Kuliner

Rekomendasi 10 Tengkleng Murah dan Enak di Jogja Bikin Kamu Geleng Geleng

Tengkleng jogya  murah—Jogja meski tidak termasuk kota besar, namun menjadi incaran destinasi wisata dan pendidikan bagi seluruh wisatawan asing dan luar negeri. Begitulah Jogja!. Mereka yang bersekolah disini, atau mereka yang berwisata ke Jogja biasanya enggan pulang dan memilih domisili di Jogja. Daya pikat Jogja memang tiada duanya.

Tidak hanya lembaga pendidikan berkelas regional, nasional dan internasional saja, akan tetapi banyak sekali kuliner nikmat yang siap dikunjungi sewaktu senggang bersama keluarga dan teman-teman. Salah satunya adalah kuliner tengkleng khas Jogja.

Tengkleng adalah menu makanan yang terbuat dari bahan dasar tulang kambing yang diolah dan hampir menyerupai sup. Cara penyajiannya beragam, ada yang berkuah bening, bersantan, dibakar dan ada yang di goreng. Di jogja, warung tengkleng murah semakin kreatif memikat hati para pelanggan. Nah, bagi kamu para penggemar tengkleng dengan rasa dan sajian yang luar biasa, yuk merapat ke 10 tempat tengkleng di Jogja berikut ini. Dijamin, mak nyus nyus nyus!

1. Tengkleng Bhenjoyo

YouTube.com

Biasanya, tengkleng Jogja memakai santan sebagai penyempurnanya. Bagi yang anti-santan tentunya makan tengkleng jadi pantangan ya. Jika kamu ingin makan tengkleng tanpa was-was kadar asam urat naik, boleh nih kunjungi tengkleng Bhenjoyo yang disajikan tanpa santan seperti umumnya tengkleng yang ada di Solo. Di sini, khusus menyediakan tengkleng saja dengan rasa yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Yuk, segera meluncur ke Jalan Parangtritis. Lokasinya nggak jauh dari Jokteng dan buka mulai pukul 18.30 hingga 23.00. Ini berarti kamu baru bisa mampir kesini di malam hari ya.

2. Tengkleng Gajah

myeatandtravelstory.wordpress.com

Apakah bahan dasar yang digunakan untuk menu tengkleng ini adalah daging gajah? Jawabannya No!. Disebut-sebut tengkleng gajah karena cara potongan tulang kambingnya ukuran jumbo.  Diolah dengan paduan bumbu yang maknyus sehingga rasanya sangat khas. Siapa saja yang menikmati tengkleng gajah ini pasti ingin kembali lagi di lain kesempatan. Berlokasi di Jalan Kaliurang Kilometer 9,3. Kamu bisa menyantap menu lain disini seperti sate, tongseng, dan juga nasi goreng kambing.

3. Tengkleng Solo

idntimes.com

Kamu yang saat ini berada di Jogja dan ingin merasakan tengkleng Solo, bisa banget lho makan tengkleng Solo yang berlokasi di belakang SGM. Tengkleng Solo tanpa santan dengan kuah bening serta bumbu rempah yang sip ada disini. Berada di jalan Kerto, kamu bisa mampir kesini dan menyantap tengkleng Solo dengan harga yang ekonomis.

4. Tengkleng Gendheng

idntimes.com

Yup, siapa saja yang mampir ke tengkleng ini bakal tergila-gila dengan citarasanya yang komplit. Tengkleng Solo dibuat dari bahan dasar kambing yang dipadu dengan kuahnya yang segar. Tanpa ditambah santan sehingga rasanya ringan dan cocok bagi kamu yang tidak disarankan untuk konsumsi santan.

Kombinasi cita rasanya manis pedas dengan dagingnya yang terasa empuk karena proses pemasakan yang tepat dan lama. Disini, ada banyak menu berbahan dasar daging kambing yang pastinya nikmat untuk disantap. Apakah tengkleng hanya tersedia dengan kuah saja? tentu tidak! Ada tengkleng bakar dan tengkleng goreng yang rasanya mantap. Dimana nih lokasinya? Yuk segera meluncur ke Jalan. Prof Yohanes Sagan ya guys. Dijamin bakal tergila-gila dengan rasanya!

5. Tengkleng Hohah

makanjogja.com

Kamu para pecinta menu makanan pedas, khususnya tengkleng, ada lho tengkleng dengan cita rasa pedas dan dengan tambahan taburan cabe rawit di atas sajiannya. Tengkleng Hohah ini sengaja hadir khusus untuk kamu para pecinta makanan pedas. Lha kalau nggak doyan pedes gimana? Tenang! Disini ada juga lho menu yang tidak pedas. Yuk, langsung saja cus ke jalan Wonosari KM 7 tepatnya berada di seberang pom bensin daerah Mantup.

6. Tengkleng Merapi

Travelingyuk.com

Siapa yang tidak terpikat dengan lezatnya kuah tengkleng. Tengkleng Merapi yang berlokasi di Jl. Affandi 351 Demangan, Gondokusuman ini memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.Tengkleng Merapi menyediakan dua menu tengkleng andalan, yaitu tengkleng rica-rica dan tengkleng original dengan harga yang terjangkau, hanya berkisar antara 12ribu hingga 30ribu saja.

7.  Tengkleng Sate Klatak Pak Pong

remajadjogja.blogspot.com

Bisa dibilang, tengkleng sate klatak pak pong adalah tengkleng yang sangat fenomenal yang ada di Jogjakarta. Setiap saat setelah jam buka selalu ramai bahkan cukup banyak mobil yang mengantri untuk bisa menyantap tengkleng pak Pong. Rasanya lezat luar biasa sehingga wajar sekali jika banyak yang   kembali kesini untuk sekedar mengisi waktu luang dan bersantap bersama keluarga.

Berlokasi di Jl. Imogiri Timur kilometer 10, Wonokromo-Pleret-Bantul dengan harga yang ekonomis, yaitu mulai dari 25ribu rupiah saja. Yang unik dari sate klatak pak Pong adalah cara masaknya yang tidak meninggalkan bau amis daging kambing sama sekali.

8. Tengkleng Kambing Tenda Biru

jogja.tribunnews.com

Tengkleng Kambing Tenda Biru tepatnya berada di Jl. Gedong Kuning, Yogyakarta. Tengkleng ini cocok banget mendapatkan sebutan tengkleng Jogja murah karena harganya yang ekonomis dan porsinya yang terbilang besar. Dijamin kenyang deh kalau makan tengkleng di Tenda Biru. Nah, untuk citarasanya sendiri, Tenda Biru menyajikan tengkleng dengan rasa yang manis khas makanan jogja, dengan kuahnya yang kental dan lezat. Tengkleng Tenda Biru adalah salah satu Tengkleng favorit penduduk setempat dan para mahasiswa sebab dari rasanya nikmat, harganya terjangkau, dan porsinya yang besar.

9. Tengkleng Pawon Umi Nunung

travel.tribunnews.com

Tengkleng Jogja murah ini tepatnya berlokasi di Jl. Monjali 20, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Tersedia menu tengkleng yang nikmat dengan bahan dasar tulang kambing dengan daging yang empuk dan kombinasi rempah-rempah yang pas. Tengkleng pawon umi Nunung menyediakan menu tengkleng berkuah yang nikmat dan menjadi favorit masyarakat setempat.

10. Tengkleng Pak Yadi

detikNews.com

Tengkleng murah Jogja ini berada di jalan Wates, Gamping Sleman Yogyakarta. Disini, kamu bisa memesan menu lain seperti tongseng dan sate dengan bumbu yang mantap. Tengkleng Pak Yadi banyak diburu karena dagingnya yang empuk, kuahnya yang sip, dan rasanya yang mantap.

Berwisata ke Jogja biasanya identik dengan kuliner gudeg dengan bahan dasar nangka muda. Kali ini, kamu bisa rencanakan perjalanan wisata ke Jogja sambil mencoba menu kuliner tengkleng yang ada di beberapa lokasi di atas. Sajiannya cukup unik, ada yang disajikan dalam porsi besar, disajikan dengan rasa manis dan pedas, disajikan berkuah dan tidak berkuah, dan sebagainya. Hanya dengan harga yang terjangkau, kamu bisa menikmati lezatnya santapan tengkleng bersama dengan keluarga atau teman-teman tercinta. Tengkleng Jogja murah dijual dengan kisaran harga mulai dari 15ribuan hingga lebih kurang 30ribuan tergantung tambahan menunya. Pecinta menu dari bahan dasar kambing, bisa nih mampir ke lokasi tengkleng Jogja murah, dijamin kenyang dan puas.

4 Comments

  1. Ibrahim S Nugraha January 3, 2019
    • sisil angelin January 4, 2019
  2. Anjar Sundari January 4, 2019
    • sisil angelin January 4, 2019

Join The Discussion