10 Tempat Wisata di Pekanbaru Paling Bagus untuk Refreshing


sisil angelin  August 8, 2018  0 Comment

Bisa dibilang, tempat wisata yang ada di Pekanbaru memang tidaklah sepopuler dengan ragam destinasi wisata yang ada di Palembang ataupun di Medan. Meskipun demikian, kamu tidak perlu berkecil hati, sebab ada berbagai keindahan alam yang pastinya tidak kalah menariknya dari tempat wisata lain yang kini mulai mendapatkan perhatian dari berbagai wisatawan. Ragam tempat wisata di Pekanbaru ini kini mulai dikembangkan demi meningkatkan popularitas pariwisata setempat.

Sebelumnya, ibu kota dari provinsi Riau ini hanya terkenal dengan perkebunan kelapa sawit yang sangat luas dengan jumlahnya yang mencapai 170 perkebunan. Namun demikian, seiring dengan berjalannya waktu, pihak pemerintah setempat mulai mengembangkan sektor pariwisata yang akan dijadikan sebagai alternatif wisata di akhir pekan. Berikut ini beberapa tempat wisata di Pekanbaru yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan untuk berlibur

1. Riau Fantasi

portalwisata.co.id

Dikenal dengan nama lain Labersa Water and Theme Park, temdibangun pada sebidang lahan dengan luas mencapai 6,5 hektar. Di lokasi ini, kamu bisa menjajal berbagai wahana air yang pastinya sangat seru sebab tempat wisata ini dikenal sebagai taman rekreasi terbesar sekaligus terlengkap di Sumatera. Kamu bisa menjajal wahana adventure pool, ember raksasa yang mampu menampung 3000 liter air dan masih banyak lagi.
Selain itu, bagi kamu yang tidak ingin basah-basahan, kamu yang ada di tempat wisata di Pekanbaru ini bisa memanfaatkan wahana seperti sky tower, wave blaster, family swinger hingga speedy coaster. Sedangkan fasilitas pendukungnya ada mushola, free wifi, komedi putar hingga kereta wisata. Untuk tiket masuknya berkisar antara Rp 60,000 – Rp 70,000.

Baca juga :  11 Tempat Wisata Di Malang Paling Keren

review kuliner

Jalur Putus Asa Menuju Puncak Sejati Gunung Sumbing

Menikmati Kopi Kekinian & Tempat Instagramable Di Bincang Kopi Jombang

2. Taman Rekreasi Alam Mayang

taman rekreasi alam mayang

Untuk tempat wisata di Pekanbaru yang satu ini dikelilingi dengan perbukitan yang memiliki hawa udara sangat sejuk. Di lokasi ini, kamu bisa menikmati pemandangan jembatan Leighton yang membentang melintasi Sungai Siak. Selain itu, bagi kamu yang suka kegiatan memancing, kamu bisa melakukan aktivitas tersebut di sini. Sedangkan untuk aktivitas yang lebih menantang lagi, kamu bisa menjajal wahana flying fox, bola air raksasa dan masih banyak lagi.
Jika kamu pergi bersama anak-anak kecil, di lokasi tempat wisata di Pekanbaru ini juga tersedia taman bermain anak dan juga studio film 3D. tempat wisata yang dibangun pada lahan seluas 24 hektar tersebut juga dilengkapi dengan pertunjukan topeng monyet sekaligus sulap yang mampu menghibur wisatawan.

3. Danau Buatan Lembah Sari

triptrus.com

Berlokasi di 10 km dari Pekanbaru, tempat wisata ini pada awalnya merupakan bendungan irigasi yang kemudian disulap menjadi destinasi wisata akhir pekan yang sangat menarik. Di tempat wisata ini, kamu bisa melakukan aktivitas berupa berpiknik sembari menggelar tikar dan makan siang bersama di alam terbuka. Kebersamaan yang demikian inilah yang selalu diimpikan keluarga.

4. Kebun Binatang Sang Kulim

bayuwinata.wordpress.com

Dengan luas setidaknya 10 hektar, tempat wisata  yang dikenal dengan nama Kebun Binatang Sang Kulim ini bisa dijadikan referensi liburan akhir pekan keluarga. Di sini, kamu bisa menikmati ragam satwa yang unik dengan jumlahnya yang cukup banyak seperti landak, burung, monyet, ular dan jenis satwa lainnya. Untuk singgah di lokasi wisata ini, kamu dikenakan biaya sebesar Rp 20,000. Jangan lupa untuk naik gajah di lokasi wisata ini.

Baca juga :  13 Tempat Makan Keluarga di Pekanbaru Enak dan Populer

5. Istana Siak Sri Indrapura

infobudayaindonesia.com

Wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi di Pekanbaru dikenal dengan sebutan Istana Siak Sri Indarapura. Tempat wisata di Pekanbaru ini dikenal sebagai tempat wisata peninggalan sosok Kesultanan Siak yang sempat memerintah pada abad 16 – 20. Di istana ini, kamu bisa menikmati ragam keunikan mulai dari patung perunggu Ratu Wilhelmia hingga pualam yang berhiaskan bongkahan berlian.
Ketika menginjak lantai dua dari tempat wisata di Pekanbaru ini, kamu akan disuguhkan pemandangan kamar kesultanan yang juga merupakan tempat koleksi pusaka kepunyaan sultan. Sebagian besar benda pusaka tersebut berasal dari Eropa yang menandakan dirinya sempat menjalin kerjasama selama beberapa kali dengan beberapa pihak di Eropa.

6. Masjid Senapelan

pkuarea.com

Peninggalan Kesultanan Siak yang juga merupakan tempat wisata di Pekanbaru ini dikenal dengan sebutan Masjid Senapelan. Sebuah tempat wisata yang dibangun pada tahun 1762 ini dianggap sebagai masjid tertua di Riau dengan desainnya yang sebagian besar berasal dari kayu dan mengusung gaya Melayu. Di lokasi yang memiliki luas 60 x 80 meter ini, kamu bisa menikmati sebuah kubah megah yang didominasi dengan warna kuning.
Sebelumnya, di tempat wisata di Pekanbaru ini juga terdapat sumur tua yang sangat dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan, ketenaran dari sumur ini hingga didengar oleh negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang datang untuk membuktikannya. Sayangnya, sumur tersebut kini ditutup karena beberapa alasan.

7. Masjid Agung An Nur

wisatasumatera.com

Dikenal sebagai masjid yang paling megah dengan mengusung arsitektur melayu, tempat wisata di Pekanbaru yang memiliki bangunan utama seluas 50 x 50 meter ini memiliki penampakan luar layaknya bangunan Taj Mahal. Dibangun dengan 3 lantai, tempat ibadah ini mampu menampung jamaah sebanyak 4,500 orang. Uniknya lagi, masjid ini juga memiliki 5 menara dengan kombinasi lampu yang sangat cantik.

Baca juga :  11 Spot Foto di Bogor Bikin Instagrammu Banyak Like

8. Perpustakaan Soeman HS

wisatasumatera.com

Wisata ke Pekanbaru akan semakin unik dan menarik saat kamu singgah di perpustakaan Soeman HS yang memiliki koleksi buku yang sangat banyak. Asal muasal dari tempat wisata di Pekanbaru ini ada pada sosok novelis asal Riau yang dalam hal ini adalah Soeman HS. Dibuat dengan 6 lantai, perpustakaan ini memiliki fasilitas pendukung berupa mushola, kafe hingga auditorium. Di sini, kamu bisa melihat ragam koleksi literature melayu yang sangat populer.

9. Pasar Bawah

Surgariau.blogspot.com

Dikenal sebagai icon dari kota Pekanbaru, tempat wisata ini dikenal dengan sebutan pasar bawah ini terdiri dari empat lantai yang dibangun dengan merujuk pada desain Melayu dan juga Tionghoa. Lokasinya yang dekat dengan pelabuhan, menjadikan pasar bawah ini sangat mudah diakses dari manapun. Di sini, kamu bisa menemukan ragam barang elektronik, benda antic Cina hingga berbagai wisata kuliner yang luar biasa lezatnya.

10. Dekranasda Pekanbaru

WisataDunia.net

Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) merupakan salah satu tempat wisata yang merupakan pusat oleh-oleh khas Pekanbaru. Lokasinya yang begitu strategis menjadikan tempat wisata ini dikenal sebagai tujuan wisata oleh-oleh Pekanbaru. Beberapa souvenir yang bisa kamu dapatkan di lokasi ini adalah kain songket, batik, tenun hingga kerajinan tangan yang dibuat dari bahan kayu dengan harga yang sangat beragam.

salah satu daerah di Indonesia yang menyimpan ragam keunikan lokal yang sangat menarik hingga mampu menarik wisatawan dari berbagai daerah. Meskipun tidak setenar dari beberapa kawasan di sekitarnya, tempat wisata di Pekanbaru ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata akhir pekan bagi kamu yang ingin mengisi liburan bersama keluarga ataupun teman.



Leave a Reply