10 Kota Tua Paling Artistik Dan Menawan Di Dunia


sisil angelin  August 18, 2019  0 Comment

Dunia memiliki jejak peninggalan masa lalu yang tersebar di seluruh negara dapat berwujud sebuah karya atau peninggalan sejarah yang menjadi kenangan untuk masa-masa berikutnya. Salah satu peninggalan dunia paling bersejarah dapat Anda lihat dari keindahan dan kemegahan kota-kota tua yang ada di seluruh dunia sebagai wisata kota tua di dunia. Kota tua tersebut menjadi saksi bisu terjadinya suatu peristiwa yang bersejarah seperti kekuasaan, kejayaan, peperangan, dan lain sebagainya. 

Kota tua merupakan bagian dari perjalan sejarah yang sangat panjang menawarkan pesona arsitektur menawan dan artefak yang unik. masih banyak menyimpan rasa penasaran dan pesona yang besar untuk banyak orang. Sehingga banyak orang dari seluruh dunia berkunjung ke wisata kota tua di dunia. Tanda-tanda yang penuh legenda tidak hanya menarik perhatian wisatawan melainkan juga para sejarawan dan arkeolog. Berikut adalah wisata kota tua di dunia yang paling artistik dan menarik wajib Anda ketahui

Destinasi Kota Tua di Dunia

1. Aleppo Syria

Aleppo Syria
image credit : https://www.bbc.co.uk

Aleppo merupakan salah satu kota tua di dunia yang telah ada sejak tahun 6 Masehi. Kota Tua Aleppo terdapat di negara Suriah dengan berbagai bangunan bersejarah, bahkan diantaranya ditetapkan sebagai situs warisan budaya dunia oleh UNESCO misalnya Masjid Umayyad. Selama berabad-abad lamanya Aleppo merupakan kota dibawah kekuasaan Kaisar Ottoman. Bahkan Kota Aleppo termasuk kota tertua di dunia yang pernah ditinggali orang Amori sejak abad ke 3 sebelum Masehi. Oleh karena itu Aleppo mendapati jumlah kunjungan wisatawan yang terus meningkat. Namun sangat disayangkan karena hanya dalam hitungan detik, kota yang telah ada dan dihuni sejak abad ke 6 tersebut harus hancur tahun 2016 dan penuh duka akibat perang saudara sejak tahun 2012. Seluruh penduduk dunia menyaksikan hal tersebut dan mengutuknya dengan keras kehancuran Kota Aleppo. 

Baca juga :  11 Tempat Wisata di Jakarta Pusat Yang Menyenangkan Dan Seru
Gotravelly

Nyobain Makan Di Blumbang Resto Tawangmangu. Tempatnya Bikin Betah!

The Lawu Park, Spot Foto Kece Hingga Mini Outbond Semuanya Ada Disini!

2. Athena Yunani

Athena Yunani
image credit : https://tiketplex.com

Athena sebuah kota tua yang berada di negara para dewa yaitu Yunani sekaligus menjadi ibukota Yunani. Athena merupakan kota tertua dan terpanjang yang ada di Benua Eropa. Kota tua Athena memang telah terkenal sejak milenium pertama sebelum masehi. Kota ini dipenuhi dengan peninggalan Yunani kuno yang megah dan menawan. Anda akan menjumpai banyak situs arkeolog tentang dewa Yunani. Peninggalan kota tua Athena yang banyak menjadi tujuan wisatawan seperti Kuil Olympia Zeus yang ada sejak tahun sebelum masehi, teater kuno Dionysos yang ada sejak tahun 5 sebelum masehi, Asklepieion yaitu rumah sakit kuna sejak tahun 5 sebelum masehi, Odeon of Herode Atticus sering kali dijadikan sebagai lokasi festival, Batu Suci Acropolis, dan yang paling terkenal adalah Kuil Parthenon yang dibangun oleh Dewa Athena yang dipercaya sebagai pelindung Kota Tua Athena. 

3. Beirut Lebanon

Beirut Lebanon
image credit : https://unsplash.com

Pasti Anda sangat tahu tentang karya-karya penulis ternama bernama Khalil Gibran. Di Kota Beirut lah Ia dilahirkan. Kota Beirut terdapat di Lebanon dan menjadi salah satu kota tertua di dunia. Kota Tua Beirut ada sejak 3000 tahun sebelum masehi. Pada tahun 1975 sampai 1990 Kota Beirut menjadi dampak konflik saudara sehingga menjadi hancur. 

4. Gaziantep Turki

Gaziantep Turki
image credit : https://www.kaleidoscopetravel.ca

Kota Gaziantep menjadi kota tertua di dunia yang berada di Turki. Para arkeolog berhasil menemukan pemukiman kuno yang diyakini ada sejak tahun 4 sebelum masehi. Di pusat Kota Tua Gaziantep berdiri megah bangunan Benteng Gaziantep dan Benteng Ravanda yang menjadi saksi perlawanan penduduk Turki terhadap Eropa. Kota Tua Gaziantep terletak di lokasi yang strategis, sehingga menjadikannya sebagai jalur perdagangan kuno. 

Baca juga :  20 Spot Wisata Terindah di Indonesia yang Mirip di Luar Negeri

5. Yerusalem 

Yerusalem
image credit : https://tirto.id/

Yerusalem salah satu wisata kota tua di dunia yang tidak pernah habis untuk dibahas. Yerusalem adalah situs sejarah yang sangat penting bagi agama Islam, Yahudi, dan Kristen sejak ribuan tahun yang lalu. Oleh karena itu Yerusalem dianggap sebagai salah satu tempat tersuci di dunia untuk agama tersebut. sehingga dijadikan juga sebagai objek wisata spiritual yang populer di dunia. Keberadaan kota Yerusalem sebenarnya masih menjadi rebutan negara Palestina dan Israel, namun yang terbaru adalah pernyataan dari Presiden Amerika Donald Trump yang menyatakan bahwa Yerusalem adalah ibukota Israel. Tentu saja hal tersebut menimbulkan pro dan kontra. Akan tetapi terlepas dari hal tersebut Yerusalem merupakan kota tua di dunia yang penuh dengan sejarah khususnya sejarah religi. 

6. Yerikho Palestina

Yerikho Palestina
image credit : http://harian.analisadaily.com

Yerikho adalah sebuah kota tua yang terletak di Palestina, tepatnya berdekatan dengan Sungai Yordan. Kota Tua Yerikho bahkan terdapat dalam kitab Ibrani yang digambarkan dengan Kota Pohon Palem. Sebelumnya kota ini dihuni oleh orang Yordania, kemudian diserahkan sepenuhnya pada pemerintah Palestina. Bukti peninggalan Yerikho sebagai salah satu kota tertua di dunia adalah ditemukannya sisa-sia lebih 20 pemukiman tua yang ada sejak 9000 sebelum masehi oleh para arkeolog. 

7. Cadiz 

Cadiz
image credit : https://en.wikipedia.org

Cadiz merupakan kota tertua terletak di Eropa Barat yang paling ramai. Para arkeolog menemukan kota Cadiz pada tahun 3100. Cadiz juga digunakan sebagai pelabuhan utama Angkatan Laut Spanyol abad ke 18. Meskipun disebut kota tua, Cadiz tidak pernah luput dari perhatian sehingga menjadi salah satu lokasi wisata kota tua di dunia yang menarik wisatawan. Kota Cadiz dipenuhi dengan bangunan-bangunan tua yang kokoh dan tanaman. 

Baca juga :  10 Pantai di Finlandia Dengan Keindahan Luar Biasa

8. Plovdiv Bulgaria

Plovdiv Bulgaria
image credit : https://www.chasingthedonkey.com

Plovdiv terletak di Bulgaria dan menjadi kota tertua dan terbesar di Bulgaria. Terdapat banyak bukti yang menunjukkan bahwa Plovdiv sebagai bagian dari kota tertua yang ada di dunia seperti pemukiman Neolitik yang ada sejak tahun ke 6 sebelum masehi. Sebelum bernama Plovdiv, kota tua ini bernama Philippopolis yang ditaklukkan oleh Philip II pada abad ke 4 sebelum masehi. 

9. Varanasi India

Varanasi India
image credit : https://www.varanasicity.com

Varanasi adalah kota tertua di dunia yang sekaligus tempat ziarah utama umat Hindu yang berada di negara India. Seorang penulis Amerika bernama Mark Twain menyatakan bahwa Varanasi yang disebut juga Banares sangatlah tua bahkan lebih tua dari sejarah, tradisi, dan legenda yang telah dikumpulkannya. Kota Varanasi dijadikan sebagai pusat pembelajaran dan peradaban selama 3000 tahun lamanya. Varanasi diyakini sebagai tempat kelahiran Dewa Hindu dan berkembangnya pengetahuan, budaya, filsafat, seni budaya, dan juga kerajinan India selama berabad-abad lamanya. Begitu melihat kota tua Varanasi India, Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan bangunan, tradisi, dan penduduknya. 

10. Balkh Afghanistan

Balkh Afghanistan
image credit : http://www.orangesmile.com

Balkh merupakan wisata kota tua di dunia yang berada di negara Afganistan. Dahulu Kota Balkh dijadikan sebagai pusat kuno agama Budha, Islam, dan Zoroastrianisme. Balkh diyakini sebagai kota pertama para suku Indo-Iran berpindah pada tahun 1500 sebelum masehi dari Utama Amu Arya. Digambarkan oleh Marco Polo bahwa Kota Balkh adalah kota yang hebat dan mulia. Kota Balkh menyimpan berbagai peninggalan sejarah religi dengan tempat-tempat yang indah seperti kuil Budha dan lain sebagainya. 



Leave a Reply