Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Tempat Wisata di Bosnia & Herzegofina Bikin Hatimu Bahagia


Reni  April 24, 2019  0 Comment

Bosnia dan Herzegovina adalah salah satu negara yang paling diremehkan di Eropa. Tersembunyi dalam bayang-bayang tetangga yang lebih populer, terutama Kroasia dan Montenegro. Padahal ada banyak tempat wisata di Bosnia & Herzegofina yang juga layak untuk ditawarkan kepada wisatawan dunia.

Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Bosnia dan Herzegovina
Berikut ini 10 rekomendasi tempat wisata di Bosnia & Herzegofina yang layak untuk dikunjungi :

1. Sarajevo

tempat wisata di bosnia
getbybus.com


Tempat wisata di Bosnia & Herzegofina ini merupakan ibu kota negara dan salah satu kota paling menarik di Eropa. Sarajevo merupakan tempat budaya Timur bertemu Barat. Dalam beberapa menit berjalan kaki di Sarajevo, wisatawan dapat menemukan Katedral Katolik, Katedral Ortodoks, Masjid, dan Sinagog. Sarajevo adalah kota matahari terbenam karena sunset di Sarajevo begitu menakjubkan, di lembah yang sempit dan panjang dengan pegunungan di sekitarnya.
Di Sarajevo wisatawan dapat dengan mudah menemukan restoran-restoran Turki yang aromatik karena kaya aroma bumbu yang memikat, taman-taman kota yang cantik dan jembatan-jembatan batu melengkung, museum-museum seni modern, pertunjukan jazz, dan banyak lagi.

2. Jahorina

tempat wisata di bosnia

feelbosnia.com


Salah satu tempat wisata di Bosnia & Herzegofina ini merupakan rumah bagi lapangan ski yang paling dicintai di seluruh Bosnia. Jahorina adalah mantan tuan rumah Olimpiade Musim Dingin. Jahorina menarik perhatian para pecinta salju untuk menginjakan kaki di tengah-tengah dataran tinggi Dinaric Alps yang berhiaskan pepohonan pinus.
Fasilitas untuk para penghobi ski sangat diperhatikan seperti lift dan landasan yang terawat dengan baik, gondola yang juga terawat melayani 30 kilometer lintasan alpine. Selain hal-hal tentang ski, saat di Jahorina kita bisa juga mendatangi pondok-pondok berburu dan keajaiban pra-sejarah dari sistem gua Orlovaca.

3. Ilidza

tempat wisata di bosnia

feelbosnia.com


Secara teknis tempat wisata di Bosnia & Herzegofina ini adalah pinggiran kota Sarajevo dan wisatawan dapat dengan mudah menggunakan trem. Ilidza dikenal dengan tamannya yang menawan, area rekreasi dan mata air Sungai Bosna. Di Ilidza, wisatawan juga akan menemukan hotel-hotel tua yang mewah dengan cirri khas arsitektur pergantian abad ke-19 dan ke-20.

4. Mostar

tempat wisata di bosnia
grayline.com


Kota ini berjulukan “Kota legenda” dan kota tempat wisata di Bosnia & Herzegofina yang paling terkenal di Bosnia dan Herzegovina. Jembatan tua Ottoman yang berada di atas sungai Neretva, sangat terkenal. Mostar adalah Kota yang memiliki keindahan tersendiri. Jembatan Tua dan lingkungannya yang indah membuat Mostar masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005.
Tempat terbaik untuk mengagumi Kota ini yakni melihat pemandangan Mostar dari menara Masjid Koskin Mehmed Pasha. Mostar lebih dari sekadar jembatan tuanya, jadi pastikan untuk meluangkan waktu menjelajahi Mostar, terutama Menara Sniper dan taman Kota dengan patung Bruce Lee.

5. Trebinje

tempat wisata di bosnia
investintrebinje.com


Tempat wisata di Bosnia & Herzegofina ini merupakan salah satu permata asli dari Bosnia dan Herzegovina, yang terletak tidak jauh dari Dubrovnik. Trebinje adalah kota yang menyenangkan untuk dikunjungi. Jumlah penduduknya hanya sekitar 30.000 jiwa. Habiskan waktu yang menyenangkan di Trebinje hanya dengan menyusuri kota berarsitektur Ottoman ini, atau bersantai di salah satu kafe di bawah bayang-bayang pohon Trebinje.
Untuk pemandangan terbaik, kunjungi biara Nova Gracanica yang terletak di bukit. Dari sana wisatawan dapat melihat panorama indah Trebinje dan sekitarnya dari ketinggian. Trebinje juga menawarkan keindahan perairan Sungai Trebisnjica yang berliku.
Trebinje memiliki gaya arsitektur medley Ottoman yang elegan dan fasad timur asli yang sebagian besar bangunannya dibangun pada abad ke-18. Ada juga jembatan Arslanagic dan katedral Ortodoks Serbia yang berada di atas bukit. Wisatawan juga harus melihat sisa-sisa benteng Klobuk, yang menawarkan pemandangan lembah Sungai Trebisnjica.

6. Air Terjun Kravica

tempat wisata di bosnia
getyourguide.com


Ini adalah salah satu landmark alam paling indah di Bosnia dan Herzegovina. Terletak dekat dengan perbatasan Kroasia dan tidak jauh dari Kota Mostar. Air Terjun Kravica adalah salah satu yang populer sebagai tempat wisata di Bosnia & Herzegofina.
Ketika liburan musim panas, wisatawan dan penduduk lokal akan mengunjungi Air Terjun Kravica. Di musim panas, wisatawan akan menghabiskan beberapa jam di Air Terjun Kravica untuk berenang, bersantai, maupun hanya menikmati keindahan Kravica. Wisatawan juga dapat menemukan bar dan restoran.

7. Tara Canyon

tempat wisata di bosnia

Viator.com


Salah satu ngarai terpanjang dan terdalam di dunia, Tara Canyon adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan menjadi tempat wisata di Bosnia & Herzegofina yang wajib dikunjungi para pecinta alam. Bagian akhir ngarai membentuk perbatasan antara Bosnia & Herzegovina dan Montenegro.
Sungai Tara memotong ngarai dan merupakan tujuan populer untuk arung jeram di bulan-bulan musim panas. Musim arung jeram berlangsung dari April hingga Oktober, dengan aliran air tertinggi antara April dan Juni bagi para pencari petualangan ekstrem.
Sedangkan waktu kunjungan terbaik bagi wisatawan yang membawa keluarga yakni antara Juli dan September karena pada bulan itu permukaan air biasanya lebih rendah sehingga menawarkan perjalanan yang lebih aman selama menyusuri Sungai Tara. Sungai Tara berhiaskan air biru jernih, hutan lebat sampai ke tepi air, tebing terjal dan air terjun untuk dilihat di sepanjang perjalanan.

8. Visegrad

tempat wisata bosnia
vhlf.org


Daya tarik terbesar Visegrad adalah jembatan Ottoman di atas sungai Drina. Tempat wisata di Bosnia & Herzegofina ini merupakan situs yang terdaftar di UNESCO yang semakin tersohor terkenal berkat pemenang hadiah Nobel yaitu Ivo Andric dan buku terlarisnya berjudul “Jembatan Drina”.
Selain Jembatan Drina yang terkenal, ada banyak hal lain yang bisa dilihat di Visegrad. Kota ini memiliki lokasi yang menakjubkan, dikelilingi oleh perbukitan yang subur. Visegrad juga merupakan rumah bagi Andricgrad yakni sebuah kota buatan yang didedikasikan untuk Ivo Andric dan dibuat oleh seorang sutradara film terkenal bernama Emir Kusturica.

9. Travnik

tempat wisata menarik di bosnia
theculturetrip.com


Kota ini menyenangkan, wisatawan dapat mengunjungi benteng mengesankan yang menawarkan pemandangan kota yang menakjubkan. Travnik adalah satu-satunya kota di Bosnia dan Herzegovina yang memiliki dua menara jam, dan juga dikenal dengan masjid penuh warna. Berjalan-jalan di Travnik, wisatawan dapat mencium aroma daging panggang di seluruh tengah Kota.

10. Taman Nasional Una

tempat wisata di bosnia
itinari.com


Tempat wisata di Bosnia & Herzegofina ini terselubung dalam hutan perawan yang indah. Taman Nasional Una adalah salah satu permata Bosnia dan Herzegovina. Taman Nasional Una berada di tengah-tengah perbukitan liar dari Pegunungan Alpen Dinaric di puncak Kroasia.
Pengunjung yang datang ke Taman Nasional Una juga dapat melihat air terjun Martin Brod yang memukau. Pemandangan menarik lainnya yaitu Benteng Ostrovica dan Biara Rmanj yang baru direkonstruksi dengan pengerjaan ulang gaya Ortodoks Serbia.
Seperti kita ketahui, Bosnia dan Herzegovina adalah pusat dari Perang Yugoslavia yang kejam pada era 1990-an dan sering kali masuk dalam pemberitaan di seluruh dunia pada waktu masa itu. Perang telah berakhir, tetapi kita masih dapat melihat banyak sisa-sisa perang. Hanya ada satu hal yang harus wisatawan waspadai ketika mengunjungi Bosnia yaitu ranjau darat yang tersisa di masa perang.

Leave a Reply