10 Pantai di Aceh Dengan Kejernihan Air Laut Sebening Kaca


Reni  October 17, 2018  0 Comment

Siapa yang tidak tahu dengan Aceh? Merupakan salah satu provinsi di Indonesia, terletak di ujung Pulau Sumatra yang geografisnya berbatasan langsung dengan Teluk Benggala dan Selat Malaka. Letak geografisnya inilah yang menyebabkan banyak sekali tempat wisata di Aceh berupa destinasi Pantai di aceh yang sering diburu wisatawan.

Tempat wisata paling menawan di Aceh adalah hamparan pantainya yang banyak dengan pesona dan panorama yang mengagumkan. Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai yang memukau dan penasaran pantai apa sajakah itu, Simak deretan  pantai Indah di Aceh

1. Pantai Teupin Layeu

Pantai Teupin Layeu

WordPress.com

Banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Aceh berupa pantai ini. Biasanya masyarakat menyebutnya Teupin Layeu sebagai Pantai Iboih. Terletak di sebelah paling barat Indonesia, di tepi barat Pulau Weh, Banda Aceh.

Airnya sangat jernih. Anda bisa menikmati keindahan dan kekayaan bawah laut tanpa harus menyelam. Dengan melihatnya di pinggir pantai, bahkan saat masih di Pelabuhan, kejernihan air sudah nampak, dan keindahan bawah laut Pantai Iboih akan langsung memanjakan mata Anda.

Paket wisata murah

Pesona Pantai Lampu’uk Aceh

Pulau Banyak, Si Cantek From Aceh Singkil

2. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah

lovelytravel88.blogspot.com

Menjadi salah satu titik menyelam terbaik di dunia, Pulau Rubiah ini menyuguhkan keindahan dan kekayaan biota laut yang sangat luar biasa. Merupakan salah satu pulau alami yang masih cantik dan letaknya mudah dijangkau serta tidak terlalu jauh dari lokasi Pantai Iboih/Teupin Layeu karena hanya berjarak sekitar 350 meter saja.

Baca juga :  10 Jajanan Khas Aceh Cocok Dijadikan Oleh Oleh

Banyak aktivitas snorkeling atau diving di laut ini. Hal tersebut dikarenakan biota laut yang ada sangat banyak dan indah. Airnya pun masih jernih dan terjaga kealamiannya. Bahkan jika Anda tidak ingin ber-snorkeling langsung, Anda bisa melihat kekayaan bawah laut dengan melihatnya di tepian pantai.

3. Pantai Pasir Putih Lhok Me

Pantai Pasir Putih Lhok Me

backpackerjakarta.com

Berada di Gampong Lamreh, Dusun Lhok Mee, yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Banda Aceh dengan mengambil jalan jalur Krueng Raya. Lokasinya cukup mudah diakses baik menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Pantai ini menjadi destinasi tujuan wisata para turis lokal ataupun luar.

Dengan hamparan pasir putih dan airnya yang jernih tampak kebiruan dari jauh, pantai ini menjadi salah satu surga dunia di Aceh yang sayang sekali jika Anda lewatkan. Pasir putihnya masih bersih, airnya sangat bening dan sejuk. Pemandangan hijau pepohonan masih akan Anda rasakan dengan sensasi yang begitu mengagumkan.

Baca Juga :  10 Restoran Ini Menyajikan Ayam Tangkap Paling Enak di Banda Aceh

4. Pantai Lhok Bubon

Pantai Lhok Bubon

tempat.me

Berada di Desa Bubon, dari pusat Kota Meulaboh hanya berjarak tempuh sekitar 8 km. Airnya masih jernih, pemandangan pantainya pun sangat indah menawan. Hamparan pasir putih yang lembut bisa menjadi teman Anda berjalan atau berlari-lari kecil di tepian pantai. Tak hanya kejernihan dan keindahan pantainya, di sini juga Anda akan disuguhkan sajian wisata kuliner laut (seafood) yang masih segar dan fresh.

5. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam

pesona-indonesia-kita.blogspot.com

Pantai yang satu ini menjadi tempat wisata di Aceh yang unik. Biasanya, Anda akan menemukan pantai dengan hamparan pasir putih di sepanjang tepian air laut. Namun, sesuai namanya, di Pantai Anoi Itam ini, pasirnya berwarna hitam. Anda tidak usah khawatir, sebab hitamnya pasir bukan karena kotor atau pencemaran. Hal ini dikarenakan pantai ini berada di kawasan hutan bakau.

Baca juga :  9 Tempat Romantis Di Bali Pinggir Pantai Paling Indah

Sementara air laut di pantai ini masih sangat jernih. Anda akan melihat warna air kebiruan atau kehijauan dari jauh. Setelah mendekat, akan terlihat pemandangan dalam lautnya. Di salah satu sisi pantai, ada hamparan batu karang yang indah. Ada juga bunker peninggalan Jepang dahulu.

6. Pantai Lange

Pantai Lange

KSMTour.com

Menikmati keindahan pantai yang mempesona dengan air laut yang bersih, udara sejuk, dan suasana tenang tentunya menjadi pilihan liburan yang diidamkan oleh kebanyakan orang. Pantai Lange ini, cocok menjadi tempat dan teman santai Anda. Anda akan dimanjakan dengan panorama yang yang memukau.

Tak hanya panorama pantai yang indah, Anda juga akan melihat keunikan lain di pantai ini. Letaknya yang berhimpitan dengan tebing, membuat Anda merasakan sensasi yang berbeda. Anda juga akan menyaksikan semburan air yang keluar dari balik tebing secara alami. Pesona pantai ini masih belum ramai disentuh, sehingga membuat para wisatawan penasaran untuk mengunjunginya.

Baca juga :  12 Tempat makan keluarga di aceh incaran wisatawan

7. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga

disbudpar.acehprov.go.id

Dari namanya saja, pasti Anda penasaran kenapa pantai ini bernama Sumur Tiga. Konon, menurut sejarah yang beredar di sana terdapat sumur air tawar yang jumlahnya ada tiga. Meskipun jaraknya hanya sekitar 15 meter dari air laut, uniknya, sumur ini berisikan air tawar yang terbentuk alami.

Selain keunikan karena adanya tiga sumur air tawar, pantai ini pun terkenal sebagai pantai terpanjang di Pulau Weh. Hamparan pasirnya berwarna putih, bersih dan cukup lembut. Keasriannya masih sangat terjaga. Bahkan air lautnya pun jernih dan bening. Pantai Sumur Tiga ini menjadi destinasi favorit untuk para wisatawan.

Baca juga :  Padukan Mie Tebal Dan Rempah Pilihan, Nih 10 Mie Paling Enak di Aceh

8. Pantai Lanaga

Pantai Lanaga

NusantaraNews

Menjadi salah satu ikon pantai yang terdapat dalam bucket list traveling wisatawan karena keindahannya yang sangat memanjakan mata. Terletak di Desa Peunaga, Kabupaten Aceh Barat. Aksesnya mudah dijangkau, dari Kota Meulaboh hanya perlu menempuh jarak sekitar 5 kilometer dengan kendaraan roda dua atau empat.

Selain keindahan pantai dan air lautnya yang masih asri dan bersih, Anda juga akan disuguhi acara unik di Pantai Lanaga ini. Acara unik tersebut tidak lain adalah seperti pertunjukan Jet Sky atau acara perlombaan balap perahu yang sudah didesain sedemikian rupa pada waktu-waktu tertentu.

9. Pantai Pusong Sangkalan

Pantai Pusong Sangkalan

steemit.com

Berada di Kota Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat dengan jarak tempuhnya sekitar 3 kilometer dari pusat kota. Menjadi salah satu pantai yang sangat indah dengan keunikan yang menyertainya. Nama Pusong ini diambil sebab tidak jauh dari bibir pantai, di Samudera Hindia terdapat satu pulau bernama Pulau Gosong. Sehingga terbentuklah nama Pusong.

Keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini dipercaya tidak kalah dari pantai-pantai di Bali. Pantainya bersih dan terjaga. Hamparan pasir membentang cukup luas di tepian air laut. Air lautnya pun masih bening dan belum tercemari apapun. Anda bisa bersantai sambil menikmati keindahan pantai yang memesona.

10. Pantai Lampuk

pantai terdekat

sengpaku.blogspot.com

Sebelum bencana yang melanda Aceh 2004 lalu, pantai ini menjadi salah satu primadona tersendiri untuk pariwisata di Aceh. Meskipun begitu, pantai Lampuk, sampai saat ini masih menjadi salah satu tempat wisata di Aceh yang wajib dikunjungi. Letaknya di Pantai Barat Aceh, Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

Dengan hamparan pasir putih yang bersih dan halus, di setiap pinggirnya terdapat tebing batu dengan pohon-pohon hijau yang masih tumbuh alami. Meskipun sudah banyak masyarakat yang mengunjungi pantai ini, namun kondisi air lautnya masih jernih dan terasa segar saat mulai bermain air di sana.



Leave a Reply