11 Tempat Wisata Slovakia Simbol Eksotisme Eropa Timur


sisil angelin  July 30, 2019  0 Comment

Slovakia merupakan salah satu destinasi wisata yang dapat dikunjungi di Eropa Timur. Slovakia dikenal memiliki panorama alam yang indah dengan kastil-kastil yang bersejarah. Ada banyak tempat wisata alam yang dapat dikunjungi saat berwisata ke sana. Suasananya yang cukup tenang menjadikan negara ini juga cocok dijadikan sebagai destinasi untuk berbulan madu. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata Slovakia yang paling populer dikunjungi oleh para wisatawan.

Destinasi Tempat Wisata di Slovakia

1. Bratislava

Bratislava
image credit : @whitedark31

Ini merupakan salah satu tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Slovakia. Bratislava merupakan ibukota Slovakia dan memiliki penduduk hanya sekitar 450 ribu jiwa. Para wisatawan di kota ini dapat menikmati liburan yang santai ditemani oleh udara yang sejuk. Arsitektur kuno juga terlihat di setiap sudut kota sehingga menawarkan nuansa Eropa kuno.  Beberapa destinasi populer di sana antara lain adalah Bratislava Castle, Rusovce Mansion, Devin Castle, Old Town, dan masih banyak lagi.

Gotravelly

Nasi Pecel Jalan Jawa Magetan, Bumbu Kacangnya Terfavorit Sejak Dulu!

Menikmati Satu Mangkok Es Dawet Jabung Yang Mitosnya Bikin Geleng-Geleng

2. Poprad

Poprad
image credit : http://slovakia.travel

Tempat wisata Slovakia selanjutnya yang patut dikunjungi adalah Poprad di region Presov. Kota ini cukup dekat dengan perbatasan antara Slovakia dan Polandia. Secara geografis, kota ini terletak di kaki pegunungan High Tatras sehingga memiliki udara yang sejuk dan dingin. Poprad sangat populer di kalangan para pendaki gunung karena menjadi pintu gerbang High Tatras dan para pendaki biasanya menginap di sana. Di kota ini, terdapat banyak landmark bersejarah seperti Tatra Museum, Spisska Sobota, St Egidius Square, dan masih banyak lagi. Jika ingin berkunjung ke Poprad, wisatawan dapat menggunakan bus atau kereta dari Bratislava.

Baca juga :  9 Mercusuar dengan Pemandangan Indah di Indonesia

3. Slovak Paradise National Park

Slovak Paradise National Park
image credit : @dorota.kolenova

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam Sloavakia, berkunjunglah ke Slovak Paradise National Park. Taman nasional ini terletak di Slovakia bagian timur. Tempat wisata ini mencakup area pegunungan Slovene Rudohorie yang memiliki banyak sistem perairan alami seperti sungai, air terjun, dan ngarai yang mempesona. Selain itu, ada juga gua dan lembah-lembah. Salah satu gua yang wajib dikunjungi di sana adalah Dobsinska Ice Cave. Jika Anda ingin mengunjungi taman nasional  yang memiliki luas 197 km persegi ini, Anda dapat menginap di Poldesok, Cingoy, dan Dedinky.

4. Tatra National Park

Tatra National Park
image credit : https://www.instagram.com

Sesuai dengan namanya, taman nasional ini berada di kawasan pegunungan Tatra dan memiliki luas kurang lebih 738 km persegi. Destinasi wisata ini terdiri dari Western Tatras, Eastern Tatras, dan High Tataras. Puncak tertinggi yang dapat dicapai saat hiking ke sana adalah 2.655 mdpl yaitu di Gerlachovsky stit. Jika Anda hanya sekedar ingin berjalan santai, Anda dapat mengunjungi beberapa gua di sana. Jika ingin ke sana, Anda dapat naik kereta atau bus dari Bratislava menuju ke Popard kemudian melanjutkan perjalanan ke Tatranska Lomnica, Strbske Pleso, atau Stary Smokovec dengan kereta kecil.

5. Vysoke Tatry

Vysoke Tatry
image credit : @tatrasadventures

Vysoke Tatry atau High Tatras adalah kota yang romantis dan cantik di kaki pegunungan High Tatras. Di sana terdapat banyak cottage yang cocok sebagai tempat beristirahat selama berlibur. Para wisatawan dapat mendaki gunung atau melakukan kegiatan santai dengan berkunjung ke taman mini, museum, dan danau. Jika berkunjung saat museum dingin, Anda dapat bermain ski resort Tatranska Lomnica. Di resort tersebut Anda juga dapat mengunjungi Ski Museum yang menyimpan koleksi berbagai kendaraan dan juga alat ski dari masa ke masa yang jarang dijumpai di museum lainnya.

Baca juga :  Selusuri 10 Sungai Terbaik di Eropa, Tawarkan Pemandangan Epic

6. Tale Ski Resort

Tale Ski Resort
image credit : https://www.skitale.sk

Bermain ski menjadi kegiatan wajib jika Anda berkunjung ke Slovakia saat musim dingin. Di sana terdapat banyak resort ski yang dikunjungi, salah satunya adalah Tale. Resort ski ini terletak di selatan kaki gunung Tataras dan menyediakan beragam fasilitas untuk mendukung kegiatan liburan keluarga. Selama berada di sana, Anda dapat singgah di Stupka Hotel yang unik dengan bangunan kayu. Untuk area ski, ada lereng dan tanjakan bagi pemula maupun untuk Anda yang sudah mahir bermain ski. Menariknya di sana juga ada jadwal ski malam sehingga Anda dapat melihat ski lebih lama.

7. Kosice

Kosice
image credit : https://adventurousmiriam.com

Kosice adalah kota terbesar kedua yang ada di Slovakia dan mengusung nuansa medieval dengan bangunan kuno bertema Gothic dan Baroque. Arsitektur bangunan dan taman kota yang indah sudah cukup menjadi hiburan tersendiri bagi wisatawan yang baru pertama kali ke Slovakia. Salah satu kawasan yang populer di Kosice yaitu Hiayna Street. Anda akan merasa dibawa ke Eropa jaman medieval saat berjalan-jalan di sana. Jalan ini mempunyai aliran selokan di bagian tengah jalan. Deretan restoran juga dapat dijumpai di setiap sisi jalan serta situs bersejarah seperti East Slovak Museum, Spis Castle, Slovak Techinal Museum, dan destinasi unik lainnya.

8. Bojnice

Bojnice
image credit : @lenkas_travels

Ini adalah sebuah kota kecil bergaya klasik yang berada di bagian tengah Slovakia dan berada di tepi Sungai Nitra. Lokasi ini berdekatan dengan kota Prievidza dan masih termasuk di wilayah region Trencin. Penduduk yang tinggal di kota ini tergolong sedikit yakni hanya sekitar 4.900 jiwa. Kota ini berjarak sekitar 180 km dari Bratislava menuju arah timur laut.

Baca juga :  Sewa Motor Malang, Harga Murah! Paling Recommended!

Objek wisata yang populer di kota ini adalah Bojnice Castle yaitu sebuah kastil cantik dengan arsitektur Gothic –Renaissance yang sudah ada sejak abad ke-12. Kastil ini dikunjungi oleh ratusan ribu turis setiap tahun. Di depan kastil ini terdapat Bojnice Zoo sebagai kebun binatang tertua di Slovakia. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung dapat menggunakan bus dari Bratislava.

9. Levoca

Levoca
image credit : @male_pivo_789_

Destinasi wisata yang satu ini menawarkan banyak atraksi menarik untuk dikunjungi. Di Levoca, Anda dapat berkunjung ke Basilica of St. James yang merupakan gereja dengan desain gothic. Selain itu, ada juga Marianska Hora yang merupakan kapel bersejarah di Levoca. Jika ingin berwisata sejarah, Anda dapat berkunjung ke SNM Spisske Museum dan SNM House Master Paul

Jika ingin  menikmati suasana alam, Cierna Hora merupakan destinasi yang dapat dikunjungi di Levoca. Ini adalah gunung dengan pemandangan yang indah. Di Levoca terdapat situs bersejarah Mysia Horka yang merupakan situs arkeologi. Selain tempat-tempat di atas, tentunya masih ada banyak lagi destinasi menarik lainnya yang dapat dikunjungi di Levoca.

10. Zilina

Zilina
image credit : https://www.youtube.com

Ini adalah sebuah kota dengan penduduk yang tergolong jarang. Lietava Castle merupakan sebuah kastil tua yang berada di pegunungan Súľov, Slovakia utara. Beberapa destinasi menarik di Zilina adalah Budatin Castle, Lietava Castle, Starhrad, dan Museum of Povazie. Kastil Budatin merupakan puri yang terletak di barat laut Slovakia. Di Starhrad, Anda dapat menikmati pemandangan perbukitan dan hutan di sekitarnya.

11. Komárno

Komárno
image credit : @dee2811dee

Komárno merupakan sebuah kota yang berada di bantaran sungai Donau dan Váh, Beberapa destinasi menarik yang ada di Komárno antara lain adalah Fortress Komarno, Celemantia, Museum of Danube Komarno, dan Europe Place. Celemantia merupakan istana dan pemukiman dengan arsitektur Romawi. Ini adalah kastil Romawi terbesar di Slovakia sehingga patut untuk dikunjungi.

Demikian beberapa tempat wisata Slovakia yang dapat dikunjungi. Sebagian besar tempat wisata tersebut menawarkan suasana yang tenang dan sejuk sehingga sangat cocok untuk rehat dari penatnya perkotaan atau rutinitas harian yang sibuk.



Leave a Reply