15 Tempat Wisata Di Semarang Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup


sisil angelin  May 9, 2018  0 Comment

Tempat wisata di Semarang Sebagai jantung provinsi Jawa Tengah,  sangat cocok sebagai tujuan liburan semua orang. Tempat-tempat bersejarah, pemandangan alam, dan kuliner khas bisa Anda nikmati. Nah, apa saja tempat wisata di Semarang yang memikat untuk dikunjungi?

1. Pantai Marina

Pantai Marina

simpanglima.wordpress.com

Bisa dikatakan pantai ini menjadi favorit para wisatawan. Beragam aktivitas seru dan menyenangkan bisa dilakukan di tempat ini. Seperti memancing, berkeliling pantai dengan perahu, atau sekadar refresing untuk menikmati deburan ombak dan keindahan alamnya.

Berdiri di geladak kapal, Anda bisa menyaksikan panorama menawan di kawasan pantai ini. Hutan bakau dan kesibukan pelabuhan Tanjung Mas juga nampak dari kejauhan. Sehingga berlibur ke pantai ini tidak membosankan. Karena keunikan pemandangan yang disuguhkan.

Para wisatawan bisa bersantai di sejumlah gazebo yang sudah disiapkan oleh pengelola objek wisata ini. Pantai ini juga menjadi tempat pelestarian satwa kancil dan rusa. Anda juga bisa berenang di kolam unik, yang berada di tepian pantai.

Review kuliner

Ayana Gedongsongo : Spot Wisata Unik Yang Instagramable Di Semarang

2. Pantai Tirang

Pantai Tirang

iklantravel.com

Pantai ini dihiasi dengan keindahan kawasan hutan mangrove. Membuat pantai ini semakin asri dan hijau. Terumbu karang juga banyak terdapat di tempat wisata ini. Luasnya mencapai 240,7 hektar. Padang lamun juga bisa dijumpai dengan luas 27,09 hektar. Menjadikan tempat wisata di Semarang ini sangat layak Anda kunjungi bersama orang tersayang.

Bagi mancing mania sangat senang mengunjungi destinasi ini. Karena merupakan spot terbaik untuk memanjakan hobi memancing. Ikan kerapu dan ikan kakap menjadi buruan favorit di pantai ini. Lokasi pantai ini dekat dengan ujung landasan pacu dari Bandar Udara Ahmad Yani. Jaraknya sekitar lima kilometer dari Pantai Marina.

3. Pantai Cipta

Pantai Cipta

amazingindonesia.info

Tepian pantai ini ditumbuhi ilalang liar yang menjulang tinggi. Pemandangan inilah yang menjadi keunikan tersendiri bagi pantai yang lokasinya dekat dengan Pelabuhan Tanjung Mas. Bagi yang gemar fotografi pasti menyukai objek wisata alam ini.

Saat senja sangat cocok untuk menikmati tenggelamnya matahari di pantai ini. Jumlah kunjungan wisatawan yang belum begitu banyak, menjadikan pantai ini semakin nyaman dan menyenangkan. Anda bisa lebih menikmati keindahan alamnya sambil berfoto-foto.

Baca juga :  Level Up Sky Lounge: Tempat Hangout Surabaya yang Seru!

4. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

tripzilla.id

Objek wisata ini berupa kolam renang tertinggi di kawasan Semarang. Destinasi ini menyuguhkan pemandangan cantik alam pegunungan. Anda bisa menikmati berbagai wahana seru yang sudah tersedia. Seperti camping ground, taman renang alam, adrenalin games, flying fox, dan outbound training. Selain itu tersedia pula meeting room, pondok lesehan, dan pondok wisata.

Anda akan menemukan empat kolam yang dirancang bertingkat, dan memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Umbul ini berada di lereng Gunung Ungaran, yang memiliki ketinggian 1200 mdpl. Air umbulnya segar, jernih dan dingin. Pastinya menyenangkan berlama-lama di kolam renang ini. Jadi pilihlah kolam renang dengan kedalaman yang diinginkan, dan nikmati suasana tempat wisata di Semarang ini.

5. Rawa Pening

Rawa Pening

paimalalablog.wordpress.com

Panorama alam di danau ini memang menakjubkan. Pemandagannya begitu asri dan udaranya sangat menyegarkan. Rawa ini dikelilingi pegunungan dan areal persawahan. Mengelilingi rawa dengan menggunakan perahu menjadi favorit wisatawan.

Selain itu Anda bisa menikmati beragam wahana permainan menyenangkan, seperti perahu karet, becak mini, ATV, dan bebek air. Anda bisa menyewa berbagai kendaraan tersebut, yang biasanya dihitung per 15 menit. Semua harga sewa peralatan ini tetap terjangkau bagi semua pengunjung.

6. Curug Benowo dan Lawe

Curug Benowo dan Lawe

Berwisata.com

Semarang menyimpan sepasang air terjun yang begitu menawan. Curug ini berada di kawasan Gunung Ungaran. Karena berada di satu kawasan, Anda bisa mengunjungi kedua air terjun ini sekaligus. Curug Benowo dan Curug Lawe jaraknya hanya terpisah sekitar satu kilo meter saja. Dengan menapaki jalan setapak, kedua destinasi ini bisa Anda nikmati.

Kawasan ini masih dihuni oleh hewan langka, seperti lutung dan elang. Jadi kalau Anda beruntung, bisa saja bertemu dengan kedua hewan tersebut. Banyak sekali spot indah di tempat wisata ini. Jadi pastikan Anda sudah siap dengan ponsel atau kamera kesayangan. Agar liburan di tempat wisata di Semarang ini semakin berkesan.

7. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur

klikdieng.com

Ada lagi air terjun di daerah Semarang, namanya air terjun Kali Pancur. Ketinggian curug ini mencapai 100 meter. Air terjun tersebut terletak di kawasan Gunung Telomoyo, dekat dengan kawasan Rawa Pening. Terdapat gua kecil yang dijadikan saran burung walet di sekitar curug ini.

Selain destinasi ini, di sepanjang punggungan gunung tersebut terdapat pula tebing batu andesit. Ketinggian tebing bervariasi mulai dari 20 meter hingga 100 meter. Keunikan tebingnya menantang banyak pecinta alam untuk memanjat tebing tersebut. Sebagian besar tebingnya memiliki kemiringan tajam hingga 90 derajat.

8. Brown Canyon

Brown Canyon

semarangwingkorolls.net

Sekilas pemandangan alamnya mirip destinasi wisata alam di luar negeri. Panorama alamnya sangat eksotis. Wajar saja bila sangat banyak penggemar fotografi mendatangi tempat ini. Karena memang sangat banyak spot cantik untuk diabadikan.

Baca juga :  10 Makanan Khas Brebes Dengen Cita Rasa Sangat Unik

Tempat ini menampilkan tebing-tebing tinggi, yang ditumbuhi pepohonan di puncaknya. Kalau mendatangi tempat ini saat jam kerja, maka bisa menyaksikan kesibukan para penambang batu.Karena memang lokasi tersebut masih difungsikan sebagai kawasan penambangan batu. Jadi lebih disarankan untuk datang ke kawasan tempat wisata di Semarang ini saat sore hari.

9. Hutan Wisata Tinjomoyo

Hutan Wisata Tinjomoyo

JejakPiknik.com

Kawasan wisata ini sangat ngehits di kalangan anak muda. Karena hutan wisata ini menyimpan jembatan merah, yang unik dan sangat menawan sebagai spot foto. Sesuai namanya, jembatan yang terbuat dari besi ini warnanya didominasi merah. Nuansa di jembatan ini sangat epic sekali. Sehingga wisatawan biasanya tak melewatkan waktu untuk berfoto-foto di tempat ini.

10. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong

Plukme.com

Kisah laksamana Cheng Ho asal Tiongkok sangat terkenal di Indonesia. Salah satu tempat yang menjadi persinggahannya adalah kawasan pesisir Semarang. Karena banyak anak buahnya yang mengalami sakit, maka diputuskan untuk menyandarkan kapalnya di kota yang terkenal dengan lumpianya ini.

Karena beragama Islam, maka Cheng Ho memutuskan untuk membangun masjid, yang kini bernama Klenteng Sam Poo Kong. Kala itu, banyak prajuritnya yang menikah dengan orang setempat. Sehingga dianggap sebagai salah satu munculnya etnis Tiong Hoa di kota ini.

Berfoto-foto dengan mengenakan baju tradisional Tiongkok adalah salah satu aktivitas yang disenangi wisatawan. Persewaan busana khas tersebut tersedia di dalam kawasan Sam Poo Kong. Anda bisa menyewanya dengan harga yang terjangkau. Pastinya liburan Anda di tempat wisata di Semarang ini bisa semakin berkesan.

11. Lakers Club BSB Semarang

Lakers Club BSB Semarang

adit220393.blogspot.co.id

Ingin berenang di dalam air asin? Di sini tempatnya! Keberadaannya hanya satu di kawasan Semarang. Anda akan dimanjakan degan keunikan, dan pemandangan alamnya yang eksotis. Selain itu, terdapat pula resto berkonsep alam terbuka. Suasananya begitu nyaman dan memanjakan setiap wisatawan. Desain tempat ini benar-benar bikin betah siapa saja yang mendatanginya.

Restoran ini menyediakan sejumlah bangku dan meja makan dengan desain unik. Pepohonan nan rindang menjadi latar belakang, dan sekaligus meneduhi tempat ini. Sebagai penerangan disediakan lampu gantung atau lampion. Sehingga menambah suasana tempat ini semakin nyaman dan romantis.

12. Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang

portalwisata.co.id

Tidak hanya berfungsi utama sebagai tempat ibadah umat Muslim, masjid ini juga menjadi tujuan favorit wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang. Desain arsitekturnya yang membuat setiap orang takjub. Desainnya memadukan arsitektur Yunani, Jawa Tengah dan Jawa pada umumnya. Sehingga penampilan masjid ini begitu megah dan unik.

Baca juga :  10 Wisata Religi Jawa Tengah Untuk Menambah Wawasan

Salah satu keunikan dari masjid ini adalah adanya payung besar di bagian depannya. Payung raksasa ini bisa dibuka dan ditutup kembali layaknya payung pada umumnya. Biasanya momen-momen khusus payu akan dibuka, agar jamaah terlindungi dari hujan atau terik matahari.

Jadi saat berada di Masjid Agung, Anda tidak hanya bisa menunaikan ibadah sholat saja. Tetapi selepas itu bisa bersantai sejenak dan tidak ketinggalan pula berfoto-foto. Untuk mengenang momen dan keindahan masjid tersebut.

13. Lawang Sewu

Lawang Sewu

Pegipegi.com

Bangunan ini sangat bersejarah dan terkenal sebagai tujuan wisata favorit di jantung kota Semarang. Pemerintah Kolonial Belanda sudah membangunnya sejak 1904 silam. Sesuai namanya “Lawang Sewu” berarti seribu pintu, bangunan ini dipenuhi banyak pintu. Meskipun sebenarnya jumlahnya tidak mencapai seribu.

Konon dulunya bangunan ini pernah dimanfaatkan sebagai kantor pusat bagi Perusahaan Kereta Api. Tetapi kini dilestarikan sebagai bangunan cagar budaya dan tempat wisata. Karena merupakan bangunan tua, kisah mistis sering terjadi. Salah satunya penampakan arwah Noni Belanda di lantai tiga.

Sejumlah acara televisi bahkan pernah mengajak masyarakat untuk melakukan uji nyali di gedung Lawang Sewu ini. Sebagai pembuktian kisah mistis yang terjadi kala malam hari. Karena keunikannya tempat ini juga sering dijadikan tempat syuting film. Lokasi bangunan tua ini sangat dekat dengan Tugu Muda Semarang. Jadi Anda bisa sekalian menikmati kedua tempat yang menjadi ikon tempat wisata di Semarang ini.

14. Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong

WisatadiIndonesia.com

Vihara atau pagoda Buddhagaya adalah destinasi wisata ternama di Semarang. Bangunan ini juga sangat bersejarah. Saat ini pagoda tersebut masih dimanfaatkan oleh umat Buddha sebagai tempat ibadah. Sekaligus difungsikan sebagai destinasi wisata religi. Kawasan wisata ini memiliki sejumlah bagian pagoda dengan arsitektur unik.

Pagoda Avalokitesvara menjadi daya tarik utamanya. Tinggi bangunan ini mencapai 45 meter, yang terdiri atas tujuh tingkat. Vihara ini dibangun sebagai persembahan dan menghormati Dewi Kwan Im. Dewi ini sangat terkenal di dalam ajaran agama Budha. Pagoda ini pun mempunyai arti sebagai pagoda cinta serta kasih sayang. Pagoda Avalokitesvara pun tercatat sebagai yang tertinggi di Indonesia.

15. Kota Lama

Kota Lama

Pikniek.com

Kawasan ini sangat mirip dengan Kota Tua di Jakarta. Tempat ini sangat bersejarah, sehingga berbagai bangunan dibiarkan sesuai bentuk aslinya. Untuk menjaga keunikan dari pemandangan kota ini. Berbagai bangunan tua khas arsitektur Eropa itu merupakan peninggalan dari masa penjajahan Belanda.

Meskipun sudah berusia ratusan tahun, tetapi masih banyak bangunan yang berdiri dengan kokoh. Kanal-kanal yang difungsikan sebagai sarana transportasi air juga masih terlihat. Meskipun tidak dimanfaatkan fungsi aslinya. Sehingga berada di kawasan Kota Lama, seakan sedang berada di salah satu kota di Belanda.

Keunikan dan eksotisme Kota Lama menjadikan banyak penggemar seni fotografi menjadikannya tempat favorit untuk hunting foto. Pengambilan foto pre wedding, hingga syuting film juga sering dilakukan di kawasan tersebut. Gereja Blenduk adalah salah satu spot yang banyak digemari di tempat wisata di Semarang ini. Selain unik, bangunan ini usianya lebih dari 250 tahun.



Leave a Reply