9 Tempat Wisata di Toraja Paling Indah dan Berkesan


Reni  October 4, 2018  0 Comment

Toraja atau pun yang lebih terkenal dengan sebutan Tana Toraja adalah satu satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Bukan tanpa wilayah ini dikenal sampai mancanegara, karena pemandangan alam yang sangat indah serta kebudayaan yang unik membuat Tana Toraja menjadi tempat paling digemari oleh turis lokal maupun internasional. Tidak heran jika banyak tempat wisata di Toraja selalu ramai dan diincar oleh para pelancong.

Tana Toraja sendiri dikenal dengan penduduknya yang mempunyai keyakinan, aturan aturan hingga ritual adat yang masih sangat kental melekat pada mereka. Bahkan hampir semua tempat wisata Tana Toraja memiliki aura mistis, sejarah masa lampau, hingga kepercayaan tertentu. Hal hal inilah yang akan membuat anda tertarik untuk mengenal Tana Toraja lebih dekat. Di bawah ini setidaknya ada tempat wisata di Tana Toraja yang paling indah, menarik, unik, dan sangat berkesan

1. Wisata Kete Kesu

Wisata Kete Kesu

ceritadisana.blogspot.com

Jika anda berkunjung ke Toraja Utara, anda akan menemukan sebuah desa bernama Kete Kesu yang sangat indah dan unik. Berlokasi sekitar 4 Km dari Ratenpao, desa ini sudah menjadi sebuah objek wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para pelancong.
Desa Kete Kesu terletak pada kawasan perbukitan dan persawahan sehingga mampu menyuguhkan view yang sangat menakjubkan, memanjakan mata dengan kehijauannya, serta menghirup udara yang masih sangat alami. Desa ini memiliki sebuah kompleks rumah adat Tana Toraja yang dikenal dengan Tongkonan. Nah, Tongkonan ini sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan mayat sementara sebelum dikebumikan oleh warga setempat.
Di bagian atas tebing Desa Kete Kesu ada kuburan batu yang mirip dengan perahu. Nah, pada kuburan inilah terdapat tulang belulang dan tengkorak manusia yang sudah meninggal pada zaman dahulu. Jika anda memperhatikan di beberapa sisi tebing, akan terdapat berbagai sesajen yang dipercaya sebagai makanan kesukaan orang meninggal tersebut.

Baca juga :  10 Tempat Wisata Keren di Mamuju Sulawesi Barat

Wisata Batu Sori, Situs Batu Apung Favorit Di Baubau

2. Wisata Londa

Wisata Londa

lintasterkini.com

Berkunjung ke Tana Toraja tidak sah rasanya kalau belum datang ke Londa. Londa merupakan sebuah kompleks kuburan yang berada pada sebuah tebing batu besar. Memiliki lokasi yang tak jauh dari Kota Rantepao sekitar 7 Km, menjadikan Londa sebagai salah satu taman rekreasi Toraja paling banyak dikunjungi turis.
Londa dikelilingi oleh pegunungan sehingga menawarkan suasana yang segar dan sejuk ketika anda berada di sini. Ada sensasi berbeda saat anda memasuki Londa, yakni nuansa gaib dan suasana dingin akan membuat bulu kuduk anda merinding. Terdapat banyak gua serta lubang pada tebing yang sengaja dipahat untuk menempatkan peti mati berisi mayat. Pasalnya, tidak sembarang jenazah boleh diletakkan di sini. Penempatan harus disesuaikan berdasarkan garis keluarga.

3. Wisata Museum Ne’ Gandeng

Wisata Museum Ne’ Gandeng

objekwisatapopuler.com

Lokasi wisata di Tana Toraja yang telah mendunia salah satunya ialah Museum Ne’ Gandeng yang terletak di Desa Pelangi, Sa’dan Balusu, Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia. Dulunya, bangunan ini merupakan sebuah tempat pelaksanaan prosesi penguburan Ne’ Gandeng yang meninggal pada 3 Agustus tahun 1994 silam.
Masyarakat Toraja dikenal sebagai pribadi yang sangat menghormati para leluhurnya. Sehingga pemerintah setempat memutuskan untuk menjadikan lokasi pemakaman Ne’ Gandeng tersebut sebagai sebuah museum. Kini, museum ini telah banyak mendapat perhatian dunia dan menjadikannya sebagai salah satu objek wisata paling diminati.

4. Wisata Pallawa

Wisata Pallawa

arsy.co.id

Tempat wisata di Toraja yang paling mengesankan berikutnya adalah Desa Pallawa yang berada 12 Km dari Rantepao. Desa yang terletak di Kabupaten Toraja Utara ini memiliki banyak rumah adat unik yang dikenal dengan sebutan Tongkonan. Anda akan melihat rumah rumah adat Toraja ini didesain dan didekor semenarik mungkin dengan menggunakan tanduk kerbau yang ditempatkan pada bagian depan Tongkonan.

Baca juga :  Pecinta Gunung, Kamu Wajib Nanjak di 7 Puncak Tertinggi di Sulawesi

5. Wisata Batu Tumonga

Wisata Batu Tumonga

travelingyuk.com

Masih di Kabupaten Toraja Utara, anda akan menjumpai sebuah tempat wisata paling menakjubkan dan akan membuat anda betah berlama lama berada di sini. Batu Tumonga, merupakan salah satu lokasi yang cukup sayang jika anda lewatkan untuk menikmati keindahannya.
Desa yang satu ini menawarkan pemandangan alam dari Kota Rantepao yang bisa anda saksikan dari ketinggian mencapai 1300 M di atas permukaan laut. Karena keberadaannya yang cukup tinggi, banyak orang yang menyebutnya sebagai ‘negeri di atas awan’. Sore hari adalah waktu yang sangat tepat bagi anda untuk menikmati senja bersama pasangan terkasih.

6. Wisata Kompleks Megalit Kalimbuang Bori

Wisata Kompleks Megalit Kalimbuang Bori

iqbalkautsar.com

Jika berada di Kecamatan Sesean anda akan menjumpai sebuah tempat paling unik bernama Kompleks Megalit Kalimbuang Bori. Akan akan melihat banyak sekali situs kuno yang dijuluki Bori Parinding yang memiliki arti kuburan batu serta Rante yang artinya lapangan rumput luas yang dijadikan sebagai tempat pelaksanaan pemakaman.
Tempat ini juga terdapat banyak batu menhir (batu berdiri). Batu yang sengaja didirikan ini memiliki fungsi sebagai bukti menghormati para tetua adat atau pun keluarga bangsawan yang telah meninggal ratusan tahun silam. Pasalnya, batu menhir ini telah berumur ratusan tahun dan sangat tepat menjadi spot untuk anda mengambil foto.

7. Wisata Ranteallo

Wisata Ranteallo

touraja.hol.es
8 travelingyuk.com

Berada di kawasan Kecamatan Tallungpilu, Toraja, Sulawesi Selatan, Ranteallo menjadi salah satu objek wisata paling banyak dikunjungi oleh turis lokal hingga mancanegara. Ranteallo merupakan sebuah desa yang menampilkan keindahan yang tidak akan anda dapatkan dari tempat tempat yang lain. Di sini anda akan menemukan sejumlah rumah adat Tana Toraja yang saling berhadapan satu sama lain.
Uniknya, rumah rumah adat ini dibuat dengan memiliki bentuk, ukuran serta tinggi yang sama. Sehingga akan kesan rapi dan tertata indah jika anda memandangnya dari jarak jauh. Bukan hanya itu, rumah adat Toraja ini juga mempunyai perpaduan cantik antara warna atap rumah dengan rerumputan di depan dan belakang rumah. Sehingga akan menjadi background menarik untuk mengabadikan gambar.

Baca juga :  10 Pemandian Air Panas di Sulawesi dan Sekitarnya

8. Wisata Air Terjun Kalean

Wisata Air Terjun Kalean

travelingyuk.com

Beranjak ke sebuah desa bernama Kalean, Marintang Simbuang, Kecamatan Mengkendek, Toraja, anda akan menemukan sebuah wisata alam yang begitu menakjubkan. Air Terjun Tujuh Tingkat adalah objek wisata paling diincar yang ada di desa ini. Uniknya, air terjun ini memiliki tujuh tingkatan air terjun dengan ketinggian berbeda.
Airnya yang masih sangat sejuk, jernih dan bersih membuat banyak pelancong ingin segera nyemplung dan berenang. Bagi anda pecinta wisata alam terbuka, Air Terjun Tujuh Tingkat adalah pilihan yang tepat untuk anda kunjungi.

9. Wisata Ollon

Wisata Ollon

karebatoraja.com

Terakhir ada Ollon yang terletak di Bau, Bonggakaradeng. Ollon menawarkan hamparan bukit hijau yang begitu luas sehingga sangat cocok untuk keluarga menghabiskan akhir pekannya di sini. Anda bisa mendapatkan pengalaman bermalam dengan berkemah di bukit sambil menikmati sejuknya udara bukit serta menyaksikan keindahan alam.
Tempat yang satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain bagi anak anak anda. Dengan bukit yang sangat luas, akan membuat anak anda lebih bebas dan nyaman untuk mendapatkan pengalaman menarik. Tidak sedikit juga yang menjadikan Ollon sebagai spot prewedding atau sebatas foto biasa.
Nah, itu tadi 9 tempat wisata di Toraja yang paling serta memberikan kesan menarik untuk anda kunjungi. Pastikan anda mengutamakan kesehatan, agar liburan lebih aman dan menyenangkan.



Leave a Reply