7 Tempat Wisata Paling Indah di Gowa


Reni  September 25, 2018  0 Comment

Tempat wisata di Gowa juga tidak kalah menarik dengan tempat wisata lain yang ada di Indonesia. Nama Gowa pasti tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Gowa adalah salah satu daerah yang berada di provinsi Sulawesi Selatan Indonesia dan hanya dibutuhkan waktu sepuluh menit saja dari pusat Kota Makassar. Anda pasti akan suka dengan tempat wisata yang ada di gowa. Tidak hanya dengan pemandangan alamnya yang luas dan indah serta memiliki potensi wisata besar, gowa juga memiliki sejarah dan budaya yang sangat beraneka ragam dan unik untuk dapat Anda nikmati. Tersedia juga wisata kuliner sampai dengan wisata religi yang harus menjadi daftar tempat wisata yang akan Anda kunjungi ketika berlibur ke Gowa. Artikel kali ini dirangkum dari berbagai macam sumber yang akan memberikan Anda alternatif memilih tempat wisata di Gowa yang indah dan mempesona dan tidak akan pernah terlupakan.

Berikut  Tempat wisata di Gowa

1. Air Terjun Parangloe

Air Terjun Parangloe

sempugi.org

Gowa juga memiliki air terjun yang terkenal keindahannya yaitu Air Terjun Parangloe. Air terjun parangloe wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di Gowa untuk berlibur. Air terjun ini terletak di Desa Bori Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa dengan jarak dua puluh kilometer dari pusat Kota Makassar. Air terjun ini menjadi sangat istimewa karena bentuknya yang sangat unik yaitu terdapat susunan batu yang alami membuat air yang sangat jernih itu mengalir dengan sangat indah. Untuk dapat mencapai Air Terjun Parangloe Anda harus melewati jalan yang tidak mudah yaitu Anda harus melewati jalan yang berbatu dan terdapat jalan setapak yang terjal sehingga harus berhati-hati.

review wisata

Candi Tegowangi, Peninggalan Kerajaan Kediri

Kenikmatan Coto Makassar Kuliner Yang Sudah Mendunia

2. Danau Tanralili

Danau Tanralili

gandukaleng.blogspot.com

Salah satu tempat wisata paling indah di Gowa yang terkenal dengan keeksotisannya adalah Danau Tanralili. Danau Tanralili ini terletak di Desa Manimbahoi yang berada di kaki Gunung Bawakaraeng yang tidak akan asing lagi bagi para pendaki gunung. Untuk mencapai danau ini memang cukup sulit, Anda harus menyusuri kaki gunung. Namun, jalan yang sulit dilewati dan lelah untuk mencapai Danau Tanralili akan terbayar langsung ketika melihat keindahan Danau Tanralili yang tidak kalah indah dan cantiknya dengan Danau Ranu Kumbolo yang sudah sangat terkenal sebagai tempat wisata alam. Danau Tanralili sungguh menyuguhkan pemandangan alam yang sangat mempesona dan mengagumkan khususnya bagi para wisatawan yang sangat menyukai panorama alam.

3. Lembah Ramma

Lembah Ramma

ardiyanta.com

Lembah Ramma berada berdekatan dengan Danau Tanralili karena terletak juga di kaki Gunung Bawakaraeng Kabupaten Gowa. Untuk menuju Lembah Ramma, Anda harus melewati jalan yang berliku dan jalan yang berkelok seperti ular ditambah lagi dengan cuaca dingin khas cuaca daerah pegunungan. Lembah Ramma adalah salah satu tempat wisata di Gowa yang pasti dicintai oleh para wisatawan yang suka dengan petualangan. Karena begitu indah dan menakjubkannya Lembah Ramma, wisatawan yang telah meninggalkan Lembah Ramma berjanji untuk akan kembali lagi ke Lembah Ramma. Seolah olah Lembah Ramma memiliki magnet luar biasa untuk menarik wisatawan untuk kembali datang ke Lembah Ramma.

4. Malino Highland

Malino Highland

jelajahsuwanto.blogspot.com

Malino highland adalah salah satu tempat wisata di Gowa yang menyuguhkan wisata alam dan terletak di dataran tinggi disertai dengan pemandangan hamparan kebun teh yang ada disekitarnya. Malino Highland terletak di Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Untuk mencapai Malino Highland Anda harus melewati jarak dengan waktu dua setengah jam dari Kota Makassar. Di tempat ini juga Anda dapat melewati banyaknya deretan hutan pinus yang tinggi-tinggi dan terkadang jika beruntung Anda dapat bertemu hewan seperti Kuda dan Rusa. Selain pemandangan alam yang disuguhkan, Malino Highland juga menyediakan tempat yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati kopi yaitu Kafe Green Kepo. Kafe Green Kepo sangatlah unik karena memiliki gaya arsitektur khas Negara Jepang sehingga membuat suasana semakin terasa sejuk dan juga teduh.

5. Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa tothegathot.blogspot.com

Selain pesona keindahan yang dimiliki, Gowa juga memiliki banyak sejarah dan budaya yang beraneka ragam untuk dapat Anda ketahui. Salah satu tempat yang dapat Anda ketahui untuk menikmati sejarah dan budaya Gowa adalah Museum Balla lompoa. Museum Balla Lompoa terletak di Sungguminasa Somba Opu Kabupaten Gowa. Tempat wisata di Gowa yang satu ini merupakan rekonstruksi yang berasal dari istana kerajaan Gowa ke tiga puluh satu pada tahun 1936. Museum Balla Lompoa menyimpan banyak sekali bukti sejarah sebagai saksi bisu peradaban kerajaan Gowa yang memiliki nilai tinggi karena sejarah yang dimiliki. Museum ini menyimpan koleksi benda kerajaan seperti mahkota, keris, perhiasan, dan benda lainnya yang kebanyakan dari benda-benda yang ada didalamnya itu terbuat dari emas murni yang juga dihiasi dengan batu berlian, ruby, maupun permata.

6. Bendungan Kampili

Bendungan Kampili

KSMTour.com

Siapa yang tidak kenal dengan Grand Canyon yang berada di Arizona Amerika Serikat. Perlu Anda ketahui, Anda tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke Amerika Serikat karena Indonesia juga mempunyai pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan Grand Canyon. Tempat tersebut Bendungan Kampili berada di Bontoramba Kampili Pallangga Kabupaten Gowa. Sebenarnya bendungan ini sudah cukup terkenal bagi para wisatawan pecinta dan penikmat keindahan alam. Yang membuat indah Bendungan Kampili adalah banyak sekali bebatuan besar dan berlubang yang mengelilingi bendungan kampili sehingga cocok sekali dijadikan spot foto alam yang sangat kekinian. Untuk mendapatkan gambar yang indah, dianjurkan agar mengunjungi Bendungan Kampili ketika musim kemarau sehingga bebatuan yang ada tidak akan tenggelam oleh banyaknya air.

7. Air Terjun Cinta

Air Terjun Cinta

beritakotamakassar.fajar.co.id

Salah satu tempat wisata di Gowa yang juga tidak boleh terlewatkan adalah Air Terjun Cinta. Air Terjun Cinta terletak di Desa Bengo Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Air Terjun Cinta ini masih sangat alami dan bersih dikarenakan memang belum banyak dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Air terjun ini dinamakan dengan Air Terjun Cinta karena kolam Air Terjun Cinta ini berbentuk mirip sekali dengan bentuk hati sehingga tak heran mendapat sebutan Air Terjun Cinta. Air yang berada di Air Terjun Cinta sangat jernih dan alami sehingga sangat sejuk dan juga indah.

7 tempat wisata di Gowa tersebut dapat Anda jadikan inspirasi untuk berlibur menikmati wisata alam di Sulawesi Selatan. Banyak sekali wisata alam di Indonesia yang sangat indah dan juga menakjubkan tidak kalah dengan destinasi alam yang ada di luar negeri namun belum banyak diketahui dan tidak terekspos dengan baik oleh media maupun pemerintah. Nah untuk itu bagi masyarakat Indonesia yang akan atau sedang melakukan perjalan untuk berlibur di alam hendaknya untuk selalu menjaga keindahan dan keasrian alam dengan turut menjaga alam seperti tidak membuang sampah sembarangan. Jadi selamat berlibur ya.

11 Makanan Khas Sulawesi Terkenal Enak Banget, No 7 Wajib Dicoba



Leave a Reply