Cari Lokasi Ngadem di Semarang? Ke 10 Tempat Wisata Di Ungaran Aja


Reni  November 5, 2019  0 Comment


Ungaran adalah kawasan dataran tinggi di Kabupaten Semarang yang memiliki banyak daya tarik wisata. Ada banyak tempat wisata di sekitar Ungaran, Semarang dari wisata air terjun, pegunungan, candi, rawa, hingga wisata suaka foto yang sedang digemari banyak orang. Nah, dimana saja lokasi wisata tersebut? Yuk, simak tempat wisata popular sekitar Ungaran di bawah ini.

1. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Instagram/bayuaditiyab


Tempat wisata wajib di sekitar Ungaran adalah Candi Gedong Songo. . Candi Gedong Songo berada di dataran tinggi sehingga para wisatawan harus naik untuk dapat sampai di lokasi dari candi gedong siji sampai candi gedong songo. Candi Gedong Songo artinya candi yang berjumlah Sembilan. Namun, lokasi yang umumnya dipadati para wisatawan adalah candi satu sampai tiga.
Candi Gedong Songo dibangun sekitar tahun 927 M dan ditemukan pertama kali pada tahun 1740 M oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Saat pertama kali ditemukan, jumlah candi hanya 7 buah dan dinamakan Candi Gedong Pitu. Namun, 2 candi ditemukan kembali dan namanya berubah menjadi Candi Gedong Songo.
Aktivitas yang dilakukan para pengunjung saat di sini adalah piknik, bersantai menggelar tikar sembari memakan bekal yang dibawa atau membeli dari pedagang di sini. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam di Gedong Songo dengan udara yang sejuk. Selain itu, foto adalah kegiatan yang jangan sampai dilewatkan jika berada di Gedong Songo.

Gotravelly

Keblinger Rasa Bakso Killer Bulenak

Pentol Cak Poponk, Pentol Dengan Isian Terlengkap Se Indonesia Raya

2. Cimory on The Valley

Cimory on The Valley


Cimory on The Valley atau yang kerap disebut Cimori Semarang ini merupakan sebuah restoran yang menyajikan menu utama dari olahan sapi. Selain restoran, Cimory The Valley juga merupakan tempat wisata keluarga dengan beragam fasilitas.
Fasilitas yang ada di Cimori, yaitu Mini Zoo, Cimory Farm, keliling dengan kuda poni, taman miniatur dunia, pusat oleh-oleh, dan beragam spot foto. Tempat ini juga sangat cocok untuk anak-anak. Banyak anak-anak Paud, Tk, hingga SD yang mengadakan study tour atau wisata di Cimory The Valley

3. Umbul Sidomukti

 Umbul Sidomukti
Instagram/seputarsemarang


Tempat wisata selanjutnya di sekitar Ungaran yang wajib didatangi adalah Umbul Sidomukti. Ini adalah sebuah wisata Outbond yang menyediakan beragam jenis wahana menantang seperti flying fox, jembatan tali, dan banyak lainnya. Letaknya berada di bawah kaki Gunung Ungaran dengan pemandangan yang sangat indah dan udara sejuk tentunya.

4. Curug Lawe

 Curug Lawe
Instagram/ristyamg


Bosan dengan wisata kekinian yang menyediakan banyak spot selfie, tempat wisata di Ungaran yang bisa jadi alternatif untuk Anda adalah Curug Lawe. Lokasinya berada di kawasan Gunung Ungaran dengan air yang begitu bening serta menyegarkan. Tempat wisata air terjun ini juga pas untuk Anda yang tidak suka keramaian. Tidak banyak wisatawan yang mengenal tempat ini sehingga Anda dapat leluasa menikmati kesegaran air dan pemandangan alam sekitar.

5. Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo


Seperti namanya, lokasi Ayanaz memang berada di dalam kawasan Gedong Songo. Jadi, jika ingin masuk ke Ayanaz harus membayar juga tiket masuk Gedong Songo. Ayanaz merupakan tempat wisata baru yang langsung hits karena menawarkan beragam spot foto keren dan instagrammable.
Tempat ini baru saja diresmikan pada bulan Juni tahun 2018. Namun, kepopulerannya sudah terdengar hingga ke beberapa kota lain di sekitar Semarang. Saat akhir pekan dan hari libur, Ayanaz sangat ramai didatangi para wisatawan dari berbagai daerah.
Berbagai macam spot selfie keren dengan latar pemandangan alam dari atas ketinggian membuat Ayanaz langsung menjadi salah satu wisata di sekitar Ungaran, Semarang paling digemari.

6. Rawa Pening

 Rawa Pening
Instagram/wisatasemarang


Rawa Pening merupakan sebuah danau yang memiliki luas hingga 2.760 meter persegi. Lokasinya berada di daerah Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Tuntang, Kecamatan Bawen, dan Kecamatan Banyubiru. Tempat ini belakangan semakin popular karena digunakan sebagai lokasi syuting film dan juga iklan.
Pemandangan alam eksotis yang ditawarkan danau ini juga menarik minat para pengunjung untuk mengambil gambar keren.

7. Wana Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron
Instagram/ guntur_gemar_trabas_zed_wkc


Tempat wisata berikutnya bernama Wana Wisata Penggaron yang berada di Desa Susukan, Ungaran. Tempat ini merupakan lokasi wisata alam yaitu hutan dengan pesona pemandnagan alam eksotis. Ada jutaan pohon yang tumbuh rindang di Wana Wisata Penggaron. Jika Anda ingin sejenak melepas penat dari keramaian kota, Anda dapat datang ke sini menikmati indahnya alam dan sejuknya udara.

8. Obyek Wisata Watu Gunung

Obyek Wisata Watu Gunung
Instagram/ talyoss_yoo


Selain Wana Wisata Penggaron, rekomendasi tempat melepaskan penat di kawasan Ungaran selanjutnya adalah Watu Gunung. Nama tempat ini berasal dari Bahasa jawa yang berarti batu gunung. Bongkahan batu besar memang menjadi ikon dan alasan dibalik penamaannya.
Aktivitas yang ditawarkan di sini adalah selain melihat keunikan batu besar, Anda dapat bersantai melihat pemandangan alam yang hijau permai dari ketinggian.

9. Taman Djamoe Indonesia

Taman Djamoe Indonesia
jejakpiknik.com


Jamu adalah salah satu warisan budaya asli Indonesia yang harus terus dilestarikan. Keberadaan Taman Djamoe Indonesia ini membuat para generasi muda mengenal segala hal yang berhubungan dengan jamu. Tempat wisata ini cocok untuk para pelajar, atau sebagai wisata keluarga bersama anak-anak. Anda dan sang buah hati dapat memilih jamu yang diinginkan, kemudian meminumnya langsung.
Selain itu, para pengunjung akan diberitahu beragam jenis tanaman jamu serta manfaatnya. Wisata sambil belajar warisan budaya Indonesia, wah menarik sekali!

10. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia
Instagram/Sabripaulipu


Lokasi Taman Bunga Celosia dekat dengan Candi Gedongsongo, yaitu di Jalan Gedongsongo, Beroken. Jadi, saat menuju ke Gedong Songo, Anda akan melintasi tempat wisata ini. Awalnya, lokasi Taman Bunga Celosia hanya satu, namun kini telah ada 3 lokasi Taman Bunga Celosia yang letaknya berjejeran.
Setiap taman menawarkan tema yang berbeda. Taman Bunga Celosia yang pertama memiliki koleksi beragam jenis bunga seperti hebras, lavender, vii besar, melati, mawar, dianthus, dan banyak lainnya. Selain beragam jenis bunga, di Taman Bunga Celosia 1 terdapat miniatur dunia seperti Eiffel, Patung Merlion, kincir angin Belanda, rumah jamur, The Hobbit, dan lain-lain.
Untuk area bermain anak-anak dinamakan dengan ‘Celosia Happy & Fun’ dimana telah disediakan aneka ragam jenis mainan anak. Terdapat arena bermain sepatu roda, istana balon, arena otoped, mobil cas, dan trampolin. Namun, untuk dapat menikmati wahana permainan itu semua, pengunjung harus merogoh kocek lagi di setiap permainan.
Taman Celosia 2 ini disebut dengan ‘Little Korea’. Saat pertama masuk ke dalam area taman Little Korea, Anda akan merasa seperti berada di negeri para idola K-pop. Terdapat Green House berbentuk piramida, bangunan dan set taman didesain se-Korea mungkin. Selain itu, untuk menambah kesan Korea, ada penyewaan baju adat Korea. Anda tidak perlu jauh-jauh terbang ke Korea, ke Little Korea Celosia saja.
Sedangkan Taman Bunga Celosia 3 ini bertema negeri kincir angin Belanda bernama ‘Little Amsterdam’. Sama seperti di Little Korea, suasana dan set taman ini dibuat seakan para pengunjung berada di Amsterdam, Belanda. Deretan rumah dengan bangku, lampu, dan bunga-bunga tulip serasa seperti di Belanda.
Wah, menarik sekali bukan informasi tentang tempat wisata di sekitar Ungaran, Semarang. Anda sudah tahu akan kemana akhir pekan nanti?



Leave a Reply