuk kalian bisa merasakan suasanya yang sederhana banget. Disediakan meja dan kursi serta lesehan jika kalian mau. Untuk memesannya kalian bisa langsung antre di depan etalase atau meja sajinya. Jadi sistemnya kalian tinggal pilih lauk yang kalian mau nanti bakalan diambilkan oleh pelayannya. Semua lauk pauknya ditata berjajar diatas meja. Lauknya sangat bervariasi dan membuat bingung karena sangat menggugah selera. Pertama ada semur telur, ikan bumbu kuning, cumi bumbu hitam, kepiting, udang goreng, paru goreng, sate telur puyuh, dan masih banyakk lagi.

sego tempong banyuwangi
Kalau aku paling suka disini adalah cumi hitam, sayur lengkap, sambel tempong dan juga tahu goreng. Karena aku kesini sama temenku dia juga pesen beberapa lauk yang dia suka. Selain itu aku juga pesen udang goreng dan paru goreng untuk aku makan sharing. Setelah pesen makanan kita langsung ke kasir untuk bayar. Karena kan lauknya beda-beda jadi sistemnya kayak gini.

sego tempong banyuwangi
Setelah dapat makanan kalian bisa langsung pilih tempat duduknya. Yang aku seneng disini cuminya ukuranya besar dan diberinya cukup banyak. Rasa cuminya empuk dan nggak alot, bumbu kuah hitamnya juga gurih manis enak banget. Nah yang jadi starnya si sambel tempongnya nih. Kalau makan disini sambelnya dikasih rich banget jadi setiap sendoknya bakalan kena sambel. Dan rasa sambelnya pedes dan terada fresh banget karena emang sambel mentah yang baru diuleg. Sekilas sambel tempong ini mirip sama sambel di plecing kangkung kalau kalian pernah makan. Begitu makan cumi, tahu, sayur, dan sambel dimakan rasanya booommm banget dimulut! Cocok banget dah pokoknya enakk.

sego tempong banyuwangi
Selain itu paru gorengnya juga garing banget, crunchy dan nggak berminyak. Kalau udang gorengnya ya standar lah tapi enak kok. Udangnya dibalut sama sedikit tepung jadi rasanya garing juga.

Nah buat kalian yang penasaran sama sego tempong khas Banyuwangi aku saranin datang ke Sego Tempong Mbok Wah ini. Karena rasanya beneran enak, tempatnya cukup nyaman, dan harganya murah nggak bikin kantong bolong! Saran aku keisni jangan pas jam makan siang banget karena bakalan lama antrenya. Mending datang lebih awal guys. Oke selamat mencoba!

Opening Hours
08:00 - 23:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY