Tempat Wisata di Kalimantan Barat yang Wajib Dikunjungi


Fida  October 4, 2023  0 Comment

Kalimantan Barat merupakan sebuah provinsi yang terletak di pulau Kalimantan, Indonesia. Kawasan yang satu ini dikenal kaya akan keindahan alam dan budaya. Jika kamu adalah seorang pecinta alam dan ingin menghabiskan berlibur dengan mengunjungi wisata indah, maka Kalimantan Barat adalah salah satu alternatif terbaik yang patut kamu pertimbangkan. Selain panorama alam yang memukau, provinsi ini juga semakin mudah diakses berkat adanya fasilitas transportasi modern seperti Bandara Udara Internasional Supadio, Bandar Udara Rahadi Oesman, Susilo Airport, Bandar Udara Pangsuma, serta terminal bus yang tersebar di berbagai kota seperti Bus Terminal Batu Layang, Terminal Bengkayang, Terminal Bus Sanggau, dan Terminal Siantan. Di Kalimantan Barat, kamu akan menemukan banyak destinasi wisata alam yang mengagumkan. Dalam artikel berikut ini, GoTravelly akan mengajakmu untuk menjelajahi 15 tempat wisata di Kalimantan Barat yang populer dan wajib kamu kunjungi saat berlibur.

Tempat Wisata di Kalimantan Barat :

1. Air Terjun Banangar (Melanggar)

air terjun banagar
tripadvisor.co.id

Air Terjun Banangar atau yang juga dikenal dengan sebutan Melanggar, Mananggar, dan Menaggar, adalah salah satu daya tarik alam di Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak. Air Terjun ini terletak sekitar 290 kilometer arah timur laut dari Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat. Karena keindahannya, beberapa bahkan menyebut tempat wisata di Kalimantan Barat ini dengan sebutan “Niagara dari Borneo.”

Air Terjun Melanggar memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebar lebih dari 60 meter, menciptakan pemandangan alam yang memukau. Meskipun akses ke dasar air terjun agak sulit, dengan jalan setapak yang tertutup belukar, tetapi pemandangan dari atas air terjun ini tetap menakjubkan.

Baca juga :  7 Air Terjun Terindah Di Bali Favorit Wisatawan Asing

2. Pantai Temajuk Sambas

pantai temajuk sambas
tribunnewswiki.com

Pantai Temajuk Sambas mungkin belum begitu terkenal di kalangan traveler di Indonesia, tetapi tempat ini memiliki pesona yang tak terlupakan. Terletak di ujung utara barat Kalimantan Barat, Pantai Temajuk adalah surga bagi penggemar pantai. Salah satu tempat wisata di Kalimantan Barat ini memiliki lokasi yang berbatasan langsung dengan Malaysia, tepatnya berada di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. 

Pantai Temajuk memiliki garis pantai yang panjang, mencapai sekitar 60 kilometer. Ketika tiba di Pantai Temajuk, kamu akan dimanjakan dengan indahnya pantai yang masih alami, dengan pasang surut yang eksotis. Selain itu, pasir yang lembut serta gugusan batuan granit yang membentuk pemandangan indah juga tentu sangat mengesankan. Airnya jernih, dan saat cuaca cerah, langit biru tanpa awan menambah keindahan pantai ini.

Nama Temajuk telah menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik lokal maupun dari Malaysia. Pantai ini adalah primadona Kabupaten Sambas dan selalu ramai dikunjungi sepanjang tahun.

3. Taman Nasional Danau Sentarum Kapuas Hulu

taman nasional danau sentarum
lenterakalimantan.net

Taman Nasional Danau Sentarum di Kabupaten Kapuas Hulu adalah salah satu tempat wisata di Kalimantan Barat yang dikenal indah. Kawasan danau ini memiliki luas sekitar 132.000 hektar dan berfungsi sebagai penampung aliran banjir di seluruh Kalimantan Barat. Perjalanan menuju Danau Sentarum mungkin agak sulit, tetapi pemandangan yang luar biasa akan membalas semua usaha dan rasa lelah.

4. Tanjung Bajau

tanjung bajau
innalar.com

Ada banyak pilihan tempat wisata di Kalimantan barat yang populer dan menarik untuk kamu datangi, salah satunya adalah Tanjung Bajau. Tanjung Bajau adalah salah satu tempat wisata populer di Kota Singkawang. Tempat ini menggabungkan keindahan alam pantai dan pegunungan, menciptakan pengalaman yang unik bagi para pengunjung.

5. Tempat Wisata di Kalimantan Barat : Riam Madi

riam madi
hendratjipta.wordpress.com

Riam Madi adalah sungai yang terletak di Kabupaten Bengkayang. Tempat ini memiliki peran penting dalam menyuplai air bersih kepada masyarakat setempat. Biaya masuk ke tempat ini sangat terjangkau, sehingga kamu dapat menikmati keindahan alamnya dengan mudah.

Baca juga :  10 Tempat Wisata Di Estonia, Yakin Nggak Pingin Travelling Kesana?

6. Pasir Panjang Singkawang

pasir panjang singkawang
turisian.com

Kota Singkawang sering disebut sebagai “Kota Wisata,” dan salah satu daya tariknya adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai ini telah menjadi tujuan populer di Kalimantan Barat selama bertahun-tahun. Keberadaannya yang strategis membuatnya mudah diakses, dan pantai ini memiliki daya tarik tersendiri yang tak terbantahkan.

7. Pulau Lemukutan Bengkayang

pulau lemukutan
djkn.kemenkeu.go.id

Pulau Lemukutan di Bengkayang adalah salah satu dari 10 tempat wisata alam terindah di Kalimantan Barat. Pulau ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun dari luar Kalimantan. Terletak tidak jauh dari Kota Singkawang, pulau ini dapat dicapai dalam satu hingga dua jam perjalanan menggunakan perahu motor. Pulau Lemukutan menawarkan pengalaman wisata alam eksotis yang luar biasa.

8. Bukit Penjamur Bengkayang

bukit penjamur bengkayang
rizkyjayarentcar.com

Bukit Penjamur, yang juga dikenal sebagai Bukit Batu oleh beberapa pengunjung, terletak di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Letaknya sangat strategis, dengan jarak sekitar 6 kilometer dari pusat kota Bengkayang. Kamu dapat mencapai lokasi ini dalam waktu 1 hingga 2 jam berjalan kaki. Sebelum mencapai Bukit Penjamur, kamu akan melewati jembatan gantung, yang juga dikenal sebagai “jembatan cinta” oleh beberapa orang.

Bukit Penjamur adalah salah satu tempat wisata yang menakjubkan. Kamu akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa saat melihat pemandangan indah di sini. Di atas bukit, kamu akan merasa seperti berada di atas awan, dan kamu dapat mendirikan tenda jika kamu adalah pecinta camping.

9. Bukit Kelam Sintang

bukit kelam sintang
merahputih.com

Bukit Kelam terletak sekitar 20 kilometer dari Kota Sintang atau sekitar 390 kilometer dari Pontianak. Tempat wisata di Kalimantan Barat yang satu ini berada di antara Sungai Melawi dan Sungai Kapuas, dan batuan di bukit ini membentang dari timur ke barat. Bukit Kelam adalah tempat yang cocok untuk para wisatawan yang belum berpengalaman dalam mendaki gunung karena ketinggian bukit ini tidak terlalu tinggi, dan aksesnya relatif mudah.

Di sini, kamu akan disuguhi pemandangan awan yang spektakuler, membuat kamu merasa seolah-olah berada di atas dunia. Bagi para penggemar camping, tempat ini juga cocok untuk mendirikan tenda sambil menikmati matahari terbit atau tenggelam.

Baca juga :  Pesona Pantai di Sumatera Barat, Bikin Betah!

10. Hutan Mangrove Mempawah

hutan mangrove mempawah
pontianak.tribunnews.com

Hutan mangrove memiliki peran penting dalam menjaga pesisir dari erosi dan abrasi. Salah satu konservasi mangrove yang menarik perhatian adalah Mempawah Mangrove Park di Sumpawa.

11. Alun-Alun Kapuas Pontianak

alun alun kapuas pontianak
travel.kompas.com

Alun-Alun Kapuas adalah taman wisata yang terletak di tengah Kota Pontianak. Tempat ini sering dikunjungi oleh penduduk setempat dan buka dari pukul 06.00 hingga 20.00 WIB. Taman ini menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang menyegarkan di tengah hiruk-pikuk kota.

12. Air Terjun Bedawat

air terjun bedawat
reportasenews.com

Air Terjun Bedawat, juga dikenal sebagai Air Terjun Bedawat, memiliki 7 tingkatan yang mempesona. Terletak di Desa Dange Aji, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, tempat ini menyuguhkan pemandangan hutan tropis yang hijau dan udara segar. Air Terjun Bedawat menawarkan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan.

13. Tempat Wisata di Kalimantan Barat : Riam Merasap

air terjun riam marasap
portalbaraya.com

Air Terjun Riam Merasap terletak di Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Meskipun sudah ada sejak lama, air terjun ini menjadi populer berkat unggahan foto-foto keindahannya di media sosial. Air terjun ini memiliki air yang menyerupai tirai, menciptakan pemandangan yang sangat mempesona. Meskipun akses ke lokasi cukup sulit, pemandangan yang ditawarkan oleh Riam Merasap sangat memukau.

14. Tempat Wisata di Kalimantan Barat : Bukit Ampan

bukit ampan
travel.tribunnews.com

Bukit Ampan adalah tempat yang cocok bagi para wisatawan yang belum berpengalaman dalam pendakian. Terletak hanya beberapa ratus meter dari Kapuas Hulu, tempat ini mudah diakses dan menawarkan pemandangan luar biasa. Kamu akan merasa seolah-olah berjalan di atas awan saat berada di sini. Bagi para pecinta camping, kamu juga dapat mendirikan tenda di atas bukit sambil menikmati matahari terbit atau tenggelam.

15. Tempat Wisata di Kalimantan Barat : Pulau Temajo Mempawah

pulau temajo mempawah
turisian.com

Pulau Temajo adalah destinasi wisata yang sangat indah yang terletak di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Pulau ini menawarkan pantai pasir panjang dengan pasir yang putih dan halus. Selain itu, ada berbagai fasilitas bermain seperti kano, stand up paddle, polo ball, frisbee, sepeda sewaan, dan peralatan snorkeling.

Untuk mencapai Pulau Temajo, kamu dapat pergi dari kota Pontianak dan membutuhkan sekitar dua setengah jam menuju Kabupaten Mempawah. Dari sana, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan kapal motor selama sekitar 45 menit. Selama perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan indah pulau-pulau di sekitarnya yang akan memanjakan mata.

source : https://www.youtube.com/@laelypassions

Dari pantai yang eksotis hingga air terjun yang memukau, Kalimantan Barat menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi semua pengunjungnya. Jadi, jika kamu mencari tempat yang menakjubkan untuk menghabiskan liburan alam, jangan ragu untuk menjelajahi keindahan Kalimantan Barat.



Leave a Reply