Detak Kagum Menatap Pesona 15 Tempat Wisata di Mongolia


Reni  February 28, 2019  0 Comment


Tempat Wisata di Mongolia – Secara geografis, Mongolia termasuk Negara kawasan Asia Timur yang berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok dan Rusia. Dengan luas area yang hampir sama dengan Alaska, banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi saat di Mongolia. Berikut wisata di Mongolia yang bisa menjadi referensi tempat liburan saat berada di Mongolia.


1. Taman Nasional Altai Tavan Bogd

Altai Tavan Bogd
photo via Flickr


Taman Nasional Altai Tavan Bogd adalah satu tempat wisata di Mongolia yang masuk ke dalam situs perlindungan Unesco. Disini, siapapun yang datang akan dimanjakan dengan pemandangan 5 gunung sekaligus lengkap dengan air terjun dengan tinggi sekitar 10m. Berpadu dengan gletser yang mengalir ke danau di taman nasional, suasana alam yang masih asri di Mongolia ini tidak akan Anda jumpai di area manapun.

Gotravelly

Mutiara Terpendam Di Lombok Timur Pantai Pink Dan Tanjung Ringgit

Pantai Iboih ~ Keindahan Alam Di Pulau Terbarat INDONESIA


2. Biara Erdene Zuu

Erdene Zuu
photo via indy-guide.com


Mayoritas penduduk Mongolia adalah penganut agama Buddha, sehingga tidak mengherankan jika di Mongolia terdapat banyak kuil yang biasa digunakan untuk berdoa. Salah satu biara di Mongolia yang terkenal dengan pemandangan alamnya adalah biara Erdene Zuu. Biara yang dibangun pada tahun 1586 di masa kepemimpinan Altau Khaan ini menyajikan pemandangan padang rumput dan pegunungan, sehingga udara yang bisa dinikmati disini juga masih sangat segar dan sejuk.


3. Taman Nasional Gorkhi Terelj

Gorkhi Terelj
photo via meravigliedellest.blogspot.com


Taman Nasional Gorkhi Terelj memiliki pemandangan hutan pinus dan padang rumput yang sangat luas. Saat berkunjung ketempat ini, Anda bisa menikmati segarnya udara sekeliling sambil menunggang kuda atau unta dan menikmati susu yang diolah oleh suku nomaden Mongolia.


4. Biara Ambarbayasgalant

Ambarbayasgalant
photo via legendtour.ru


Jika Anda ingin belajar sejarah agama Buddha sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, pilihan jatuh pada biara Ambarbayasgalant. Biara ini memiliki 28 kuil yang terapit oleh dataran lembah sungai Ivon Gol.


5. Lembah Orkhon

Orkhon
photo via mongolia-trips.com


Lembah Orkhon adalah salah satu obyek wisata di Mongol yang masuk dalam situs warisan budaya Unesco. Dilembah ini, Anda bisa menemukan peninggalan dari abad ke13 dan ke14. Selain dataran padang rumput yang sangat luas, lembah ini juga berisi sungai yang tidak pernah kering.


6. Steppa Dornod Mongolia

Steppa Dornod Mongolia
photo via travelandleisure.com


Ketika Anda ingin menjumpai berbagai jenis satwa di Mongolia, salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Steppa Dornod Mongolia. Tempat ini terkenal sebagai surga pencinta foto satwa liar. Dengan latar belakang padang rumput yang luas, Anda bisa menyaksikan kawanan rusa putih, bison, hingga hewan peternak yang biasa dikembangbiakkan oleh warga sekitar.


7. Gurun Gobi

Gurun Gobi
photo via Flickr


Sesuai dengan namanya, gurun ini memberikan pemandangan gurun yang sangat luas dan menjadi gurun terbesar kelima di dunia. Saat Anda ingin berkunjung ke tempat ini, pastikan Anda mengetahui cuaca dan menggunakan pelindung kepala agar terhindar dari badai pasir dan panas sinar matahari yang sangat menyengat.


8. Ulaanbaatar

Ulaanbaatar
photo via discovermongolia.mn


Ulaanbataar adalah pusat ibukota dari Mongolia dan di sini Anda bisa menemukan beragam tempat wisata dengan pemandangan alam yang masih asri berpadu dengan bangunan serba modern. Anda bisa berbelanja oleh-oleh makanan, pakaian khas Mongolia, hingga benda seni yang tidak akan Anda temukan di negara lain.


9. Cagar Alam Gunn-Galuut

Gunn-Galuut
photo via indy-guide.com


Untuk menuju ke cagar alam Gunn-Galuut, Anda harus bersabar mengingat Anda bisa ke tempat ini dengan menempuh perjalanan darat yang cukup lama dari Ulaanbataar menuju propinsi Tuv. Saat tiba di tempat ini, Anda bisa memanjakan diri dengan melihat hamparan padang rumput dan aneka satwa liar yang terlihat masih sangat asri. Namun demikian, agar Anda tidak mengganggu habitat hewan yang ada disana, ada baiknya Anda datang bersama dengan pemandu wisata yang paham betul dengan cagar alam tersebut.


10. Danau Khovsgol

Khovsgol
photo via Pinterest


Danau Khovsgol didiami oleh suku Tsaatan yang mempertahankan dirinya dari cuaca dingin dengan membangun tempat tinggal menyerupai igloo. Disini Anda akan menemukan danau yang sering dikenal dengan istilah The Dark Blue Pearl mengingat air tawarnya yang bisa membeku hampir setengah tahun. Disini selain rusa putih, Anda juga bisa menyaksikan lembu, kuda, dan beragam hewan lain yang biasanya dipelihara oleh suku Tsaatan untuk beternak maupun berkebun.


11. Taman Nasional Terkhiin Tsagaan Nuur

Terkhiin Tsagaan Nuur
photo via mongolia-trips.com


Ketika Anda berkunjung ke wilayah Khorgo, Anda akan menemukan taman nasional Terkhiin Tsagaan Nuur yang terletak 3000mdpl di kaki gunung Khangai. Di sini Anda akan menyaksikan pemandangan padang rumput, danau, dan gunung yang menciptakan udara segar. Anda bisa berburu foto beragam jenis spesies burung yang dilindungi di taman nasional ini sambil menikmati hidangan roti atau susu olahan khas Mongolia.


12. Khermen Tsav

Khermen Tsav
photo via mongolia-trips.com


Di wilayah Dalazadgad terdapat padang pasir Khermen Tsav yang memiliki pemandangan formasi batuan unik. Disini Anda bisa memutari Khermen Tsav sambil menunggang kuda atau unta. Namun demikian, Anda tidak akan menemukan air, oase, atau penjual makanan di tempat ini, sehingga saat ingin berkunjung, persiapkan diri Anda terlebih dahulu agar tidak mengalami masalah selama perjalanan.


13. Taman Nasional Gobi Gurvansaikhan

Gobi Gurvansaikhan
photo via thousandwonders.net


Pemandangan yang akan Anda dapatkan di taman nasional Gobi Gurvansaikhan tidak hanya gurun pasir tetapi juga deretan pegunungan yang berderet dengan padang rumput. Di sini Anda akan menemukan ratusan satwa liar yang akan terasa lebih menyenangkan untuk dinikmati apabila Anda menginap di tempat ini 2-3 hari.


14. Situs Budaya Jargalantyn Am

Jargalantyn Am
photo via Pinterest


Situs budaya yang terletak didekat Dlanzadgad Mongolia ini menyediakan pemandangan lembah, lengkap dengan padang rumput dan jalan setapak yang bisa dijelajahi dengan kuda dari warga sekitar. Anda juga bisa menikmati oasis yang mengikuti aliran sungai di sepanjang perjalanan menyusuri lembah.


15. Cagar Alam Ikh Nart

 Ikh Nart
photo via Luxexplorer.com


Tempat wisata yang satu ini terletak di propinsi Dalanjargalan dan saat Anda berkunjung ke tempat ini, ada pemandangan perbukitan yang bisa dinikmati dengan mengendarai kuda. Anda bisa menemukan beragam satwa langka yang mendiami tempat ini dan mengabadikan keindahannya dengan kamera. Selain 15 wisata alam di Mongolia diatas, masih banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Mongolia, seperti taman nasional Huztai, taman nasional Bogd Khan Uul, dan Baga Gazriin Chulu. Namun demikian, pada saat Anda ingin mengunjungi tempat-tempat diatas, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan agar perjalanan wisata yang dilakukan terasa menyenangkan dan berkesan.
a. Memilih agen perjalanan yang tepat dan aman. Dengan demikian, beragam tempat wisata yang ingin Anda kunjungi bisa terakomodir dengan baik dan memaksimalkan perjalanan wisata Anda selama ada di Mongolia.
b. Mengetahui karakteristik lokasi yang akan dikunjungi. Ketika Anda ingin berkunjung ke Mongolia, kumpulkan terlebih dahulu informasi tentang karakter lokasi yang akan dikunjungi, sehingga Anda bisa menyiapkan pakaian, sepatu, atau perlengkapan lain yang sesuai dengan kondisi area dan cuaca di lokasi.
c. Mengumpulkan informasi dari internet maupun teman yang sudah terlebih dahulu berkunjung ke Mongolia. Anda bisa mengumpulkan informasi apapun tentang Mongolia agar lebih mudah dalam berinteraksi dengan warga setempat. Dengan informasi lengkap, Anda juga bisa mendapatkan banyak oleh-oleh yang sepadan dengan uang saku yang dibawa.
d. Memilah barang bawaan selama berwisata. Ketika Anda akan berwisata ke Mongolia, penting bagi Anda untuk mengetahui barang bawaan yang tepat agar perjalanan wisata ke 15 wisata alam di Mongolia tetap terasa menyenangkan dan aman.



Leave a Reply